Sukses! Blog Saung Maman Kini Menggunakan HTTPS

Saungmaman.com - Sukses! Blog Saung Maman Kini Menggunakan HTTPS

Berawal dari postingan seorang sahabat di blognya yang mengabarkan bahwa kini blogger sudah mendukung penggunaan HTTPS untuk Custom Domain, sayapun segera mencari informasinya untuk mengetahui lebih lanjut tentang kebenaran berita tersebut.

Penelusuran sayapun bermuara pada blog Kompi Ajaib yang memang selama ini selalu menjadi rujukan bagi saya dalam mencari informasi seputar dunia blogging dan segala hal yang berhubungan dengannya. Dan disebuah artikelnya yang bertajuk : Kini Blogger Sudah Mendukung HTTPS Untuk Custom Domain, saya mendapatkan info yang sangat jelas dan mudah dipahami, sehingga saya memberanikan diri untuk mempraktekkan apa yang dipaparkan disana.

HTTPS

Namun sebelumnya saya ingin memberi sedikit gambaran tentang apa itu HTTP dan HTTPS. Info yang saya tuliskan disini adalah informasi yang saya dapatkan dari sebuah blog berdasarkan hasil pencarian di search engine.

Apa itu HTTP dan HTTPS?

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol yang mengatur hubungan komunikasi antara client dan server. Yang menjadi client adalah web browser atau perangkat lain yang dapat mengakses, menerima dan menampilkan konten web.

Pada umumnya sistem komunikasi antara client dan server adalah sebagai berikut: Client melakukan request ke server, kemudian server mengirimkan respon balik terhadap client. Respon yang dimaksud bisa berupa file HTML yang akan ditampilkan di browser atau bisa dalam bentuk data lain yang di-request oleh client. Nah, semua kegiatan tersebut diatur oleh suatu protokol yang disebut HTTP.

Sedangkan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah versi yang lebih aman dari HTTP yang telah mengalami pengembangan lebih lanjut oleh Netscape Communications Corp.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Pada bagian ini kita akan mengulas perbedaan HTTP dan HTTPS dari beberapa aspek, diantaranya:

1. Keamanan data yang dikirimkan
Pada HTTP tidak dapat menjamin sepenuhnya keamanan data yang ditransmisikan antara client dengan server. Sedangkan pada HTTPS dapat menjamin keamanan data yang dikirimkan. Keamanan data yang dimaksud, sedikitnya ada 3 aspek yang ditangani oleh HTTPS, yaitu:

- Autentikasi Server, dengan terdapatnya autentikasi server, pengguna akan merasa yakin sepenuhnya bahwa ia sedang berkomunikasi dengan server yang benar-benar ia tuju.

- Kerahasiaan Data, semua data apapun yang dikirim atau ditransmisikan tidak akan bisa dipahami oleh pihak manapun, karena data-data yang dikirimkan sudah  melalui proses enkripsi sedemikian rupa.

- Integritas Data, semua data yang ditransmisikan tidak dapat diubah oleh pihak manapun, karena akan divalidasi oleh Message Authentication Code (MAC).

2. Port yang digunakan
Dalam melakukan berbagai komunikasi antara client dan server, secara default sistem HTTP menggunakan port 80, berbeda dengan HTTPS yang menggunakan port 443.

3. Kebutuhan SSL
Secara dasar, protokol yang digunakan untuk komunikasi antara client dan server adalah HTTP. Sementara untuk dapat menggunakan protokol HTTPS, kita diharuskan memiliki sertifikat Secure Socket Layers (SSL) SSL adalah sebuah teknologi keamanan yang memungkinkan sistem untuk melakukan enkripsi terhadap data yang akan ditransmisikan antara client dan server. SSL ini memungkinkan kita untuk bisa mengirim informasi penting, semisal nomor kartu kredit dan login credential secara lebih aman.

Sampai disini sobat-sobat sudah paham ya, mengenai apa itu HTTP dan HTTPS? Selanjutnya mari kita kembali ke topik pembahasan mengenai Blog Saung Maman yang kini menggunakan HTTPS.

Setelah membaca, menyimak dan menimbang untung ruginya menggunakan HTTPS untuk blog, maka sayapun memutuskan untuk mempraktekkan apa yang saya dapatkan dari blog Kompi Ajaib. Walaupun dengan sedikit perasaan ragu, saya berusaha fokus pada apa yang harus saya kerjakan. Hal ini penting agar saya tidak melakukan kesalahan yang bisa berakibat buruk pada blog kesayangan ini.
Baca juga: 3 Cara Cerdas Menjaga Trafik Blog Agar Stabil

Dan syukurlah, setelah dengan penuh kehati-hatian dan konsentrasi full, mengikuti step by step apa yang dituturkan oleh Kang Adhy, akhirnya blog Saung Maman berhasil menggunakan HTTPS dengan logo gembok berwarna hijau pada pada address bar seperti tampak di pojok kiri atas, walaupun masih belum sempurna 100% karena saya tidak melakukan sepenuhnya apa yang disarankan di blognya Kang Adhy.

Nah, sayangnya, diisini saya tidak akan membahas bagaimana cara merubah HTTP menjadi HTTPS tersebut, berhubung ilmu saya masih sangat minim untuk berbagi tentang hal ini. Namun bagi para sobat yang ingin mencoba melakukan apa yang telah saya praktekan, saya sarankan untuk mengunjungi langsung artikel yang membahas tentang hal ini secara lengkap, yaitu di blog Kompi Ajaib milik Kang Adhy Suryadi melalui tautan ini.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Sukses! Blog Saung Maman Kini Menggunakan HTTPS yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini, semoga pengalaman ini bisa bermanfaat buat yang membutuhkan.

Pesan saya, lakukan cara merubah HTTP menjadi HTTPS ini dengan hati-hati dan jangan lupa berdoa sebelum memulai sesuatu.
Advertisement
Sukses! Blog Saung Maman Kini Menggunakan HTTPS

You Might Also Like:

Buka Komentar
Loading...