Pentingnya Memiliki Rekening Bersama Pasangan, Segera Bikin

By SaungMaman

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/happy-young-mixed-race-couple-with-laptop-sitting-sofa-shopping-online_6801171.htm#page=4&query=keuangan%20keluarga&position=27&from_view=search&track=ais 

Saat sudah menjalani rumah tangga, pasangan suami istri perlu mengatur ulang perencanaan keuangannya. Dari yang sebelumnya hanya mengelola keuangan untuk kebutuhan pribadi atau sendiri, setelah menikah pastinya ada tambahan pengeluaran dan tujuan finansial yang harus dipikirkan. 

Pasangan disarankan membuat rekening bersama untuk merencanakan keuangan di masa mendatang. Selain membantu dalam mencapai financial goals, memiliki rekening bersama juga memudahkan pengelolaan keuangan keluarga. Dengan adanya rekening khusus untuk keluarga, pengelolaan keuangan jadi terpusat sehingga masing-masing punya kuasa untuk memantau dan menggunakannya demi kepentingan bersama. 

Apalagi saat ini buka rekening online bisa dilakukan dengan praktis, tanpa perlu datang ke bank. Lantas apa saja manfaat atau pentingnya memiliki rekening bersama pasangan?

Pentingnya Memiliki Rekening Bersama Pasangan 
Nantinya rekening online khusus keluarga bisa Anda gunakan untuk beberapa tujuan keuangan, misalnya mengumpulkan dana darurat, sebagai tabungan untuk jangka pendek maupun jangka panjang, dan sebagainya. Berikut ini beberapa manfaat rekening online yang dimiliki bersama pasangan:

Sumber gambar Freepik: https://www.freepik.com/premium-photo/young-asian-couple-with-piggy-bank-toy-house-car_7138173.htm#page=2&query=keuangan%20keluarga&position=31&from_view=search&track=ais

1. Sebagai Bentuk Transparansi Keuangan 
Salah satu alasan pentingnya memiliki rekening bersama pasangan adalah sebagai bentuk transparansi keuangan. Saat sudah berkeluarga maka Anda dan pasangan tidak hanya dituntut terbuka dalam hal komunikasi dan parenting, namun juga wajib transparan dalam hal keuangan. 

Keterbukaan mengenai keuangan akan meningkatkan keharmonisan hubungan pasangan suami istri. Selain itu, pengelolaan keuangan yang dilakukan bersama juga membantu terhindar atau meminimalisir konflik rumah tangga yang bisa muncul. Jangan sampai Anda dan pasangan berselisih gara-gara masalah finansial.

Dengan memiliki rekening bersama, Anda dan pasangan bisa sama-sama tahu kondisi keuangan. Kedua pihak bisa saling mengakses informasi tentang tabungan dan riwayat transaksi keluarga maupun masing-masing. 

2. Meningkatkan Efektivitas Budget 
Manfaat lainnya dari memiliki rekening bersama pasangan adalah dapat meningkatkan efektivitas budget. Dalam keuangan keluarga, ada banyak sekali pengeluaran atau kebutuhan yang harus dipenuhi baik untuk diri sendiri, pasangan, dan anak. Oleh karena itu, pasangan harus berpikir dengan bijak dan cerdas untuk menyusun anggaran atau budgeting. 

Apabila budgeting tidak dilakukan secara tepat maka bisa mengakibatkan pengeluaran yang berlebihan hingga kesulitan mencapai target keuangan. Adanya rekening bersama akan mempermudah penyusunan anggaran dan alokasi keuangan. Misalnya Anda bisa menggunakan rekening ini untuk simpanan dana cicilan rumah, membayar tagihan listrik, tabungan dana darurat, dan sebagainya.  

3. Membangun Tanggung Jawab Bersama 
Pengelolaan keuangan keluarga menjadi tanggung jawab pasangan suami istri. Adanya rekening bersama akan meningkatkan kekompakan Anda dan pasangan dalam manajemen keuangan, baik saat mengalokasikan dana maupun mengontrol keuangan. 

Meski, misalnya sumber penghasilan dalam keluarga hanya berasal dari satu orang, namun tanggung jawab pengelolaan keuangan tetap jadi tugas bersama. Kerja sama tim dari pasangan suami istri dibutuhkan untuk bisa menjaga finansial tetap aman dan mencapai tujuan keuangan bersama. 

Dengan membuat rekening bersama, Anda dan pasangan jadi punya rasa kebersamaan atau rasa memiliki. Anda dan pasangan bisa berbagi tugas dalam mengelola keuangan, mulai dari budgeting, menambah penghasilan, menekan pengeluaran, evaluasi keuangan, dan sebagainya. Misalnya, apabila ada aktivitas keuangan yang tidak sehat, maka bisa saling mengingatkan untuk memperbaiki demi kebaikan finansial keluarga. 

4. Membuat Pengelolaan Keuangan Terpusat 
Salah satu kelebihan dari memiliki rekening bersama pasangan adalah pengelolaan keuangan menjadi terpusat. Dengan menaruh dana di satu tempat penyimpanan, maka Anda dan pasangan bisa lebih mudah dalam mengontrol keuangan. Kondisi dan aktivitas keuangan bisa dipantau dengan mudah di satu rekening. 

Dengan adanya rekening bersama untuk pusat penyimpanan uang, Anda tidak perlu berganti-ganti atau beralih rekening saat ada keperluan keuangan. Selain itu, Anda dan pasangan juga tidak repot saat ingin mengecek riwayat transaksi atau mutasi rekening. 

5. Media untuk Berbagai Dana 
Memiliki rekening bersama pasangan juga bermanfaat sebagai media untuk berbagi dana. Dalam sebuah keluarga, ada kondisi di mana satu orang memiliki penghasilan lebih tinggi dibandingkan pasangannya atau bahkan sumber pendapatan hanya dari satu pihak. Ada pula kondisi di mana pemasukkan naik-turun atau tidak menentu.  

Rekening bersama bisa menjadi wadah untuk berbagai dana secara lebih adil untuk kepentingan keluarga. Anda dapat membuat keputusan keuangan bersama pasangan, mulai dari merencanakan tujuan keuangan hingga penggunaan dana. Adil di sini, bukan berarti setiap orang mendapatkan jatah uang yang sama. Tapi artinya dana bisa terbagi dan dialokasikan dengan bijak untuk kepentingan keluarga. 

Dengan memiliki tabungan bersama, Anda atau pasangan juga dapat memberikan dukungan satu sama lainnya ketika mengalami kondisi darurat atau mendesak. Misalnya ketika salah satu mengalami kecelakaan, sakit, maupun mengalami masalah finansial lainnya. Adanya tabungan bersama memungkinkan Anda mencairkan atau menggunakan uang untuk mengatasi permasalahan tersebut, tanpa repot meminta transfer dari pasangan. 

6. Menghindari Kebocoran Anggaran
Memiliki rekening bersama pasangan juga bermanfaat untuk menghindari kebocoran anggaran rumah tangga. Saat penyimpanan keuangan dibuat terpusat, maka suami istri bisa saling mengawasi atau mengontrol penggunaan uang. Anda bisa melakukan evaluasi keuangan harian atau bulanan untuk mengecek apakah ada aktivitas keuangan yang berlebihan atau bikin boncos. 

Dengan adanya rekening online, Anda dan pasangan bisa dengan mudah melihat mutasi rekening atau riwayat transaksi. Pasangan bisa berdiskusi untuk merencanakan anggaran dengan lebih baik seiring berjalannya waktu. Misalnya apabila keluarga Anda berlangganan Netflix dan menjadi salah satu pengeluaran yang overlap, maka bisa memutuskan untuk berhenti. 

Memiliki rekening bersama juga bisa menekan pengeluaran dari biaya administrasi ketika mempunyai beberapa rekening. Dengan menggunakan rekening bersama, Anda dapat meminimalkan dan mengurangi biaya tambahan. Apalagi saat ini Anda bisa buka rekening online yang bersifat gratis. 

Menggunakan Rekening Online untuk Menabung
Setelah membaca penjelasan di atas, pastinya Anda dan pasangan semakin yakin untuk membuat rekening bersama. Ada banyak manfaat dari memiliki rekening bersama pasangan untuk mencapai tujuan keuangan keluarga dan demi menjaga kesehatan finansial. Saat ini buka rekening online juga bisa Anda lakukan secara mudah.

Dengan adanya rekening online, Anda bisa mengontrol dan memantau keuangan secara lebih mudah bersama pasangan. Salah satu rekening online yang bisa Anda pilih adalah PermataME yang disediakan oleh PermataBank. Pembukaan rekening bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. 

Informasi lebih lengkap mengenai rekening online PermataMe dan pendaftarannya bisa Anda baca di sini

Pentingnya Memiliki Rekening Bersama Pasangan, Segera Bikin

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: