Ternyata Banyak Untungnya Punya Layanan Transaksi QRIS Bagi Merchant Bisnis

By SaungMaman

Transaksi dengan menggunakan QRIS cukup populer beberapa tahun belakangan ini, banyak orang yang merasa praktis atau tidak perlu repot jika ingin bayar-bayar jika seandainya merchant sendiri menawarkan pembayaran hanya dengan scan QRIS.

Ternyata Banyak Untungnya Punya Layanan Transaksi QRIS Bagi Merchant Bisnis
Banyak Untungnya Punya Layanan Transaksi QRIS Bagi Merchant Bisnis

Sehingga otomatis tidak perlu membawa uang secara tunai. Sayangnya mungkin sistem pembayaran semacam ini belum menyeluruh ada di berbagai daerah yang ada di Indonesia, rata-rata terbatas di kota besar saja.

Sebenarnya seluruh aplikasi pembayaran yang berasal dari penyelenggara manapun sudah bisa dihubungkan dengan QRIS ini, sehingga mulai dari parkir, warung, toko-toko sampai dengan tempat wisata sudah bisa mengandalkan QRIS untuk menunjang pembayaran, jangan khawatir juga mengingat belakangan ini jika dilihat sudah ada fitur pengamanan ekstra, sehingga memungkinkan setiap transaksi yang dilakukan lewat QRIS ini juga menjadi lebih aman.

Guna bisa mendapatkan fitur QRIS ini, maka nantinya merchant tinggal membuat akun rekening pada salah satu perusahaan penyelenggaranya, sebut saja yang paling sering dipilih di Indonesia adalah dari bank BCA, karena mayoritas masyarakat sendiri juga menggunakan perbankan swasta yang satu ini. Sehingga pendaftaran nantinya cukup dilakukan lewat kantor cabang BCA terdekat saja, lebih mudah jika seandainya Anda sudah terdaftar sebagai merchant.

Bagi pelaku bisnis atau merchant sendiri, sebenarnya transaksi yang dilakukan lewat QRIS memiliki banyak keunggulan, yaitu:
  1. Potensi penjualan yang makin meningkat, faktanya anak-anak zaman sekarang lebih suka melakukan transaksi secara cashless dibandingkan langsung. Karena jarang membawa uang tunai juga. Sehingga mereka akan pilih-pilih tempat belanja termasuk diantaranya dengan mencari manakah yang punya layanan atau fitur pembayaran lewat QRIS. Hal inilah yang membuat adanya QRIS akan sangat membantu untuk memperbesar potensi penjualan Anda.
  2. Kekinian, transaksi keuangan berbasis cashless sendiri memang dikenal kekinian, dibandingkan ketika melakukan transaksi tunai, dimana Anda sendiri juga tidak perlu sedia uang kembalian, karena secara otomatis nominalnya dapat diatur, konsumen juga merasa dipermudah jika berbelanja di tempat yang menyediakan fasilitas pembayaran lewat QRIS ini.
  3. Praktis, dengan adanya QRIS sekarang transaksi semakin praktis, bahkan bisnis tersebut tidak membutuhkan terlalu banyak SDM atau pekerja, khususnya adalah yang menjadi bagian kasir atau menerima pembayaran, karena sekalipun nantinya gerai ramai, maka pembayaran tetap dapat dihandle sendiri dengan cepat serta mudah.
  4. Menghindari resiko uang palsu, faktanya masih banyak tindak kejahatan di Indonesia layaknya peredaran uang palsu ini, tentunya yang menjadi korban adalah penjual atau pelaku bisnis, karena ketika sudah ramai tak jarang diantaranya yang tidak mengecek keaslian uang tersebut, sehingga sering kali rugi dengan adanya uang palsu yang diselipkan diantara uang-uang asli ini. Namun dengan adanya sistem pembayaran secara digital, apalagi lewat QRIS ini tentunya akan bantu mencegah hal tersebut.
  5. Transaksi akan langsung tercatat secara otomatis, sehingga bagi pemilik usaha sendiri bisa lebih mudah untuk melakukan pengecekan karena adanya catatan transaksi ini, hal tersebut juga dapat mengurangi resiko terjadinya tindak kecurangan dalam bisnis.
  6. Uang secara otomatis juga akan terpisah antara dana pribadi sekaligus juga yang dipakai untuk bisnis, jangan salah karena dalam pembuatan pembayaran menggunakan QRIS ini sendiri, nantinya rekening yang dipakai berbeda atau terpisah, begitu juga ketika uang masuk kedalam rekening, sehingga jangan khawatir nantinya dana akan tercampur menjadi satu. Karena hal ini tidak akan terjadi.
  7. Dapat mengurangi biaya pengelolaan kas, termasuk diantaranya untuk SDM yang dipekerjakan di bagian pembayaran ini sendiri nantinya bisa ditekan seminimal mungkin, karena pekerjaan juga jadi lebih mudah dengan adanya QRIS. Begitu juga dengan pembukuan, karena semuanya sudah tercatat dengan rapi.

Segera daftarkan usaha Anda untuk memakai layanan QRIS BCA ini, biasanya secara otomatis ada setelah Anda mendaftarkan merchant serta EDM. Namun ada sejumlah syarat serta ketentuan yang harus dipenuhi dalam pembuatannya. Rasakan transaksi keuangan yang semakin mudah serta aman memakai fitur pembayaran terbaru ini.

Jangan lupa untuk download merchant BCA yang akan membantu mempermudah pemakaiannya, langsung saja cek disini untuk pengguna Android, dan di link berikut ini bagi pengguna iOS.

Ternyata Banyak Untungnya Punya Layanan Transaksi QRIS Bagi Merchant Bisnis

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: