Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan untuk Pekerjaan Sebagai Guru

By SaungMaman

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan adalah referensi untuk membuat surat lamaran yang benar untuk memperoleh pekerjaan impian. Tak terkecuali bagi Anda lulusan sarjana pendidikan yang ingin menjadi guru juga perlu memahami cara tepat menulis surat lamaran. Berikut adalah bagian-bagian surat lamaran yang perlu Anda perhatikan untuk meningkatkan peluang Anda diterima sebagai guru.



1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Pada surat lamaran kerja tulis tangan, keterangan tempat dan tanggal penulisan surat diletakkan di bagian pojok kanan atas surat. Keterangan tempat dituliskan sesuai dengan kota penulisan surat.

Kemudian diikuti dengan tanggal dan tahun penulisan yang dinyatakan dalam bentuk angka. Untuk penulisan bulan penulisan surat dituliskan dengan nama bulan menggunakan huruf dan tidak disarankan menggunakan angka.

2. Perihal

Selanjutnya yaitu bagian hal atau perihal yang dituliskan di sebelah kiri surat baris paling atas setelah penulisan tempat dan tanggal penulisan surat. Bagian ini berisi informasi tujuan dari penulisan surat yaitu untuk lamaran pekerjaan.

3. Nama Penerima

Bagian nama penerima berisikan informasi instansi sekolah tujuan yang ingin dilamar. Penulisan bagian nama penerima harus memperhatikan penulisan yang baik dan benar karena menunjukkan rasa hormat kepada instansi tersebut.

Biasanya menggunakan sapaan Yth. Kemudian diikuti jabatan tertinggi di sekolah yang biasanya dituliskan kepala sekolah berkaitan. Selanjutnya dapat ditambahkan alamat instansi terkait kemudian di bagian paling bawah dituliskan kata “di tempat”.

4. Salam Pembuka

Sebelum memulai menulis bagian isi surat, pastikan Anda menuliskan salam pembuka sebagai awalan. Salam pembuka yang disarankan yaitu menggunakan frasa “dengan hormat” karena memberikan kesan hormat yang secara umum.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan | Image source: pexels.com

5. Data Dokumen Yang Dilampirkan

Penyerahan surat lamaran kerja biasanya didukung dengan beberapa dokumen pendukung lainnya. Berkas dokumen ini dapat membantu rekruter untuk memproses surat lamaran kerja Anda untuk menjadi guru.

6. Salam Penutup

Untuk mengakhiri surat lamaran kerja Anda, bagian penutup akan memberikan kesan yang baik dan menunjukkan rasa terima kasih. Pada bagian ini biasanya juga ditambahkan harapan untuk bisa diterima menjadi guru pada instansi terkait.

7. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Guru SMP

Bandung, 22 Agustus 2022
Yth. Kepala Sekolah SMPN 4 Bandung
Jl. Samoja No. 5, Bandung
di Tempat

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan untuk posisi guru honorer Bahasa Indonesia yang saya lihat di situs www.smpn4bandung.sch.id pada 7 Agustus 2022, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan dengan posisi tersebut.


Adapun data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama : Annisa Putri Wulandari
Jenis kelamin : Perempuan
Tempat/Tgl lahir : Garut, 03 Januari 1997
Alamat : Jl. Jendral Sudirman No. 6, Bogor
Pendidikan : S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Malang
Telepon/HP : 085793886451
Email : Annisapw@gmail.com

Saya adalah mahasiswa tingkat akhir yang memiliki pengalaman magang mengajar selama 2 tahun sebagai guru Bahasa Indonesia.

Berikut adalah kelengkapan data diri saya sebagai bahan pertimbangan:

1. Curriculum Vitae
2. Foto ukuran 3 x 4
3. Fotokopi KTP
4. Fotokopi SKCK
5. Daftar Riwayat Hidup

Besar harapan saya untuk bisa berkesempatan wawancara sehingga saya dapat menjelaskan lebih detail mengenai potensi dan kemampuan yang saya miliki.

Sekian surat lamaran kerja ini saya buat dan terimaksih atas perhatian Bapak/Ibu.
Itulah ulasan mengenai bagian bagian dari contoh surat lamaran kerja tulis tangan untuk guru yang benar beserta contohnya. Pastikan Anda telah menerapkan aturan penulisan tersebut dalam surat lamaran kerja agar memiliki peluang lebih tinggi diterima di sekolah.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan untuk Pekerjaan Sebagai Guru

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: