Tips Melatih Kesabaran

Sahabat Blog Motivasi yang baik,
 

Menjadi pribadi yang penyabar itu memang tidak mudah, tapi bila kita mampu melakukannya itu akan sangat luar biasa menyenangkan. Kita bisa belajar untuk menjadi lebih sabar dengan cara melatihnya secara rutin dan kontinyu agar sifat-sifat penyabar bisa tertanam dalam jiwa dan pikiran kita. Agar mampu lebih sabar dalam menjalani hidup, banyak hal yang harus kita kendalikan.
 

Menjadi seseorang yang memiliki sifat penyabar dibutuhkan tekad yang kuat dalam mewujudkannya. Tidak hanya sabar dalam perkataan tapi yang lebih penting adalah sabar dalam tindakan dan tingkah laku sehari-hari. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa kita latih dan pelajari agar hidup kita lebih baik dari hari ke hari.
 

Berikut Admin share beberapa tips untuk menjadi orang yang penyabar, semoga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan semoga bisa menjadikan kita pribadi yang lebih mapan dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi kerasnya kehidupan.
 

Berusaha Menjadi Pribadi yang lebih Baik
Melatih kesabaran bisa di mulai sejak malam hari sebelum tidur, pagi hari sebelum memulai aktifitas, atau sore hari sepulang dari bekerja. Disetiap moment tersebut, kita bisa mengukur kesabaran kita dari hal-hal yang paling kecil.


Saat malam menjelang tidur kita bisa melatih untuk sabar dalam menerima apa-apa yang kita dapat dan belum kita dapatkan sepanjang hari. Saat pagi sebelum berangkat kerja kita bisa melatih kesabaran dalam mempersiapkan segala sesuatu yang kita perlukan dalam mencari nafkah. Sepulang dari kerja kembali kita dituntut untuk bersabar dalam menerima kenyataan tentang betapa lelahnya perjalanan sepanjang hari ini. semua butuh kesabaran, dan itu hanya kita sendiri yang mampu melakukannya.
 

Bersikap Lebih Rileks
Bersikap lebih rileks bukan bermaksud mengajari Anda untuk bermalas-malasan dalam beraktifitas, tapi lebih kepada melatih kecakapan. Bila Anda terbiasa melakukan segala sesuatu dengan tergesa-gesa dan ingin cepat selesai, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Rilekslah sejenak, fokus pada pekerjaan dan jangan terburu-buru yang akhirnya hanya akan mengacaukan tugas-tugas yang harusnya diselesaikan dengan baik. Dengan bersikap lebih rileks, kita bisa melatih kesabaran dengan cara paling sederhana dan mudah dilakukan.
 

Berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara.
Saat Anda berbicara dengan seseorang, biasakan untuk mengatur irama pembicaraan dan tidak menimbulkan kesan hanya kita yang tahu dan ingin mau menang sendiri. Berpikirlah terlebih dahulu dengan matang apa yang ingin Anda bicarakan agar lawan bicara bisa menerima apa yang ingin kita sampaikan dengan baik.

Mendengarkan terlebih dahulu pembicaraan orang lain lebih baik sebelum memulai menyampaikan gagasan kita. Jangan memotong pembicaraan, jadilah pendengar yang baik, maka Anda akan terlatih menjadi seseorang yang sabar.
 

Biasakan Untuk Memaafkan
Saat Anda merasa disakiti oleh orang lain, tentu akan merasa marah. Untuk melatih kesabaran, buang jauh-jauh kebiasaan memarahi orang lain secara berlebihan. Ingat setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Belajarlah untuk memaafkan dan jangan merasa diri yang paling benar. Orang yang  biasa memaafkan jauh lebih terhormat daripada mereka yang egois dan merasa tak pernah melakukan kesalahan.
 

Lakukan Kegiatan yang Bisa Melatih Keabaran
Banyak kegiatan positif yang bisa kita lakukan untuk melatih kesabaran. Memancing ikan misalnya, sebuah hobi yang patut dicoba dalam melatih kesabaran. Berulang kali kita melempar kail dan selalu gagal dalam mendapatkan seekor ikan adalah hal yang cukup menjengkelkan, namun bila kita terus bersabar dan mencobanya lagi, bisa jadi hasilnya akan memuaskan dan lebih dari yang kita harapkan.


Tentunya masih banyak hal-hal lain yang bisa kita lakukan dalam melatih kesabaran. Semua menguji mental dan daya nalar kita tentang bagaimana menjadi orang sabar. Memang tidak mudah, tapi dengan ketekunan dan sikap mau terus mencoba lambat laun kita akan menjadi terbiasa dan tidak lagi berat dalam melakukannya.


Semoga kita termasuk orang-orang yang penyabar.


Tips Melatih Kesabaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment