6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan yang Belum Banyak Orang Tahu

By SaungMaman

Air kelapa dikenal sebagai minuman alami yang banyak digemari. Terlebih dalam cuaca panas dan terik matahari yang menyengat, minum air kelapa bisa menjadi obat pelepas dahaga yang mampu menyegarkan tubuh. Air kelapa juga menjadi minuman favorit disaat bulan suci Ramadan tiba. Rasanya yang manis ditambah daging buah kelapa muda yang kenyal dan memiliki rasa yang khas, cocok disajikan untuk menu berbuka puasa. 

Manfaat Air Kelapa | Image: Pixabay.com

Selain manfaat diatas, sebenarnya masih banyak manfaat air kelapa yang belum diketahui banyak orang. Air kelapa mengandung vitamin C, kalsium, kalium, vitamin B complex, magnesium, fosfor, klorin, nitrogen dan juga kandungan zat besi. 

Berikut ini kami sajikan 6 manfaat air kelapa bagi kesehatan yang dikutip dari Kontan.co.id.

1. Mengurangi sakit asam lambung

Air kelapa mengandung kalium cukup tinggi sehingga mampu menjaga keseimbangan PH tubuh. Hal ini yang memungkinkan air kelapa mampu mengurangi penyakit asam lambung dan gejala-gejala yang menyertainya. 

2. Mengontrol tekanan darah

Dalam air kelapa terkandung kalium dan magnesium yang berkhasiat mengontrol tekanan darah. Rutin minum air kelapa bisa menjaga tekanan darah dalam kondisi normal dan cocok bagi Anda yang tidak suka dengan obat-obatan dari dokter atau Rumah Sakit. 

3. Mengurangi lapar

Bila Anda sedang berdiet, minum air kelapa sangat disarankan karena mampu menahan rasa lapar. Bukan hanya itu, minum air kelapa juga mampu mencegah penyakit diabetes. Air kelapa membantu penyerapan glukosa oleh darah, hal inilah yang membuat Anda tidak mudah merasa lapar. 

4. Melancarkan pencernaan

Manfaat lain air kelapa adalah mampu melancarkan pencernaan. Kalium dalam air kelapa membantu proses metabolisme tubuh sehingga membuat peredaran darah menjadi lancar dan adanya proses pembakaran lemak. 

5. Mencegah gangguan jantung dan ginjal

Air kelapa juga diyakini mampu mengurangi resiko gangguan jantung dan ginjal lagi-lagi karena air kelapa mengandung kalium yang mampu melindungi dari gangguan jantung dan ginjal. 

6. Mengontrol gula darah

Air kelapa sangat baik diminum oleh Anda yang peduli akan kondisi darah agar selalu dalam kondisi terbaiknya. Air kelapa mengandung kadar gula rendah sehingga aman diminum dan tidak menyebabkan berat badan berlebih. 

Demikian artikel mengenai 6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan yang Belum Banyak Orang Tahu kali ini, semoga bermanfaat. 
6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan yang Belum Banyak Orang Tahu

You Might Also Like:

Protected by Copyscape