Terimakasih Sahabat, Telah Membuatku Makin Dewasa

Saungmaman.com - Terimakasih Sahabat, Telah Membuatku Makin Dewasa

Persahabatan bisa membuat seseorang tumbuh makin dewasa, matang dalam bertindak, bijak dalam bersikap dan cakap dalam bertutur kata. Namun memang, tak bisa dipungkiri selalu saja ada sisi negatif ketika sebuah persahabatan mulai berubah haluan dan bergeser dari niat awal.

Ini yang perlu dihindari, biarlah persahabatan murni adanya, jangan di susupi dengan hal-hal lain yang justru akan merusak nilai-nilai persahabatan itu sendiri.

Membina persahabatan hendaknya di dasari oleh niat tulus untuk menjalin silaturahmi, tidak lebih dari itu. Karena bila terlalu jauh melangkah, akibat yang ditimbulkannya bisa jadi akan terasa sangat menyakitkan.
Baca juga: Nostalgia Aki dan Nini Mengenang Masa Kecil
Ketika konflik mulai timbul, maka akan ada gesekan yang seharusnya tidak perlu terjadi. Kesalahpahaman, sikap saling berprasangka yang berlebihan, saling mencurigai satu sama lain, adalah sedikit dari sekian banyak riak yang biasanya terjadi pada mereka yang menjalin persahabatan jarak jauh atau via media sosial.

Saling menjaga privasi, saling memberi motivasi dan menghargai perbedaan, adalah nilai-nilai yang harus dipegang teguh bila ingin persahabatan berlangsung dalam waktu lama. Sebaliknya, egoisme dan sikap ingin menang sendiri, harus dibuang jauh-jauh. Bila tidak, maka yang ada hanya penumpukan rasa kecewa yang akan merugikan nilai-nilai persahabatan itu sendiri.

Foto: FB Lenny Nurliah 

Ada hal penting yang perlu di garisbawahi, bahwa persahabatan menuntut kedua belah pihak untuk saling menjaga, saling mengingatkan dan saling mengoreksi bila ada hal yang dianggap tidak beres. Sikap saling diam tanpa penjelasan yang memadai, tentu bukan pilihan tepat.

Komunikasi itu penting, dan mutlak diperlukan. Tanpanya, jangan berharap ada kesinambungan yang terus berjalan. Persahabatan akan macet, tidak ada kejelasan dan keduanya berada dalam bayang-bayang kekecewaan.

Beruntung sekali, penulis memiliki sahabat-sahabat yang mampu memberi inspirasi, selalu memotivasi dan membangun kepercayaan diri. Hal yang sangat saya syukuri sebagai anugerah Illahi yang tiada terperi.

Riak-riak kecil yang mungkin timbul dalam persahabatan, itu biasa terjadi. Jangan terpengaruh emosi, jagalah hati agar selalu dalam kondisi yang terkendali. Kita semua tentu ingin, persahabatan yang terjalin akan kekal abadi selama-lamanya.

Akhir kata, penulis ingin mengutip ungkapan dari salah seorang sahabat terbaik:

"Terimakasih sudah menjadi bagian dari keluh kesahku dulu.. Tanpa kalian, kayaknya aku gak akan bisa tertawa..."

Persahabatan itu indah, semoga akan selamanya indah.

"Terimakasih untuk sahabat-sahabat masa kecilku, tanpa kalian, belum tentu aku bisa ceria seperti sekarang ini..."

Special post for: Hera Lukita Handayani, Eli Nurlaeli, Sophia Dasuki,  & Lenny Nurliah
Advertisement
Terimakasih Sahabat, Telah Membuatku Makin Dewasa

You Might Also Like:

Buka Komentar