5 Manfaat Jahe Selain untuk Bumbu Dapur

SaungMaman - 5 Manfaat Jahe Selain untuk Bumbu Dapur

Selain dikenal sebagai bumbu dapur, tanaman jahe ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam artikel ini kami sajikan 5 manfaat jahe selain untuk bumbu dapur, yaitu:

1. Mengoptimalkan fungsi otak


Tanaman jahe memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi, sehingga mampu melawan peradangan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Gangguan fungsi otak, seperti depresi, perasaan gelisah, Alzheimer terkait dengan gangguan peradangan kronis pada otak. Jahe sebagai antiinflamasi mampu meningkatkan fungsi otak.

Jahe | Sumber gambar: Pixabay


2. Mengurangi rasa nyeri pada otot


Penelitian menunjukkan bahwa jahe bisa mengatasi nyeri pada sendi lutut. Sifat anti-inflamasi jahe mampu melampaui fungsi otak. Artinya jahe dapat membantu mengatasi gangguan serta rasa nyeri akibat rheumatoid arthritis.

3. Mengobati rasa mual


Sejak dulu jahe dikenal mampu mengobati rasa mual, baik yang dirasakan saat mabuk dalam perjalanan ataupun mual karena gangguan perut lainnya. Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa jahe juga efektif menghilangkan rasa mual pada ibu-ibu hamil dan pasien yang baru selesai menjalani operasi. 

4. Mengobati gangguan pencernaan


Jahe juga sangat manjur mengobati gangguan pencernaan akibat kelebihan gas dari sistem pencernaan. Rasa tidak nyaman disebabkan karena kekosongan pada lambung yang tertunda, dan jahe mampu mengatasi masalah ini. Sebuah study menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi 1,2 gram bubuk jahe sebelum makan, mampu meningkatkan pengosongan perut hingga 50%.

5. Mengurangi penyakit diabetes


Ada korelasi positif antara mengkonsumsi jahe dengan pengurangan kadar gula dalam darah, peningkatan respon insulin, dan kemampuan metabolisme yang lebih baik. Rajin mengkonsumsi jahe juga mampu menurunkan berat badan. 

Demikin 5 Manfaat Jahe Selain untuk Bumbu Dapur yang saya rangkum dari kompas.com, semoga bermanfaat. 

Advertisement
5 Manfaat Jahe Selain untuk Bumbu Dapur

You Might Also Like: