5 Tips Sederhana Menghemat Kuota Internet

By SaungMaman

Kebutuhan akan kuota internet untuk berbagai aktivitas komunikasi menuntut kita untuk bijak dalam penggunaannya. Saat bekerja, belajar, atau bersantai sekalipun kita tetap membutuhkan kuota internet agar bisa tetap saling terhubung. Nah, agar kuota internet selalu tersedia dan tidak cepat habis, maka kita perlu melakukan langkah-langkah atau cara agar bisa menghemat kuota internet. 

Cara menghemat kuota internet


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota internet. Cara-cara yang dilakukan cukup sederhana namun bila dilakukan secara konsisten dan bersungguh-sungguh, maka hal ini cukup efektif untuk mengatasi masalah kehabisan kuota disaat kita benar-benar membutuhkannya.

5 Tips Sederhana Menghemat Kuota Internet
5 Tips Sederhana Menghemat Kuota Internet
Berikut ini akan saya share 5 tips sederhana menghemat kuota internet yang saya kutip dari klasika.kompas.id/ :

1. Menonaktifkan fitur Auto Update


Fitur Auto Update atau pembaruan otomatis pada handphone atau komputer bila diaktifkan tanpa kita sadari dapat menguras kuota internet. Untuk itu sebaiknya fitur ini dinonaktifkan agar kuota internet tidak terkuras lebih banyak lagi. 

2. Mengontrol penggunaan media sosial


Berselancar di dunia maya tak terlepas dari penggunaan media sosial. Berbagai aktivitas dalam media sosial seperti menonton, mengunduh atau mengunggah foto dan video tentu membutuhkan kuota yang tidak sedikit. Untuk itu sebaiknya bijaklah dalam menggunakan media sosial agar tidak kehabisan kuota saat kita membutuhkannya untuk hal yang jauh lebih penting.


Aplikasi media sosial biasanya mempunyai ukuran file yang cukup besar, nah untuk menghemat kuota cobalah aplikasi sejenis dalam versi yang lebih ringan/lite. Walaupun ukurannya lebih kecil namun memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan versi besarnya. 

3. Menurunkan resolusi 


Saat menonton film melalui streaming, cobalah menurunkan resolusinya menjadi sedang atau lebih rendah. Dengan cara ini penggunaan kuota dapat diminimalisir dibandingkan dengan menonton film dengan kualitas tinggi atau HD. Memang akan terjadi penurunan kualitas gambar dan suara, namun selama gambar bisa dilihat dengan jelas dan suara masih terdengar jernih, tentu tidak akan mengurangi kenyamanan saat melakukan streaming

4. Manfaatkan WIFI gratis


Saat berada di area publik, cobalah untuk memanfaatkan fasilitas WIFI gratis. Matikan data seluler dan maksimalkan penggunaan WIFI gratis. Menonton video atau film, membuka email, mengunduh atau mengunggah foto bisa dilakukan tanpa menguras kuota yang ada. Namun pastikan sambungan WIFI yang kamu gunakan aman dan tidak digunakan untuk hal-hal yang beresiko seperti penggunaan mobil banking dan lain-lain. 

5. Gunakan fitur penghemat data


Di mesin pencari (browser) biasanya terdapat fitur penghemat data. Aktifkan fitur ini agar penggunaan kuota internet bisa di kurangi secara otomatis. Untuk mengaktifkan fitur penghemat data, silahkan cari pada setelan browser yang kamu gunakan. 

Demikian info mengenai 5 Tips Sederhana Menghemat Kuota Internet yang bisa saya share pada kesempatan ini, semoga bermanfaat. 
5 Tips Sederhana Menghemat Kuota Internet

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Protected by Copyscape