Saat Alami Efek Samping Vaksin Covid-19, Lakukan Tindakan Ini

SaungMaman - Saat Alami Efek Samping Vaksin Covid-19, Lakukan Tindakan Ini

Tidak berapa lagi masyarakat akan melakukan vaksinasi untuk menekan penyebaran Virus Corona (Covid-19). Pemerintah sudah bersiap memberikan vaksin terbaik untuk mencegah semakin banyaknya korban akibat terpapar virus yang sudah selama satu tahun ini mewabah di seluruh dunia. 

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) vaksin Covid-19 Sinovac, CoronaVac aman digunakan dalam keadaan darurat Emergency Use Authorization (EUA). Namun demikian vaksin CoronaVac sama halnya dengan vaksin Covid-19 yang lain bisa menimbulkan efek samping.

Vaksin Covid-19 | Image: Freepik

Efek samping dimaksud termasuk efek samping ringan hingga sedang. Nah, bila setelah dilakukan vaksinasi timbul gejala efek samping, maka lakukan hal-hal sebagai berikut:

Penerima vaksin yang mengalami efek samping di sebut KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melapor. 


Laporan bisa dilakukan di tempat dimana pasien melakukan imunisasi. Dari laporan tersebut nanti akan ditindaklanjuti dengan melaporkan kembali ke Komda KIPI. 

Kemudian KIPI akan melaporkan kembali ke tingkat nasional bila kondisi efek samping termasuk kategori serius. 

Sedangkan untuk kategori efek samping ringan, bisa ditangani di klinik  setempat. Bila kondisinya meningkat menjadi lebih berat nanti ada jenjang laporan. 

Efek samping lokal vaksin CoronaVac dari Sinovac bisa berupa nyeri, timbulnya iritasi dan pembengkakan. Ada juga efek samping yang berupa nyeri otot dan demam.
 
Sedangkan efek samping yang termasuk kategori berat bisa berupa sakit kepala, masalah kulit hingga diare. Namun presentasinya kecil sekali antara 0,1 hingga 1 persen. 

Walaupun termasuk derajat berat, efek samping tersebut tidak termasuk berbahaya dan bisa pulih kembali. 

Advertisement
Saat Alami Efek Samping Vaksin Covid-19, Lakukan Tindakan Ini

You Might Also Like: