Fintech Itu Apa Sih?

Saungmaman.com - Fintech Itu Apa Sih ?

Semakin maraknya perkembangan Peer to Peer Lending Platform, juga Crowdfunding Platform di mana-mana, semakin jelas jika dalam 2 tahun terakhir ini, membuat Fintech atau Financial Technology makin berkembang menjadi sebuah fenomena yang besar, terutama di dunia digital.

Lalu sebenarnya, apa sih Fintech itu? Sebagian orang mungkin sudah ada yang tahu. Namun sebagian lagi masih belum memahami apa itu Fintech.

Mengutip dari National Digital Research Center atau NDRC, Fintech adalah sebuah istilah untuk sebuah inovasi dalam bidang jasa finansial. Fintech sendiri berasal dari gabungan dua kata yaitu  Financial dan Technology, di mana kata tersebut mengacu pada inovasi finansial yang menggunakan sentuhan teknologi.


Konsep Fintech sendiri, memiliki tujuan untuk memudahkan dan membuat segala urusan keuangan menjadi jauh lebih praktis dan mudah dengan inovasi-inovasi yang dikembangkannya.

Selain dianggap menjadi solusi modern di bidang keuangan, kehadiran Fintech juga merupakan tantangan baru buat industri keuangan. Ini dikarenakan layanan fintech banyak menyasar bidang bisnis yang selama ini menjadi lahan bisnis perbankan seperti consumer banking dan pembayaran atau berbagai layanan transaksi.

Sementara di sisi lain, kehadiran Fintech juga dianggap sebagai peluang baru bagi perkembangan bisnis perusahaan-perusahaan di sektor keuangan.

Mau tidak mau atau suka tidak suka, kehadiran Fintech membuat industri keuangan mulai memikirkan kembali model bisnis dan kualitas layanan seperti apakah yang harus dikembangkan.

Dengan kehadiran Fintech, salah satu pilihan logis untuk para pemilik usaha dan juga startup adalah dengan menggandeng perusahaan-perusahaan Fintech untuk bekerjasama demi menangkap peluang yang lebih besar. Terutama dalam hal akses keuangan.

Jadi, dengan kehadiran Fintech, segala macam masalah keuangan dan finansial yang dulunya ribet dan sulit jadi lebih mudah. Dan semoga, dengan segala kemudahan yang ada tidak membuat kita jadi terlena!

Demikian sekilas info mengenai Fintech itu Apa Sih? yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat. 
Fintech Itu Apa Sih?

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: