7 Makanan yang Baik untuk Menstabilkan Gula Darah

By SaungMaman

Kesehatan gula darah sangat penting dijaga karena merupakan faktor utama dalam menunjang kondisi tubuh yang sehat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menstabilkan gula darah, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan darah kita. 

7 makanan yang baik untuk menstabilkan gula darah

7 makanan yang baik untuk menstabilkan gula darah

Berikut ini saya rangkum beberapa jenis makanan yang baik untuk menstabilkan gula darah:

1. Sayuran berwarna hijau


Mengonsumsi sayuran hijau secara rutin dapat menurunkan resiko naiknya gula darah serta diabetes tipe 2 hingga mencapai angka 14 persen. Banyak jenis sayuran hijau yang bisa menjadi menu sehari-hari dengan rasa yang enak dan mengandung manfaat bagi kesehatan gula darah. 

2. Kayu manis


Kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan cara menyerupai insulin yang berfungsi meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel tubuh. Bubuhkan sedikit kayu manis pada masakan dan dapatkan manfaatnya bagi kesehatan gula darah. 


Beragam jenis kacang-kacangan seperti buncis, almond dan kacang polong dapat mengurangi peningkatan kadar gula darah. Baik sekali bila dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

4. Avokad


Buah avokad atau alpukat mengandung zat asam lemak tak jenuh ganda dan asam lemak tak jenuh tunggal. Fungsinya untuk meningkatkan daya sensitivitas tubuh terhadap insulin. Rasa buah alpukat yang nikmat tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsinya. 

5. Yoghurt


Yoghurt tanpa rasa memiliki indeks glikemik rendah kurang dari skor 50. Mengonsumsi yoghurt dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2. Minum yoghurt secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan gula darah. 

6. Telur


Telur memiliki kandungan protein cukup tinggi yang baik sekali untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Agar tidak merasa bosan, sebaiknya memasak telur dengan banyak variasi. 

7. Bawang putih


Khasiat bawang putih sudah tidak diragukan lagi. Menurut penelitian, mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat menurunkan gula darah puasa, yaitu kadar gula darah sebelum makan. Mengonsumsi bawang putih juga baik untuk meluluhkan kolesterol dalam darah. 

Demikian info singkat mengenai 7 Makanan yang Baik untuk Menstabilkan Gula Darah kali ini, semoga bermanfaat. 


7 Makanan yang Baik untuk Menstabilkan Gula Darah

You Might Also Like: