Secercah Harapan di Channel yang Terabaikan

By SaungMaman

Judul postingan kali ini agak sedikit berbau puitis ya, hehee... Eits! Jangan salah ya, jelek-jelek begini mang admin merupakan sosok yang melankolis lho, sedikit pendiam namun menghanyutkan dan bisa membuat seseorang yang baru mengenalnya bisa 'klepek-klepek' hahaha... 

Kenapa kali ini admin membuat artikel sedikit berbeda dari biasanya? Jadi ceritanya begini: Akhir-akhir ini aktivitas blogging SaungMaman agak sedikit berkurang karena sepinya tawaran job atau kerjasama penulisan artikel. Sebagai gantinya admin mencoba menekuni dunia baru yaitu dunia youtube.

Sebenarnya youtube bukanlah hal baru juga sih, karena admin sudah membuat channel youtube dengan nama "Mangmamandoang" ini sudah sejak 11 tahun yang lalu. Hanya saja tidak ditekuni dengan baik. Video  yang di upload pertama kali bisa dilihat di link berikut ini: 


Setelah sekian lama channel youtube yang sekarang berganti nama jadi SaungMaman Channel (SM) ini terbengkalai, maka mulai awal Agustus ini saya coba aktifkan kembali dengan membuat beberapa video eksperimen. Awalnya saya mencoba membuat video bertema kuliner seputar Tebet. Lalu saya lanjutkan dengan membuat beberapa video bertema gowes atau sepeda santai juga berlokasi di sekitar Tebet. 

Semua video saya ambil saat berangkat menuju ke tempat kerja, yang memang rutin saya jalani dengan bersepeda alias gowes. Dan tanpa disangka-sangka, video-video berdurasi pendek ini cukup mendapatkan banyak viewer. Ini tentu merupakan sebuah langkah awal yang baik, walaupun terkesan terlambat. Namun saya punya prinsip, tak ada kata terlambat untuk memulai! Selama napas masih bisa berhembus, selalu ada waktu untuk berkarya. 

Dalam satu bulan mendalami dunia youtube, dengan melihat perkembangan jam tayang serta jumlah subscriber, saya mendapatkan secercah harapan, bahwa syarat 4000 jam tayang dan 1000 subscriber untuk memonetisasi channel youtube, tidaklah sesulit yang dibayangkan. Asal ada kemauan dan tekad yang kuat untuk terus belajar, saya yakin bahwa seberat apapun tantangan yang kita hadapi akan sanggup kita lewati. 

Seperti kata seorang sahabat, (sebut saja namanya Dwi), beliau selalu memotivasi diri saya untuk berjuang bersama di dunia youtube, jalan sudah terbentang luas, katanya. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan peluang yang ada dengan membuat karya-karya orisinil buatan sendiri. 

Jangan takut gagal, takutlah kalau kamu tak berusaha mencoba. Tak ada sesuatu yang sulit, yang ada hanyalah malas belajar. Teruslah memotivasi diri dengan keyakinan, kalau orang lain bisa, kita pun pasti bisa. Selalu ada awal untuk memulai, kapanpun, dimanapun, di usia berapapun. 

SaungMaman Channel saat ini memang bukan apa-apa, tapi saya yakin suatu saat nanti channel ini akan berkembang menjadi besar. Saat ini memang masih terkendala keterbatasan, seperti waktu yang terbatas, kapasitas memori HP yang minim, dll. Namun itu bukan halangan untuk menciptakan karya-karya yang besar. 

Nah, kiranya itu dulu curhatan mang admin yang sedang semangat-semangatnya mengoprek channel lama yang terabaikan kali ini, semoga Allah SWT meridhoi setiap usaha yang kita lakukan. Aamiin!

Buat teman-teman yang berkenan mampir ke channel SM, silahkan meluncur kesini:
 

Jangan lupa juga untuk saling support channel kita masing-masing dengan memberikan like, comment, share and subscribe. Buat siapapun yang sudi subscribe channel SM, pasti saya subscribe balik, tolong kabari admin bila lupa Subscribe balik. 

Terimakasih. 






Secercah Harapan di Channel yang Terabaikan

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru