Pentingnya Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Guna Memantapkan Karir Pegadaian

By SaungMaman

Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam perjalanan karir seseorang. Untuk itu upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia perlu terus dilakukan demi mewujudkan visi misi yang telah ditetapkan oleh perusahaan. 

Hal-hal yang menyangkut kualitas SDM meliputi mutu dari tenaga kerja. Hal ini menyangkut soal kemampuan baik secara fisik maupun psikis, kemampuan pengetahuan dan ketrampilan lainnya. 

Beberapa ahli mengatakan bahwa kualitas sumber daya manusia adalah kemampuan bekerja secara profesional. Sedangkan ahli lainnya berpendapat bahwa kualitas SDM merupakan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan yang dapat digunakan untuk menghasilkan layanan secara maksimal. 

Karir yang cemerlang tidak bisa diraih dalam waktu singkat, butuh waktu dan proses cukup panjang yang harus dilewati oleh para pegawai maupun tenaga kerja lainnya. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas SDM adalah dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diadakan oleh perusahaan saat baru diterima bekerja. 

Begitupun yang dilakukan oleh PT Pegadaian (Persero) yang terus berupaya memaksimalkan kualitas SDM yang kompeten sesuai dengan kriteria yang disyaratkan oleh perusahaan.

Memantapkan Karir Pegadaian

Dengan kualitas SDM yang terukur, para pegawai yang berkolaborasi secara sinergis dalam karir Pegadaian diharapkan akan semakin terpacu untuk meningkatkan kapabilitasnya di perusahaan.

Azas dan prinsip perekrutan pegawai


Dalam hal rekrutmen pegawai, setiap perusahaan tentunya memiliki prinsip dan azas yang berbeda-beda. Hal ini bergantung kepada kebijakan pimpinan perusahaan  dan kondisi yang mempengaruhi dasar-dasar pengambilan keputusan tersebut. Adapun rekrutmen pegawai yang dilakukan oleh PT Pegadaian berazaskan pada:

1. Prinsip keterbukaan atau transparansi, akuntabilitas, mandiri, dan memegang teguh prinsip keadilan. 

2. Menganalisa kebutuhan akan pegawai berdasarkan kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang. 

Prosedur penyaringan dan pengumuman mengenai calon pegawai dilakukan sangat transparan dan diumumkan di media massa. Hal ini dimaksudkan agar proses rekrutmen pegawai dapat diketahui oleh masyarakat secara luas. 

Tahapan yang harus dilalui oleh calon pegawai


Dalam proses perekrutan karyawan ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh calon pegawai yang ingin mengabdi di PT Pegadaian, diantaranya:
  • Seleksi administrasi yang meliputi kelengkapan dokumen lamaran
  • Psikotes  yang dilakukan secara online
  • Proses wawancara
  • Tes kesehatan
  • Pelatihan kerja, dan
  • Proses seleksi lainnya
Proses seleksi pegawai dilakukan secara profesional, dengan melibatkan tim internal yang memiliki kapabilitas dibidang perekrutan pegawai. Selain itu ada juga tim konsultan yang bertugas memberikan masukan berharga soal teknis penerimaan pegawai agar seleksi yang dilakukan benar-benar sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh perusahaan. 

Yang juga tak kalah ketatnya dalam proses penerimaan pegawai baru di PT Pegadaian (Persero) adalah kerjasama dengan Career Development Center (CDC) dari berbagai Perguruan Tinggi yang punya kredibilitas cukup tinggi. 

Segala bentuk seleksi dilakukan se-objektif mungkin, guna melindungi kepentingan perusahaan. Nama-nama pelamar yang lolos seleksi diumumkan melalui website resmi perusahaan dan diberitahukan langsung melalui email peserta. 

Sebagai tambahan informasi, PT Pegadaian saat ini sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi tertentu. Silahkan kunjungi laman pegadaian.co.id/karir untuk info lebih lanjut. 

Kualitas sumber daya manusia adalah ujung tombak kesuksesan sebuah perusahaan. Karenanya, setelah bergabung dengan PT Pegadaian setiap pegawai diharuskan  mengikuti pendidikan dan pelatihan secara berkelanjutan. Pelatihan bertujuan menciptakan kader-kader yang memiliki loyalitas dan berdedikasi tinggi terhadap perusahaan, memiliki wawasan luas dan punya pandangan jauh ke depan dalam memajukan perusahaan. 

Demikian informasi singkat mengenai Pentingnya Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Guna Memantapkan Karir Pegadaian kali ini, semoga bermanfaat. 


Pentingnya Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Guna Memantapkan Karir Pegadaian

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru