Hidup Dengan Penuh Rasa Syukur

Jalan hidup pasti berliku. Kadang menanjak, kadang menurun, ada lubang, jalan becek,  jalan beraspal,berkelok, bahkan jurang. Namun, terkadang, di balik semua itu ada pemandangan nan indah yang bisa mengibur hati saat gundah, ada pelangi sangat menawan di balik terik panas mentari. Itulah dinamika hidup yang justru menambah beragamnya kehidupan.

Namun, yang harus senantiasa kita ingat, dalam setiap lika-liku perjalanan panjang tersebut, kita juga harus tetap lurus menatap ke depan, untuk melanjutkan perjuangan. Mari kita camkan sebuah pepatah Tiongkok kuno, “Perjalanan 1000 mil dimulai dari satu langkah”, maka melangkahlah sebagai sebuah tindakan nyata yang akan membawa kita sampai pada tujuan, hingga akhirnya episode hidup kita lanjutkan ke babak berikutnya.


Dalam menjalani kehidupan, ada 3 hal penting yang harus kita perhatikan. Hal pertama, adalah tekad yang kuat untuk aktif menjalani kehidupan. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling mulia, yang memiliki kekayaan mental, kita tak bisa hanya pasrah atau berdiam diri saja dalam menghadapi ujian dan tantangan yang menghadang. Sebaliknya, harus selalu aktif mengeksplorasi segala yang bisa kita lakukan untuk mencari solusi dan berbuat sesuatu untuk merubah keadaan agar menjadi lebih baik. Semangat juang yang tinggi harus kita kobarkan untuk mendobrak segala aral yang merintangi jalan kita.

Hal kedua adalah berusaha menjalani hidup ini dengan ikhlas serta berserah diri pada Yang Maha Kuasa. Sebagai insan beriman, yakini bahwa ada kekuatan di balik setiap keadaan yang dihadapi manusia. Karena itu, setelah berusaha untuk selalu aktif melakukan tindakan, kita sadar bahwa apa pun hasil yang diraih, ada unsur spiritual yang melingkupinya. Sehingga, kesadaran ini akan membuat kita tak kan jadi sombong ketika sukses, dan tidak mudah patah semangat ketika gagal.

Hal ketiga adalah peranan kita dalam hidup. Seperti kita ketahui setiap manusia memiliki peran masing-masing yang saling melengkapi. Hal ini perlu kita sadari sepenuhnya agar selalu memiliki rasa saling empati atau tenggang rasa untuk saling memotivasi dan saling berbagi demi kemajuan bersama.

Dengan memahami ketiga komponen tersebut, apa pun yang sedang kita jalani, kita akan lebih memiliki pikiran terbuka dan jiwa yang lapang. Jadi apapun profesi dan peranan kita, pekerjaan akan di-lakoni dengan penuh kesadaran. 


Dengan memiliki kesadaran tersebut, maka langkah apapun yang kita lakukan pastilah memiliki arti. Setiap detik demi detik waktu yang terlewati, pasti juga memiliki makna tersendiri. Bahkan, seandainya kita tengah gagal dalam menjalankan rencana atau belum tercapainya target yang diharap, kita akan terus menjalani setiap proses kehidupan dengan penuh optimisme. Dengan semua itu maka kita  akan menjalani semua proses hidup ini tanpa beban, langkah demi langkah akan membawa kita mencapai tujuan.


Dengan menjalani hidup penuh rasa syukur, Tanpa kita sadari, kita sudah menjalani berjuta kisah penuh arti yang akan mengantarkan kita menjadi pemenang sejati. Mudah-mudahan kita bisa...

Salam.


Hidup Dengan Penuh Rasa Syukur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment