Pentingnya Menjaga Pola Makan Saat Lebaran Bagi Penderita Jantung Koroner


By SaungMaman

Pola makan saat lebaran bagi penderita jantung koroner sangat perlu dijaga agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan pasca lebaran.

Hidangan makan saat lebaran umumnya mengandung santan dan berlemak yang sebaiknya dihindari oleh penderita jantung koroner. Mengkonsumsi makanan bersantan dengan kandungan lemak tinggi secara berlebihan sangat tidak dianjurkan bagi penderita jantung koroner. 

Sebenarnya boleh-boleh saja penderita jantung koroner menyantap hidangan bersantan asal dalam jumlah yang wajar, karena penderita jantung koroner juga tetap membutuhkan lemak.

Mengatur pola makan

Pentingnya Menjaga Pola Makan Saat Lebaran Bagi Penderita Jantung Koroner

Agar kesehatan penderita jantung koroner tetap terjaga dalam suasana lebaran, sebaiknya mengatur pola makan yang baik dengan memperhatikan hal-hal berikut:

1. Karena santan mengandung lemak jenuh, sebaiknya konsumsi makanan bersantan tidak lebih dari 10 % dari total kebutuhan lemak. 

2. Jangan mengonsumsi makanan bersantan yang dipanaskan berulang-ulang. Karena makanan yang dipanaskan berulang membuat lemak jenuhnya meningkat. 

3. Bila memungkinkan, ganti makanan bersantan dengan produk sejenis seperti susu segar, almond, susu skim, atau susu kedelai sebagai pengganti santan. 

4. Imbangi pola makan penderita jantung koroner dengan sayuran hijau dan buah segar yang mempunyai kandungan serat tinggi. Kandungan serat yang tinggi dan larut dalam air dapat mengikat serta memperlambat penyerapan lemak dan kolesterol. Dengan begitu kadar lemak dalam darah dapat terjaga dengan baik.

Adapun jenis buah-buahan yang memiliki kandungan serat tinggi terdapat pada apel, strawberry, wortel, jambu, dan lain-lain. 

Dianjurkan saat membuat ketupat lebaran, ada baiknya mencampur nasi dengan oatmeal, karena oatmeal dikenal memiliki kandungan serat cukup tinggi dan dapat mengikat lemak. Dengan trik sederhana ini, maka kandungan serat dalam hidangan ketupat akan meningkat. 

Sumber:
https://kiaton.kontan.co.id/news/ini-pola-makan-aman-saat-lebaran-yang-perlu-penderita-jantung-koroner-terapkan

Pentingnya Menjaga Pola Makan Saat Lebaran Bagi Penderita Jantung Koroner

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Protected by Copyscape