Cara Mempertahankan Semangat Ngeblog

Sahabat blogger yang baik.
Pernahkah dalam perjalanan ngeblog selama ini sahabat merasakan semangat begitu menggebu-gebu, bisa mengupdate artikel dalam sehari lebih dari satu, memiliki energi yang begitu besar untuk BW dan lain-lain. Namun disatu saat sahabat juga merasakan kemalasan, kurang energi dan tidak mampu mengupdate satu artikelpun dalam satu bahkan beberapa hari? Hal ini merupakan kejadian biasa dalam dunia blogging.


Semangat ngeblog itu tidak bisa diprediksi, bisa saja suatu saat sangat antusias namun bisa juga tiba-tiba kandas tanpa bisa kita kendalikan.

Lalu langkah apa yang mesti kita lakukan agar semangat ngeblog itu tetap stabil dan selalu dalam ritme yang sama alias tidak turun naik? Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan semangat ngeblog dalam kondisi yang stabil bahkan cenderung meningkat.

Tentunya sahabat memiliki banyak sekali impian yang ingin diwujudkan dalam hidup. Dengan ngeblog diharapkan membantu Anda  dalam meraih semua impian tersebut, karena blogging bisa menjadi salah satu media untuk mewujudkannya.


Nah, berikut ini beberapa langkah yang bisa sahabat lakukan untuk meningkatkan motivasi ngeblog agar selalu dalam kondisi yang  sesuai dengan yang diharapkan.


1. Lihat keadaan kita dalam hidup sehari-hari.  

Pekerjaan kita sehari-hari bisa jadi merupakan salah satu faktor yang membuat semangat ngeblog menurun, entah itu karena sibuk, sikap atasan yang kurang bijaksana, penghasilan yang kurang memuaskan atau ada hal-hal lain yang membuat semangat ngeblog jadi terganggu. Ini harus bisa diatasi dengan bersikap lebih rasional, tidak terlalu banyak menuntut dan mengakui kelebihan dan kekurangan orang lain. Dengan begitu kita akan merasa lebih rileks dan bersemangat lagi dalam menjalani kehidupan.

2. Menuliskan pencapaian sahabat selama menjadi blogger.

Selama menjadi blogger, biasakanlah menuliskan apa saja pencapaian yang telah sahabat raih walaupun nilainya sangat kecil. Banyak diantara blogger pemula masih berkutat di postingan pertamanya. Dan kalau sahabat sudah bisa menuliskan satu postingan pertama  itu adalah suatu pencapaian besar.


Saat postingan pertama berhasil dipublikasikan, sahabat akan mendapat pembaca pertama. Dan semenjak itu pantaslah sahabat disebut seorang blogger, itu sesuatu yang membanggakan. Itu hanya salah satu contoh, tentunya masih banyak pencapaian lainnya yang telah diraih dan bisa dituliskan untuk menambah semangat dalam ngeblog.

Bila kita membandingkan pencapaian yang selama ini kita raih dengan apa yang menjadi impian di masa depan, tentunya masih sangat jauh dari harapan. Namun bila kita menilai dari sisi positifnya, bahwa langkah-langkah kecil kita saat ini adalah jembatan yang akan membawa kita kepada kesuksesan, tentunya kita akan merasa bersyukur karena telah berada di jalan yang benar dalam mewujudkan impian-impian kita.
 
3. Menentukan tujuan jangka pendek
 

Seorang blogger yang baik, sah-sah saja menentukan target akan apa yang ingin diraihnya dalam menggeluti dunia blogging. Misalnya dalam 3 tahun kedepan ingin keluar dari kantor dan menjadi full-timer blogger.

Baik, itu tidak dilarang kalau untuk jangka panjang. Tetapi dalam 3-4 bulan kedepan, apakah juga sudah ditentukan mau seperti apa?

Kita bisa menentukan target jangka pendek misalnya dalam 3 bulan kedepan sudah mampu mendatangkan minimal 1000 pengunjung blog perhari, atau sudah diterima sebagai publisher adsense, dan lain-lain.

4. Membuat rencana untuk bulan depan

 
Untuk bisa termotivasi, kita harus memiliki rencana yang jelas dalam mengoptimalkan blog. Biasakan membuat catatan tentang apa saja yang akan kita lakukan untuk blog di bulan depan. Tanpa perencanaan kita akan kesulitan melakukan apa yang seharusnya dilakukan demi kemajuan blog.

Dalam membuat rencana tidak harus selalu mendetail, cukup membuat rancangannya saja, yang penting menemukan prakiraan tentang tema apa yang akan kita posting nanti dibulan depan.
 

Bisa juga dengan memngambil langkah pasti misalnya menargetkan ingin meraih penghasilan pertama dari bisnis affiliasi yang diikuti dalam bulan yang akan datang.  

5. Bertukar pikiran lewat medsos

Bertukar pikiran dengan sesama blogger, entah lewat BW, G+, Facebook, twitter atau media sosial lainnya bisa menjadi penyemangat dalam memenej sebuah blog. Banyaknya teman senasib-sepenanggungan membuat kita merasa ada teman dan tidak merasa kesepian karena ada yang bisa kita ajak bicara saat kita sedang down.

 
Saat mengunjungi blog teman, biasakan berkomentar yang positif, dari situ kita akan mendapat tambahan energi. Bertukar pikiran dan saling mengisi bisa didapatkan dengan saling berkomentar di blog.

Kesimpulan:

Jika saat ini sahabat sedang galau, bertukar pikiran dengan blogger lain yang sedang berada di puncak kesuksesan, minta advis dan sarannya, cari tahu langkah yang tepat cara memotivasi semangat yang sedang kendur dan bersemangatlah!
 

Namun jika saat ini sedang bergairah, atau sedang sangat bersemangat, berbagilah, rangkul sahabat-sahabat blogger lain yang sedang galau untuk kembali bangkit dan menemukan solusi atas permasalahan mereka dan berusaha menjadi motivator yang baik buat mereka.

Sesama blogger kita adalah mitra yang seharusnya saling mengayomi dan saling memotivasi untuk bisa meraih sukses bersama-sama


Salam..


Cara Mempertahankan Semangat Ngeblog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment