Ketahui 10 Gejala Awal Kanker Pankreas

By SaungMaman

Kanker pankreas di stadium awal sering tidak menimbulkan gejala. Saat gejala muncul, maka kanker sudah membesar. Bahkan, kanker dapat menyebar ke luar pankreas.

Kelenjar Pankreas (Image source: Pixabay) 

Beberapa gejala tersebut di bawah ini memang bukan indikasi kanker. Tetapi, gejala-gejala tersebut dapat menjadikan siapapun melakukan antisipasi.

1. Penyakit Kuning

Munculnya warna kuning pada mata dan kulit merupakan salah satu gejala paling awal dari kanker pankreas. Penumpukan bilirubin adalah penyebab utama penyakit kuning.

Liver melepaskan empedu dengan kandungan bilirubin. Empedu yang tidak dapat melewati saluran empedu ke dalam usus untuk memecah lemak akan mengakibatkan tumpukan jumlah bilirubin.

2. Sel Kanker di Ujung Pankreas

Tumpukan bilirubin dapat membentuk sel kanker yang menekan saluran ujung pankreas. Biasanya tumor akan muncul di tahap awal. Kanker dapat menyebar ke luar pankreas dan menuju ke hati.

Ketahui 10 Gejala Awal Kanker Pankreas
Ketahui 10 Gejala Awal Kanker Pankreas

Nantinya dokter akan mengecek seberapa besar tumor yang sudah tumbuh di luar pankreas hingga pembuluh darah terdekatnya. Kemudian dokter akan mendeteksi penyebaran tumor ke kelenjar getah bening terdekat.

Tahapan lainnya adalah pendeteksian metastasis ke beberapa organ yang lebih jauh seperti liver, peritoneum, paru-paru atau tulang? Ini perlu ditelaah lebih lanjut.

3. Urin Berwarna Gelap

Mereka yang mengalami sakit kuning akan mengalami warna urin dengan warna kuning pekat. Semakin banyak level bilirubin, semakin pekat warna urin.

4. BAB Lunak Berwarna Terang

BAB akan berwarna kuning dengan kandungan minyak cukup banyak karena kontribusi bilirubin biasanya. BAB yang berminyak terjadi karena enzim empedu tidak dapat masuk ke dalam usus untuk membantu memecah lemak.

5. Kulit Gatal

Penumpukan bilirubin membuat tubuh terasa gatal dan juga menimbulkan warna kuning. Rasa gatal tidak muncul dengan indikasi bintik merah, namun kulit berwarna sangat kuning, bahkan menghitam.

6. Punggung atau Perut Nyeri

Nyeri pada perut atau punggung adalah salah satu gejala kanker pankreas. Sel kanker yang membesar pada pankreas menekan organ terdekat, menyebabkan rasa sakit. Kanker juga dapat menyebar ke saraf di sekitar pankreas dimana penderita mengalami nyeri punggung.

7. Mual dan Muntah

Sel kanker yang menekan bagian ujung perut, maka makanan akan sulit melewati lambung. Penderita akan mengalami mual dan muntah setelah makan.

8. Berat Badan Menurun

Berat badan menurun ini dapat disebabkan oleh nafsu makan yang turun. Hal ini sering terjadi sebagai salah satu gejala kanker pankreas.

9. Benjolan di Tulang Rusuk

Benjolan ini tidak terlihat secara kasat mata sehingga perlu MRI scan. Tetapi,penderita merasa sedikit nyeri di bagian tersebut. Gejala kanker ini juga dapat membuat liver bengkak terlebih jika sel kanker sudah menyebar.

Jika diperlukan, dokter akan mengambil jaringan dengan prosedur bedah. JIka tumor terlalu besar atau telah menyebar ke organ terdekat sehingga tidak dapat diangkat dengan pembedahan sama sekali, maka akan dilakukan radiasi atau kemoterapi.

10. Pengentalan Darah

Pengentalan darah pada pembuluh darah besar sering menjadi pertanda kanker pankreas meskipun tidak selalu demikian. Biasanya, dokter akan menyatakan pasien mengidap deep vein thrombosis dimana terlihat pembengkakan pada kaki. Pengentalan darah ini memang umum terjadi pada banyak penyakit, termasuk kanker ini.

Tentu menghindari kanker pankreas adalah dengan gaya hidup sehat sejak masih muda. Makanan dan minuman yang mengandung endapan adalah penyebab utama. Yang patut dihindari sejak dini adalah minuman berenergi dalam kemasan, berbagai minuman kemasan, jamu olahan dengan bahan kimia, dan banyak lagi.

Ketahui 10 Gejala Awal Kanker Pankreas

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru