Tips Aman Jual Beli Handphone secara Online

By SaungMaman

Kemudahan membeli barang secara online di era digital saat ini tentunya akan diikuti dengan resiko penipuan dan keamanan. Pertumbuhan e-commerce yang telah memudahkan jual beli barang seperti handphone, tidak jarang dimanfaatkan oknum-oknum penipu yang menjual barang dengan kualitas buruk atau bahkan tidak mengirimkan barangnya sama sekali.

Pembeli perlu berhati-hati ketika membeli secara online karena produknya tidak bisa dilihat dan disentuh secara langsung. Peran aktif pembeli dalam melakukan transaksi dengan penjual juga harus dilakukan. Jangan begitu saja mengirimkan uang tanpa mengecek secara detail produk dan toko yang menjualnya. 

Tips Aman Jual Beli Handphone
Sumber: Unsplash

Begitu juga ketika Anda ingin menjual HP di situs penjualan online. Ada saja konsumen nakal yang juga bisa merugikan penjual. Jadi ketelitian dan kehati-hatian perlu dilakukan demi menghindari resiko kerugian. Berikut ini adalah tips tentang cara menjual dan membeli handphone secara aman di platform online.

1. Cari tahu dahulu mengenai spesifikasi dan tipe ponsel yang diinginkan. Setelah itu, jangan lupa lakukan riset harga normal di pasaran. 

2. Pastikan untuk membeli ponsel hanya di situs resmi merek ponsel tersebut, atau situs marketplace yang terpercaya. Hindari membeli ponsel dari online shop yang menawarkan harga jauh dibawah pasaran. 

3. Mengecek ketersediaan barang perlu dilakukan agar pengiriman bisa dilakukan dengan cepat. Anda bisa menanyakan melalui fitur chat, atau melihat jumlah stok barang yang biasanya ditampilkan pada halaman penjualan.

4. Mengetahui kelengkapan ponsel yang ingin dibeli secara online. Jika membeli produk baru, pastikan Anda mengetahui kelengkapan standar apa saja yang diberikan produsen. Hal ini bisa diketahui dengan melihat video peluncuran ponsel dari produsen.

5. Biasanya, jika membeli produk secara online akan diberikan garansi resmi. Baik itu dari merk dagang ponsel ataupun situs jual beli ponsel (toko). Saat melakukan survei spesifikasi di situs jual beli, pastikan produk yang ingin dibeli memiliki garansi merk dagang. Kebanyakan garansi merk dagang bisa berlaku 2 tahun sejak pembelian, serta garansi toko berkisar 6 bulan sampai 1 tahun.


Misalnya saja Anda ingin membeli handphone bekas Oppo A53 secara online, maka cobalah mengecek harga Oppo A53 di pasaran terlebih dahulu dan bandingkan dengan harga di beberapa toko online lainnya. Baik yang baru ataupun yang bekas harga Oppo A53 termasuk yang masih sangat terjangkau. 

6. Teliti dalam memilih metode pengiriman yang ditawarkan, karena akan ada banyak jasa ekspedisi yang bisa dipilih. Pilihlah ekspedisi yang paling mudah dihubungi dan tidak menyulitkan saat nanti terjadi masalah dalam proses pengiriman.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menjual ataupun membeli handphone secara online dengan lebih aman. Tetap waspada dan teliti dalam setiap transaksi online yang Anda lakukan. Baik itu handphone atau barang lainnya, jadilah konsumen yang cerdas dalam melakukan pembelian. Banyak oknum-oknum nakal yang mencari keuntungan dengan cara curang.
Tips Aman Jual Beli Handphone secara Online

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: