Faktor Yang Mempengaruhi Performa WiFi

By SaungMaman

Faktor Yang Mempengaruhi Performa WiFi - WiFi bisa menjadi hal yang berubah-ubah. Anda mungkin menikmati sinyal WiFi yang sangat kuat, bergerak hanya beberapa langkah ke satu arah, dan melihatnya turun ke satu batang.

Sifat jaringan WiFi yang tampaknya tidak dapat diandalkan semuanya berkaitan dengan fakta bahwa ada banyak faktor yang memengaruhi performa WiFi. Berikut adalah factor yang memengaruhi performa wifi diantaranya adalah:

Jarak fisik

Untuk alasan teknis dan keamanan yang jelas, router WiFi tidak memiliki daya pancar yang sama seperti menara seluler. Router yang lebih murah bahkan mungkin kesulitan untuk menutupi apartemen yang relatif kecil dengan sinyal WiFi yang kuat apalagi seluruh rumah. Anda dapat menentukan jangkauan router WiFi Anda menggunakan aplikasi penganalisis WiFi seperti NetSpot.

NetSpot adalah pemindai jaringan WiFi komprehensif yang dapat memberikan banyak informasi berguna untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang jaringan WiFi terdekat dan memecahkan berbagai masalah. Nah untuk itu Anda bisa kunjungi Gravityevos untuk info penting lainnya.
Faktor Yang Mempengaruhi Performa WiFi
Faktor Yang Mempengaruhi Performa WiFi

Hambatan

Sinyal WiFi dapat diserap sebagian atau bahkan seluruhnya diblokir oleh berbagai rintangan dan benda, termasuk dinding, pekerjaan saluran, furnitur, peralatan rumah tangga, dan bahkan orang. Pemblokir WiFi ini memiliki efek negatif terutama pada jaringan WiFi 5 GHz, karena sinyal frekuensi yang lebih tinggi hampir tidak menembus benda padat serta sinyal frekuensi yang lebih rendah.

Interferensi:

Sinyal WiFi menempati pita frekuensi radio yang sama dari spektrum elektromagnetik radio aktual, ponsel, oven microwave, walkie talkie, monitor bayi, dan banyak perangkat lain, yang semuanya dapat mengganggu sinyal WiFi. Tentu saja, jaringan WiFi juga dapat saling mengganggu, masalah yang sering terjadi di gedung apartemen dan daerah padat penduduk lainnya.

Kapasitas router

Sama seperti beberapa komputer yang hampir tidak dapat menangani penjelajahan web biasa dan beberapa dapat membuat objek 3D yang kompleks, tidak semua router sama kuatnya. Anda tidak dapat mengharapkan router kelas bawah untuk menyediakan akses nirkabel yang andal ke internet ke kantor yang sibuk dengan lebih dari selusin karyawan dan beberapa mesin faks, printer yang terhubung dengan WiFi, dan kamera keamanan nirkabel.

Bandwidth hoggers

Terkadang, masalahnya bukan pada kekuatan sinyal WiFi Anda, tetapi pada kapasitas koneksi internet Anda. Obrolan atau streaming video di beberapa perangkat bahkan dapat membuat jaringan WiFi yang kuat merangkak. Untuk pengalaman terbaik, penting untuk mengelola bandwidth hoggers dan mencegah mereka mencuri bandwidth dari orang lain.

Penyedia layanan internet Anda

Anda dapat dengan mudah menghabiskan waktu seharian untuk memecahkan masalah kinerja WiFi yang buruk tanpa menyadari bahwa penyedia layanan internet Anda yang harus disalahkan. Untuk menguji apakah memang demikian, sambungkan ke internet melalui koneksi kabel dan lakukan tes kecepatan internet. Kecepatan unduh dan unggah yang diukur harus sesuai dengan kecepatan yang diiklankan oleh ISP Anda. Jika tidak, jangan ragu untuk mengeluh.

Baca juga: 5 Tips Sederhana Menghemat Kuota Internet

Fitur peningkatan kinerja

Fitur peningkatan kinerja modern dalam performa wifi mendukung semua jenis fitur  peningkatan kinerja yang luar biasa, termasuk Quality of Service, Multi-user MIMO (MU-MIMO), beam forming, dan lainnya. Namun, fitur ini mungkin perlu diaktifkan secara manual agar berfungsi, dan router lama sering kali tidak mendukungnya sama sekali.

Demikianlah artikel yang saya buat tentang Performa WiFi, semoga membantu pencarian anda dalam artikel ini, dan semoga bermanfaat terimakasih.

Faktor Yang Mempengaruhi Performa WiFi

You Might Also Like:

Protected by Copyscape