Cat Dasar Tembok, Dasar agar Warna Awet dan Lebih Tahan Lama

By SaungMaman

Hunian yang indah dan nyaman adalah impian setiap keluarga. Tidak hanya hunian, namun tempat kita beraktifitas dan bekerja pun harus nyaman. Dalam membuat hunian dan tempat beraktifitas yang nyaman, tidak lepas dari menciptakan suasana yang kondusif, salah satunya dengan memperhatikan cat pada tembok ruangan yang kita gunakan. Tahukah kamu, bagaimana cara agar cat tembok memiliki warna yang lebih awet dan tahan lama?

Yups! Dengan menggunakan cat dasar. Ayo kita cari tahu apa saja fungsi cat dasar tembok!

Beberapa fungsi cat dasar tembok


1. Dapat melindungi tembok dari garam alkali.

Cat dasar dapat mencegah garam alkali (air garam dari beton) pada dinding. Alkali pada umumnya akan menyebabkan masalah pada tembok, seperti menimbulkan lumut dan jamur, cat menjadi mengapur atau adanya bubuk halus pada cat, dinding basah, pengupasan lapisan cat. Dengan mengaplikasikan cat dasar, cat dan dinding akan lebih tahan terhadap garam alkali dan tahan lebih lama.

2. Ketahanan cat pada tembok terjaga dengan baik.

Mengaplikasikan cat dasar tembok sebelum mengecat tembok merupakan cara untuk menjaga ketahanan pada cat tembok. Dengan mengaplikasikan cat dasar, warna dan kualtas cat yang diaplikasikan pada tembok tidak akan mengalami masalah dengan cepat. Tanpa menggunakan cat dasar akan membuat tembok yang kamu cat menjadi tidak rapi dan kotor.

3. Membuat cat tembok terlihat sempurna.

Keuntungan mengaplikasikan cat dasar yang tidak kalah pentingnya adalah menciptakan tone cat yang ideal. Warna dinding acian, bata, dan material dinding lainnya akan mempengaruhi hasil warna cat tembok. Cat dasa tembokr yang tidak bias dengan warna transparan, akan membuat bayangan cat di atasnya lebih ideal dan bagus.

Untuk menggantikan cat tembok lama kamu, maka penggunaan cat dasar juga sangat penting, terutama bila Anda ingin mengubah warna redup menjadi warna terang. Tanpa pemanfaatan cat dasar, warna soft tidak dapat menutupi warna dasar (warna yang lebih gelap). Lama kelamaan, warna cat tembok akan terlihat menyatu dan kurang sedap dipandang mata.

4. Warna dasar yang konsisten.

Dengan menerapkan cat dasar, ini akan memberikan dinding dasar yang kokoh, sehingga lapisan cat di atasnya cenderung menyatu tanpa masalah. Jika kamu melakukan pengecatan tanpa lapisan awal, cat mungkin tidak menempel dengan baik.

5. Menyembunyikan kekurangan dan cacat pada tembok.

Dengan menggunakan cat dasar tembok, hal ini dapat menyembunyikan berbagai jenis cacat pada lapisan luar tembok. Cat dasar tidak hanya menyembunyikan tanda atau titik yang tidak enak dipandang mata, tetapi juga memastikan bahwa bangunan yang kamu bangun menjadi sempurna. Jadi, pada dasarnya, cat dasar tembok adalah sesuatu yang penting untuk memastikan cat dinding dapat bertahan cukup lama, dan memberikan warna yang lebih memukau.

Ada tiga jenis cat dasar yang saat ini beredar di pasaran, yaitu:


1. Cat dasar alkali resisting primer

yaitu cat dasar tembok jenis ini terdiri dari 100% emulsi akrilik. Bahan-bahan ini memiliki sifat yang luar biasa, khususnya memiliki perlindungan yang tinggi dari garam.

2. Cat dasar water sealer water based

yaitu cat ini mirip dengan cat dasar alkali. Cat ini juga terdiri dari 100% emulsi akrilik yang tidak mengandung warna. Cat dasar tembok ini dapat digunakan untuk lebih mengembangkan daya cengkeram pada dinding yang memiliki cat lama yang telah mengapur.

3. Cat dasar water proofing wall sealer

yaitu pada dasarnya bahan dasar cat ini masih belum berubah, khususnya emulsi akrilik dan tidak mengandung pewarna. Cat ini biasanya digunakan pada tembok lama atau pun baru yang terbuat dari semen atau beton yang masih lembab.

Banyak sekali bukan fungsi dan manfaat cat dasar tembok. Untuk memaksimalkan cat tembok kamu, tentu saja kamu harus menggunakan cat dasar yang berkualitas dengan harga terjangkau. Maka dari itu, Avian hadir dengan membawa solusi untuk kamu. Yuk gunakan Avian untuk menyelesaikan masalah cat kamu!

Cat Dasar Tembok, Dasar agar Warna Awet dan Lebih Tahan Lama

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: