Mengenal 10 Tanaman Obat Herbal dan Khasiatnya

Saungmaman.com - Mengenal 10 Tanaman Obat Herbal dan Khasiatnya

Tanaman obat herbal yang berada di Indonesia jumlahnya ratusan bahkan ribuan, dan memiliki manfaat yang berbeda-beda. Baik itu untuk menyembuhkan penyakit, maupun menambah kekebalan tubuh kita.

Pada kesempatan ini Saung Maman ingin betbagi mengenai sebagian dari sekian banyaknya jenis tumbuhan obat herbal yang berada di sekeliling kita.

Berikut beberapa daftar nama tanaman obat herbal dan khasiatnya, yang disaring dari berbagai sumber: 

1. Tanaman Kumis Kucing ( ORTHOSIPHON ARISTATUS )
Tumbuhan ini mudah sekali ditemukan disekitar kita dan paling banyak tumbuh liar diladang atau kebun belakang rumah.
Manfaat tanaman kumis kucing diantaranya dapat mengobati infeksi kandung kemih, infeksi saluran kencing, kencing batu, bengkak kandung kemih, encok, dan keputihan.


2. Ciplukan (PHYSALIS ANGULATA)
Tanaman ciplukan atau kopok-kopokan, ceplukan, cecenet, ini memiliki tinggi sekitar 40 – 50 cm. Berdaun tunggal dan berwarna hijau serta berbentuk membulat seperti telur. Manfaat untuk pengobatan diantaranya dapat mengobati bisul, diabetes mellitus, batuk rejan, sakit tenggorokan, dan gondongan.


3. Tanaman Bakung (CRINUM ASIATICUM)
Berdasarkan nama daerah, tanaman bakung biasa di sebut fete-fete, semur, dausa dan lainnya. Ciri utamanya tinggi 2 m, memiliki daun tunggal, bagian ujung meruncing sedangkan pangkal daun menumpul. Tanaman ini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit antara lain penutup luka dan peluruh keringat.


4. Daun Jintan (COLEUS AMBOINICUS)
Daun Jinten atau Ajiran, Kutu Etu, daun Kambing dan lainnya. Jenis tanaman herbal ini menjalar berdaun hijau muda dan berdaging. Adapun manfaat untuk obat herbal dapat menyembuhkan penyakit diantaranya : sakit gigi, obat sariawan, mengatasi perut mulas, dan obat batuk alami.


5. Daun Katuk (SAUROPUS ANDROGYNUS)
Daun katuk biasa juga dinamai cengkok manis, karekur, dan simani. Biasanya tumbuh dari 3 – 5 m dan berdaun majemuk. Tanaman ini umumnya dijadikan sebagai sayuran. Adapun khasiat dan manfaatnya antara lain untuk melancarkan ASI, bisul, obat demam, dan borok.


6. Daun Meniran (PHYLLANTHUS NIRURI)
Daun meniran ini banyak ditemukan pada lokasi bebatuan, dapat tumbuh sampai tinggi 50 cm. Berdaun majemuk berwara hijau tua, tepi daun rata dengan panjang kira-kira 1,5 cm, lebar 7 mm dan bentuknya memanjang.
Biasanya dimanfaatkan untuk obat penyakit kuning, demam, malaria, epilepsi, melancarkan air seni, dan menambah nafsu makan.


7. Daun Nilam (Pogostemon Cablin)
Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga 2 meter, memiliki jenis daun tunggal dan berbentuk bulat. Permukaan atas daun hijau dan berbulu, sedangkan bagian bawah hijau keunguan. Tulang daun tanaman menyirip panjang. Khasiat untuk pengobatan herbal biasanya dimanfaatkan untuk menghilangkan bau keringat dan disentri.


8. Tanaman Pecut Kuda (Stachytarpheta Jamaicensis)
Nama lain tanaman ini antara lain sekar laru, jarong, karu menar, dan biron. Tanaman ini dapat tumbuh sampai 50 cm. Khasiat dan manfaatnya digunakan untuk obat kencing batu, sakit tenggorokan, reumatik, dan sebagai obat hepatitis A.


9. Daun Seribu (Achillea Millefolium)
Tumbuhan ini tidak bertulang, tingginya kira-kira hanya 45 cm saja, daun majemuk berbentuk bulat dengan bunga yang juga majemuk. Biasanya dimanfaatkan untuk obat sakit perut, penyembuh luka, menghilangkan nyeri haid/menstruasi, dan menghentikan pendarahan.


10. Daun Selasih (OCIMUM BASILICUM)
Nama daerah tanaman herbal ini dikenal sebutan solanis dan telasih. Memiliki daun tunggal, berbentuk bulat dan berwarna hijau tua.
khasiat dan manfaatnya digunakan sebagai obat sakit kepala, obat demam, peluruh ASI, mengobati sakit saat haid, obat rematik, nyeri lambung, dan gangguan pencernaan.


Demikian artikel Saung Maman bertema info kesehatan yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat. 
Advertisement
Mengenal 10 Tanaman Obat Herbal dan Khasiatnya

You Might Also Like:

Buka Komentar