Hal-hal Penting yang Harus Dipersiapkan dalam Menghadapi Test Masuk Sekolah Kedinasan

By SaungMaman

Dalam menghadapi Test Masuk Sekolah Kedinasan banyak hal yang harus dipersiapkan oleh calon mahasiswa agar dalam pelaksanaannya bisa berjalan sesuai dengan harapan. Persiapan dari segi mental dan ilmu pengetahuan menjadi prioritas utama yang tak bisa dianggap remeh. 

Apa itu sekolah kedinasan?

Sekolah kedinasan menjadi daya tarik tersendiri bagi para siswa lulusan SMA/SMK/MA/MAK. Sekolah kedinasan adalah merupakan Perguruan Tinggi resmi yang terkait oleh dinas. Perguruan Tinggi tersebut dikelola oleh dinas/instansi pemerintah. Mahasiswa sekolah kedinasan memiliki masa depan yang cukup menjanjikan karena berada di jalur khusus untuk memperoleh pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

Hal-hal Penting yang Harus Dipersiapkan dalam Menghadapi Test Masuk Sekolah Kedinasan
Hal-hal Penting yang Harus Dipersiapkan dalam Menghadapi Test Masuk Sekolah Kedinasan  
Ada banyak pilihan bagi siswa yang ingin memasuki sekolah kedinasan, beberapa diantaranya adalah:

IPDN - Institut Pemerintahan Dalam Negeri
STPN - Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional
STAN - Sekolah Tinggi Akutansi Negara
TNI - Tentara Nasional Indonesia
POLRI - Kepolisian Republik Indonesia

Alasan memilih sekolah kedinasan

Ada berbagai alasan dan pertimbangan tersendiri bagi siswa dalam memilih sekolah kedinasan. Alasan yang paling umum dalam memilih sekolah kedinasan adalah karena ingin jadi PNS. Namun secara umum hal-hal berikut inilah yang merupakan pertimbangan dalam memilih sekolah kedinasan:

1. Berada dibawah naungan Lembaga Pemerintah/Kementerian

Seperti sudah dijelaskan diatas, bahwa salah satu alasan memilih sekolah kedinasan adalah karena lembaga pendidikan kedinasan dikelola oleh Lembaga atau Instansi Pemerintah, sehingga kelanjutan dari pendidikan di sekolah ini menjamin para mahasiswa untuk menjadi PNS. 

2. Biaya kuliah gratis! 

Alasan yang kedua adalah biasanya biaya perkuliahan di sekolah kedinasan digratiskan. Oleh karenanya, sekolah kedinasan sangat cocok buat kamu yang ingin menempuh pendidikan namun tidak ingin membebani orang tua dengan biaya kuliah yang cukup mahal. 

3. Memiliki fasilitas lengkap

Sekolah kedinasan memiliki fasilitas penunjang pendidikan yang cukup lengkap, seperti:
  • Asrama,
  • Perpustakaan,
  • Ruang Serbaguna
  • Laboratorium
  • Lapangan baik indoor maupun outdoor
  • WIFI gratis
  • Poliklinik, dsb

4. Relasi luas

Memiliki relasi pergaulan yang cukup luas, karena peserta pendidikan berasal dari seluruh Indonesia. Hal ini cukup positif mengingat luasnya pergaulan akan menambah wawasan kebangsaan dan memperkaya khasanah budaya dari berbagai daerah di tanah air. 

5. Prospek kerja yang jelas

Menjalani pendidikan di sekolah kedinasan memiliki ikatan dinas, sehingga setelah lulus nanti otomatis akan diangkat menjadi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan di tempatkan di instansi pemerintah baik pusat maupun daerah. 

6. Kurikulum terjamin

Mengenai kurikulum sudah tidak perlu diragukan lagi. Rancangan pendidikan selama menjalani masa perkuliahan sudah dipersiapkan dengan sebaik-baiknya karena para mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi pemimpin di masa depan. 

Persiapan dalam memilih sekolah kedinasan

Hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam memilih sekolah kedinasan diantaranya:

1. Cari informasi sekolah kedinasan apa saja yang membuka pendaftaran mahasiswa baru. 
2. Temukan informasi terkini dari instansi/sekolah yang kamu pilih. Cek sedetail mungkin berbagai info yang ada agar kamu mendapatkan info yang memadai tentang sekolah yang akan kamu pilih
3. Catat persyaratan apa saja yang diminta oleh sekolah tujuan, pastikan semua persyaratan bisa kamu penuhi dan jangan sampai ada yang terlewat. 
4. Teliti saat mendaftarkan diri dan pastikan kamu melengkapi semua dokumen yang diminta. 
5. Belajar latihan soal CPNS dan soal-soal SKD. Sambil menunggu proses seleksi administrasi, ada baiknya kamu membekali pengetahuan mu dengan mempelajari soal soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). SKD merupakan pintu utama dalam memasuki sekolah kedinasan, oleh karenanya berusahalah semaksimal mungkin dalam mengerjakannya. 

Demikian info singkat mengenai Hal-hal Penting yang Harus Dipersiapkan dalam Menghadapi Test Masuk Sekolah Kedinasan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat. 
Hal-hal Penting yang Harus Dipersiapkan dalam Menghadapi Test Masuk Sekolah Kedinasan

You Might Also Like:

Protected by Copyscape