Jenis-jenis Cat Lantai

Saungmaman.com - Jenis-jenis Cat Lantai

Salah satu cara membuat lantai kita menjadi lebih rapi, indah serta bersih adalah menggunakan cat khusus untuk lantai. Cat  ini sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan lantai kita dari kotoran-kotoran yang bisa saja menempel. Ada banyak sekali jenis cat khusus seperti Epoxy lantai yang digunakan khusus untuk lantai.
Dalam pemilihan jenis-jenis cat tersebut harus kita sesuaikan bahan pada lantai yang akan kita beri lapisan cat. Karena jika tidak cocok maka akan menimbulkan cat tidak bisa menempel secara sempurna pada lantai kita. Jika cocok maka cat lantai ini dapat bekerja secara maksimal melindungi lantai perusahaan kita atau juga lantai gudang serta pabrik.
Aneka Jenis Cat Lantai
Jika kita telah memutuskan untuk menggunakan jasa Epoxy lantai, maka kita harus paham dengan baik jenis-jenis cat yang akan digunakan. Ini bertujuan agar kita lebih mudah dalam menemukan cat yang cocok bagi lantai kita dan pekerjaan mengecat lantai akan lebih cepat selesai. Cat-cat tersebut dibedakan berdasarkan model penerapan, bahan dan juga tingkat ketebalan cat saat sudah diaplikasikan pada lantai.
Namun yang perlu diperhatikan adalah cat lantai yang dibedakan berdasarkan dengan bahannya. Karena jenis berdasarkan bahan ini sangat penting untuk kita pahami. Setiap bahan tersebut memiliki karakteristik khusus. Dan pada lantai dengan bahan khusus juga. Berikut ini beberapa jenis cat tersebut :
1.      Mengandung pelarut solvent dan mengandung air
Cat ini biasanya sangat mudah kita temukan pada toko-toko cat biasa. Jenis cat-cat ini sangat sering digunakan oleh para kontraktor untuk digunakan pada bangunan-bangunan yang baru saja dibangun. Kedua jenis cat ini dinilai paling mudah diaplikasikan pada lantai. Bahkan orang-orang biasa saja bisa menggunakan cat yang mengandung pelarut ini.
Penyebab cat ini sangat mudah digunakan oleh orang-orang adalah karena memiliki tingkat kekentalan yang sangat rendah sehingga lebih encer dari jenis cat yang lain. Namun yang menjadi masalah adalah untuk mencapai kekeringan yang maksimal membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk itu para kontraktor akan menggunakan alat bantu agar proses pengeringan menjadi lebih cepat.

Epoxy Lantai
2.      Mengandung 100% padatan
Untuk jenis selanjutnya adalah cat lantai dengan solid content 100%. Jenis ini banyak dinilai para pengguna merupakan salah satu cat yang paling sulit diaplikasikan dari pada jenis lainnya. Karakternya juga sangat jauh dengan jenis pelarut air atau. Namun kelebihan dari jenis ini adalah memiliki kandungan 100% padatan yang sangat baik bagi lantai kita.
Dampaknya harga yang ditawarkan juga cukup tinggi sehingga harus digunakan pada lantai-lantai khusus agar lebih berkualitas. Dengan memilih jasa Epoxy lantai jenis cat ini maka kita bisa mengecat dengan hasil yang lebih tebal dan awet. Dengan permukaan hasil cat yang tebal maka akan membuat lantai lebih kuat dari biasanya.
Dan lebih tahan terhadap beban-beban yang beresiko merusaknya. Walaupun termasuk jenis cat yang mahal dan sulit diaplikasikan, jenis ini merupakan salah satu jenis cat paling populer.
Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan cat lantai ini. Lantai yang diberi lapisan Epoxy akan lebih kuat dan tahan lama. Bahkan kita bisa juga memilih seberapa tebal rencana cat yang akan kita aplikasikan pada lantai.
Dengan pemberian lapisan Epoxy pada lantai maka ia akan lebih mudah dirawat walaupun terkena banyak kotoran. Bahkan lantai pabrik atau perusahaan kita akan lebih kebal terhadap bahan kimia yang bisa saja tumpah.

Advertisement
Jenis-jenis Cat Lantai

You Might Also Like:

Buka Komentar