Cara Membaca Oximeter, Alat untuk Mengukur Kadar Oksigen dalam Darah

By SaungMaman - Cara Membaca Oximeter, Alat untuk Mengukur Kadar Oksigen dalam Darah 

Semenjak pandemi Covid-19 melanda, banyak warga masyarakat mencari informasi mengenai Oximeter. Oximeter adalah sebuah alat untuk mengukur kadar oksigen dalam darah dan juga denyut nadi tanpa menimbulkan rasa sakit. Maraknya penggunaan alat oximeter membuat masyarakat banyak mencari informasi tentang bagaimana cara membaca oximeter. 

Nah bagi kamu yang ingin mendapatkan info mengenai cara membaca oximeter, lanjut terus membaca artikel ini ya, supaya info yang ingin kamu dapat mengenai cara membaca alat oximeter benar-benar akurat seperti yang kamu inginkan. 

Pengertian Oximeter

Apa itu oximeter? Oximeter adalah sebuah alat pendeteksi kadar oksigen dalam darah yang cara penggunaannya cukup simpel. Hanya dengan menjepitkannya ke ujung jari, maka akan muncul angka-angka dalam bentuk digital yang menunjukkan kadar oksigen dalam darah (SpO2) dan jumlah denyut nadi per menit (PRbpm)

Cara Membaca Oximeter, Alat untuk Mengukur Kadar Oksigen dalam Darah
Cara Membaca Oximeter, Alat untuk Mengukur Kadar Oksigen dalam Darah 

Biasanya alat oximeter ini digunakan oleh pasien penderita asma, anemia, kanker paru-paru, dan penyakit gagal jantung. Namun belakangan, seiring meningkatnya penderita Covid-19, penggunaan alat oximeter makin meningkat karena banyaknya pasien yang ingin mengetahui kadar oksigen dalam tubuh setelah terjangkit virus Corona. 

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan oximeter

Alat oximeter berbentuk seperti klip yang cara menggunakannya dengan cara menjepitkannya ke ujung jari atau daun telinga. Cara kerja alat ini yaitu menggunakan cahaya untuk membaca oksigen dalam tubuh. 

Sebelum menggunakan oximeter, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, diantaranya:
  • Pastikan posisi jari berada tepat di tengah oximeter. Hal ini bertujuan agar cahaya alat oximeter dapat bekerja dengan baik dalam membaca kadar oksigen dalam darah
  • Saat menggunakan oximeter, pastikan jari kamu tidak sedang menggunakan cat kuku, karena dapat mengganggu kinerja oximeter dalam membaca kadar oksigen
  • Jangan banyak bergerak saat alat sedang terpasang, agar hasilnya bisa lebih akurat

Cara membaca alat oximeter

Cara membaca alat oximeter cukup mudah, yaitu dengan membaca angka yang tertera pada alat. Setelah alat terpasang di salah satu jari, angka dalam alat perlahan akan bergerak. Tunggu hingga angka berhenti dan tidak bergerak turun naik. 

Untuk melihat kadar oksigen bisa di lihat dibawah tulisan SpO2. Bila angka menunjukkan nilai 95-100 berarti kadar oksigen dalam darah dalam keadaan normal. Namun bila angka menunjukkan dibawah 95, berarti kadar oksigen kamu kurang dan perlu pemeriksaan lebih lanjut. 
Sedangkan untuk mengukur denyut nadi, perhatikan angka yang berada dibawah tulisan PRbpm. Apabila nilainya berada dikisaran 60-100, berarti normal. 

Nah, kiranya cukup sekian informasi mengenai Cara Membaca Oximeter, Alat untuk Mengukur Kadar Oksigen dalam Darah kali ini, semoga bermanfaat. 
Cara Membaca Oximeter, Alat untuk Mengukur Kadar Oksigen dalam Darah

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Protected by Copyscape