Cara Membasmi Rayap Pada Kusen

By SaungMaman

Cara membasmi rayap pada kusen menjadi hal yang akan Anda cari tahu ketika binatang yang satu ini menyerang kusen pintu atau jendela Anda. Serangga pemakan kayu yang satu ini memang menjadi salah satu musuh utama berbagai perabotan maupun furniture berbahan kayu, lantas bagaimana cara mengatasinya?

Cara Membasmi Rayap pada Kusen

Cara Membasmi Rayap Pada Kusen dengan Bahan Alami


Rayap pada kusen pintu dan jendela bisa merusak struktur kayu dan menyebabkan kerusakan yang signifikan jika tidak segera ditangani. Berikut adalah beberapa cara membasmi rayap pada kusen pintu dan jendela dari Citra Kayon :

1. Minyak tanah

Dengan baunya yang menyengat, minyak tanah dapat membuat rayap kebingungan sehingga sulit untuk bergerak. Cukup dengan mengoleskan atau meneteskan minyak tanah pada permukaan kusen kayu yang terinfeksi rayap, kemudian tutup dengan plastik selama beberapa hari. Setelah itu, buka plastik dan bersihkan kusen kayu dengan lap kering.

2. Air cucian beras

Kandungan asam phytin pada air cucian beras dapat merusak sistem pencernaan rayap. Anda dapat mencampurkan air cucian beras dengan air dalam rasio 1 : 1, kemudian oleskan pada permukaan kusen kayu yang terinfeksi rayap. Diamkan selama beberapa jam, kemudian bersihkan menggunakan kain lap.

3. Larutan air garam

Larutan air garam yang mengandung natrium klorida bisa membuat lingkungan kusen kayu tidak cocok untuk rayap hidup. Caranya, campurkan air dan garam dalam rasio 1 : 1 hingga garam terlarut, kemudian semprotkan pada permukaan kusen kayu yang terinfeksi rayap. Diamkan selama beberapa jam, kemudian bersihkan dengan kain lap.

4. Air kapur sirih

Larutan air kapur sirih dapat membunuh rayap dengan lebih efektif, Anda dapat mencampurkan kapur sirih dengan air dalam rasio 1 : 3. Kemudian semprotkan pada permukaan kusen kayu yang terinfeksi rayap. Diamkan selama beberapa jam, kemudian bersihkan dengan kain lap.

5. Tembakau

Kandungan nikotin dalam tembakau ternyata dapat membunuh rayap. Caranya, hancurkan tembakau hingga menjadi serbuk halus, kemudian sebar pada permukaan kusen kayu yang terinfeksi rayap. Diamkan selama beberapa hari, kemudian bersihkan dengan sikat gigi dan kain lap yang bersih.

Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan bahan-bahan alami tersebut tentu memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan bahan atau racun kimia. Selain itu bahan alami juga kurang tepat digunakan bila infeksi rayap sudah terlalu parah.



Cara Agar Kayu Tidak Dimakan Rayap


Seperti yang kita tahu bahwa bila kayu sudah terserang rayap itu artinya rayap telah memakan sebagian kayu tersebut. Sehingga bila furniture sudah terserang rayap dengan parah maka solusi satu-satunya adalah dengan menggantinya. Untuk itu yang tidak kalah penting disini adalah bagaimana cara agar kayu tidak dimakan rayap, Anda dapat melakukan tindakan pencegahan sebagai berikut :
  • Melakukan pengawasan secara berkala pada furniture atau bahan bangunan yang menggunakan kayu di rumah. Tujuannya adalah untuk memastikan apakah ada tanda-tanda serangan rayap atau tidak. Hal ini dapat dilakukan dengan mengetuk-ngetuk permukaan kayu untuk memeriksa apakah ada suara berderak atau tidak.
  • Melakukan perawatan dan perbaikan pada kayu yang rusak atau berlubang segera sebelum serangan rayap semakin parah.
  • Menggunakan bahan pengawet kayu yang dapat menghalangi serangan rayap seperti borat atau bahan kimia lainnya.
  • Menciptakan lingkungan yang tidak mendukung untuk pertumbuhan rayap seperti menjaga kebersihan rumah, mengurangi kelembaban, dan memperbaiki sistem ventilasi di rumah.
  • Memasang jaringan anti rayap di sekitar rumah untuk mencegah masuknya rayap ke dalam rumah.
  • Menggunakan kayu yang lebih tahan terhadap serangan rayap seperti kayu jati, kayu merbau, kayu ulin hingga kayu meranti.
Tentu akan lebih baik bila Anda melakukan langkah atau tindakan pencegahan sebelum rayap menyerang perabotan kayu di rumah. Hal ini tentu dapat menghemat biaya dibandingkan biaya perbaikan bila rayap telah menyerang perabotan atau furniture tersebut.

Cara Membasmi Rayap Pada Kusen

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: