Berlari Mengejar Mimpi

Saungmaman.com - Berlari Mengejar Mimpi

Keinginan yang begitu besar untuk mewujudkan sebuah impian, tentu tidaklah mudah. Ibarat kata, semakin kencang kita berlari mengejar mimpi, semakin jauh pula mimpi itu pergi meninggalkan kita.

Begitu banyak hal yang bisa merintangi langkah dan menjadi penghalang dalam meraih sebuah mimpi, baik rintangan yang berasal dari dalam maupun yang datangnya dari luar.

Mari kita bahas satu persatu, 2 jenis rintangan terbesar yang bisa menghalangi kesuksesan seseorang, dilihat dari asal pencetus kegagalan:

1. Rintangan dari dalam diri sendiri

Rintangan dari dalam diri sendiri biasanya berupa kurangnya motivasi atau dorongan untuk mewujudkan sebuah keinginan. Banyak orang yang memiliki begitu banyak impian atau cita-cita, namun sedikit sekali orang yang benar-benar berusaha mewujudkannya.


Bila kita mempunyai suatu keinginan yang besar tentang hal apapun, maka sebaiknya dibarengi dengan niat dan tekad yang kuat untuk mencapainya. Percuma saja punya keinginan, tapi tidak ada tindakan atau usaha nyata yang dilakukan, ini sama saja dengan berdoa terus-menerus namun tanpa melakukan usaha apapun, tentu akan sia-sia.

Idealnya, setiap satu keinginan dibarengi dengan suatu usaha yang dilakukan semaksimal mungkin, agar keinginan tersebut bisa benar-benar diwujudkan.

2. Rintangan dari luar

Sementara rintangan yang datangnya dari luar, cenderung bersifat kondisional. Ada banyak faktor atau keadaan yang seringkali datang mengganggu dan tidak bisa diajak kompromi. Hal semacam ini seringkali membuat seseorang down atau kehilangan semangat juang.

Pengaruh negatif dari luar sedikit banyak bisa mengubah kondisi kejiwaan seseorang menjadi labil dan kehilangan kepercayaan dirinya. Adanya gangguan yang seringkali datang secara tiba-tiba, bisa menjatuhkan mental seseorang ke titik terendah.

Lalu apa yang harus dilakukan agar setiap rintangan yang datang bisa di lewati?

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam menangkal setiap rintangan yang hendak menghalangi kesuksesan kita:

1. Miliki tekad yang kuat untuk maju

Yang pertamakali harus kita miliki adalah tekad yang kuat. Tanamkan dalam diri untuk selalu memiliki tekad atau kemauan yang kuat untuk maju. Tekad ibarat senjata yang akan membantu dan melindungi kita di medan peperangan.

2. Rela berkorban

Siap berkorban jiwa dan raga dalam mewujudkan apa yang menjadi keinginan terbesar dalam hidup kita. Dalam memperjuangkan cita-cita, pengorbanan mutlak diperlukan. Bukan hanya dari segi materi, namun juga kesiapan mental untuk siap menerima resiko terburuk ketika apa yang kita perjuangkan mengalami kegagalan. Gagal itu biasa, yang luar biasa adalah mampu kembali bangkit setiap kali kita mengalami kegagalan.

3. Pantang menyerah

Kata menyerah tidak ada dalam kamus orang-orang yang sukses, selalu berusaha dengan berbagai cara agar impian bisa terwujud. Jangan menyerah, karena bisa jadi ketika Anda menyerah, sebenarnya kesuksesan sudah sangat dekat berada di depan Anda.

4. Mau terus belajar dan berusaha memperbaiki diri

Mental seorang pejuang sejati adalah mereka yang mau terus belajar dan berusaha memperbaiki diri. Tidak mudah puas atas pencapaian yang telah diraih, namun terus berusaha meningkatkan prestasi agar menjadi lebih baik lagi.
Baca juga: Belajar Memahami Konsep LAP (Learn-Action-Profit)
5. Mau menerima kritik yang sifatnya membangun

Ada ungkapan 'di atas langit ada langit', di atas orang pintar masih ada orang yang lebih pintar. Orang yang tidak mau menerima masukan atau kritikan dari orang lain, tidak bisa menjadikannya seorang yang sukses. Sukses butuh orang lain, tanpa kehadiran orang-orang disekitar yang siap memberi masukan, seseorang tidak bisa menjadi apa-apa.

Demikian postingan Saung Maman bertajuk Berlari Mengejar Mimpi kali ini, semoga artikel ini bermanfaat.


Advertisement
Berlari Mengejar Mimpi

You Might Also Like:

Buka Komentar
Loading...