Mengenal Lebih Dekat Kampung Budaya Sindangbarang Bogor

Saungmaman.com - Mengenal Lebih Dekat Kampung Budaya Sindangbarang Bogor

Kampung Budaya Sindangbarang merupakan sebuah obyek wisata budaya yang terletak di desa Pasir Eurih kecamatan Tamansari kabupaten Bogor Jawa Barat. Jaraknya hanya 5 km ke arah barat dari kota Bogor, yang merupakan salah satu kampung tertua di wilayah Bogor berdasarkan sumber naskah Pantun Bogor dan Babad Pajajaran.

Nama Sindangbarang diperkirakan sudah ada sejak lama yaitu sejak jaman Kerajaan Sunda sekitar abad ke XII. Di wilayah ini dahulunya terdapat suatu kerajaan yang bernama Sindangbarang dengan ibukotanya yang bernama Kutabarang. Menurut cerita rakyat, ditempat ini dulunya merupakan tempat digemblengnya para satria-satria kerajaan. Disini pula awal kebudayaan Sunda Bogor bermula dan bertahan hingga kini, salah satunya berupa Upacara Adat Seren Taun.

Sindangbarang, nama tersebut telah dikenal dan tercatat dalam babad pakuan/pajajaran sebagai salah satu daerah penting kerajaan sunda dan pajajaran. Alasan utamanya adalah karena di Sindangbarang terdapat sebuah keraton kerajaan dimana tinggal salah satu istri Prabu Siliwangi yang bernama Dewi Kentring Manik Mayang Sunda. Sementara itu penguasa Sindangbarang saat itu adalah Surabima Panjiwirajaya atau Amuk Murugul. Disebutkan bahwa Putra Prabu Siliwangi dan Kentring Manik Mayang Sunda yaitu Guru Gantangan, juga lahir dan dibesarkan di Sindangbarang.

Sampai saat ini masih ada aset peninggalan purbakala berupa Taman Sri Bagenda di Sindangbarang, yang berupa taman berbentuk kolam dengan ukuran panjang 15 X 45 meter, serta memiliki 33 buah titik Punden Berundak. 
 
Kampung Budaya Sindangbarang
Kampung Sindangbarang menurut literatur boleh dibilang merupakan kampung tertua di Bogor yang sudah ada sejak jaman kerajaan Sunda. Sampai Saat ini tradisi seni dan budayanya masih terpelihara dengan baik. Di tempat ini terdapat situs purbakala peninggalan jaman Kerajaan Sunda yang bisa lihat saat melewati sawah dan sungai di Sindangbarang. Dilengkapi dengan rumah-rumah tradisional khas Sunda Bogor dan Lumbung padinya yang berjejer indah akan menambah suasana nyaman dan khas pedesaan jaman dahulu. Obyek wisata budaya di Sindangbarang merupakan wisata yang eksotis yang tidak akan ditemui di tempat lain.
Baca juga: Tempat Wisata Outbound Pelita Desa Ciseeng - Bogor
Keberadaan Kampung Budaya Sindang Barang saat ini menjadi rujukan destinasi wisata budaya bagi masyarakat Jawa Barat khususnya dan wisatawan daerah lain pada umumnya karena memiliki keunikan tersendiri. Di tempat ini terdapat banyak area tempat wisata yang bisa dieksplorasi dengan berbagai pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung. Salah satunya adalah adanya lokasi tempat dimana kesenian tradisional menjadi fokus utama yang menjadi perhatian pengelola dalam rangka menjaga kelestariannya.

Untuk melestarikan kesenian tradisional di kampung budaya, maka rutin diselenggarakan pelatihan aneka tari dan gamelan khas Jawa Barat yang diperuntukan bagi pengunjung terutama para kawula muda secara gratis. Anak-anak muda warga sekitar yang telah mahir atau memiliki keahlian di bidang kesenian masing-masing dilibatkan dalam pementasan menyambut tamu yang tentunya akan menambah penghasilan untuk mereka sendiri.

Sementara itu untuk melestarikan situs-situs purbakala, Kampung Budaya Sindang Barang juga bekerja sama dengan FIB UI melakukan berbagai penelitian, dokumentasi dan menyelenggarakan acara seminar mengenai situs peninggalan kerajaan Pajajaran tersebut. Yang tak kalah menarik lagi adalah mengenai cerita rakyat mengenai Sindangbarang ini juga telah dicoba untuk dijadikan buku oleh teman-teman dari FIB UI.

Selain bidang kesenian dan situs purbakala, di obyek wisata budaya ini juga terdapat wahana rumah adat. Kabar baiknya, semua bangunan rumah adat yang terdapat di Kampung Budaya Sindang Barang kini telah selesai direkontruksi dan diperbaharui dengan bimbingan Bapak Anis Djatisunda, yaitu salah seorang Sesepuh Sindang Barang dan Budayawan Jawa Barat. Revitalisasi budaya dan rumah-rumah adat Sunda memang perlu dilakukan agar orang Sunda tidak kehilangan kekayaan budaya leluhur yang sangat dicintainya.
Rumah Adat Sunda
Salah satu keunikan yang bisa kita jumpai di Kampung Budaya Sindang Barang adalah bisa merasakan tinggal bersama kokolot. Dikatakan unik karena dengan merasakan bisa tinggal di kampung budaya maka para tamu akan merasakan suasana kehidupan perkampungan sehari-hari. Para tamu akan tinggal bersama kokolot dan seniman serta bisa menemui ibu-ibu yang sedang menumbuk padi di saung lisung, memasak dengan menggunakan kayu bakar dan hawu (kompor tradisional khas sunda), bisa melihat para petani sedang bercocok tanam, ikut merasakan bagaiman cara menanam padi, belajar kesenian tradisional dll.
Nandur
Adapun segala kegiatan Wisata Budaya di Kampung Budaya Sindang Barang Bogor ini adalah murni dilakukan oleh para kokolot Kampung Budaya. Hal ini dilakukan dalam rangka mencari biaya untuk pemeliharaan aset rumah-rumah adat yang dibangun oleh Pemprov Jawa Barat dan Pemkab Bogor dan tidak untuk tujuan komersil. Adapun dana yang terkumpul dari hasil kunjungan wisatawan diantaranya dipergunakan untuk:

1. Operasional Kampung Budaya, seperti mengganti ongkos perawatan, membayar para pegawai, membayar tagihan listrik, pelatihan kesenian, perbaikan bangunan, mendata situs purbakala dll.
2. Untuk biaya revitalisasi kesenian tradisional Sunda, seperti Seni Gondang, Parebut Se’eng, Kendang Pencak, Seni Reog, Angklung Gubrag, Rampak Gendang, Calung, Jaipong dll.
3. Diperuntukan bagi kegiatan pagelaran Seni Tradisional Adu Jaten Parebut Se’eng atau adu kekuatan merebutkan seeng (penanak nasi), lomba Tutunggulan, untuk biaya Seminar Budaya dan juga untuk Kegiatan Upacara Adat Seren Taun.

Dengan Anda berkunjung ke Kampung Budaya Sindang Barang berarti secara tidak langsung Anda atau para wisatawan lainnya telah ikut berkontribusi dalam membantu memperpanjang usia bangunan-bangunan adat Sunda dan ikut melestarikan kesenian tradisional Sunda khususnya dan kesenian daerah Jawa Barat pada umumnya.

Demikian artikel mengenai Mengenal Lebih Dekat Kampung Budaya Sindangbarang Bogor kali ini, semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber: http://kp-sindangbarang.com/
Advertisement
Mengenal Lebih Dekat Kampung Budaya Sindangbarang Bogor

You Might Also Like:

Buka Komentar
Loading...