Tips Memilih Web Hosting Terbaik

Saung Maman - Tips Memilih Web Hosting Terbaik

Bagi seorang blogger, memilih layanan web hosting yang mampu memenuhi segala kebutuhan akan aktivitas bloggingnya adalah suatu hal yang tidak bisa dianggap sepele. Kesalahan dalam memilih jasa penyedia layanan tulis-menulis via platform blog tersebut bisa berdampak buruk pada kinerja blog/website dalam jangka panjang.

Sebelumnya mari kita perjelas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Web hosting.

Pengertian Web Hosting

Menurut Wikipedia, layanan web hosting adalah merupakan jasa layanan internet yang secara spesifik khusus menyediakan sumber daya server-server guna disewakan kepada para pemilik website, sehingga memungkinkan sebuah organisasi atau individu menempatkan beragam data atau informasi di internet dalam format HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.


Bisa diibaratkan, jika website adalah sebuah bangunan, maka yang dimaksud dengan hosting adalah sepetak tanah, sedangkan domain adalah berupa alamat dari sepetak tanah tersebut.

Dalam sebuah hosting bisa terdiri dari sebuah server atau gabungan dari beberapa server yang senantiasa terhubung dengan jaringan internet dengan kecepatan tinggi.
Baca juga:
Penyebab Blog Lemot dan Cara Mengatasinya
Jenis Layanan Hosting

Dalam istilah internet, ada banyak jenis layanan hosting yang dikenal saat ini, bagi orang awam, nama-nama beberapa jenis layanan ini mungkin masih terdengar asing. Untuk itu mari kita bahas satu persatu:

1. Hosting berbagi (Shared Hosting), adalah layanan hosting web bersama mengacu pada layanan web hosting di mana banyak situs web berada di satu server web yang terhubung ke Internet. Ini umumnya merupakan opsi paling ekonomis untuk hosting, karena biaya keseluruhan pemeliharaan server diamortisasi melalui banyak pelanggan.

2. Hosting dedikasi (Dedicated Hosting), adalah layanan hosting khusus, atau layanan hosting terkelola yaitu jenis hosting Internet di mana klien menyewakan seluruh server yang tidak dibagikan dengan orang lain.

3. VPS (Virtual Private Server) adalah teknologi server dengan sistem operasi dan perangkat lunak yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar dibagi ke beberapa virtual mesin. Tiap virtual pada mesin ini bertugas melayani berbagai sistem operasi dan perangkat lunak lainnya, secara mandiri dan dengan kemampuan mengkonfigurasi yang cepat.

4. Server kolokasi (Colocation Server). adalah jenis pusat data tempat peralatan, ruang, dan bandwidth untuk disewakan kepada pelanggan ritel. Fasilitas colocation menyediakan ruang, daya, pendinginan, dan keamanan fisik untuk server, penyimpanan, dan peralatan jaringan dari perusahaan lain dan menghubungkannya ke berbagai penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan dengan biaya dan kerumitan minimum.

Tips Memilih Web Hosting Terbaik

Web hosting terbaik banyak dicari oleh para blogger dan internet marketer terutama bagi mereka yang sedang serius menggeluti bisnis online. Dengan menggunakan hosting yang berkualitas, diharapkan tidak akan mengalami apa yang disebut downtime yang berujung pada larinya trafik. Bisa juga dibilang uptime dari web hosting terbaik seyogyanya bisa mencapai nilai 100% atau 99,9%.

Saat ini banyak penyedia layanan hosting yang mengklaim bahwa tempat mereka adalah merupakan hosting terbaik. Sebagai konsumen, kita seharusnya tidak mudah percaya begitu saja terhadap apa yang disampaikan oleh perusahaan yang menyatakan dirinya sebagai tempat layanan web hosting terbaik.


Dalam memilih web hosting terbaik (dalam hal ini untuk platform WordPress) yang sesuai dengan kebutuhan, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu beberapa hal penting yang berkenaan dengan pelayanan.

Pelayanan yang cepat, mudah dan bantuan teknisi yang fast respon yang dipercaya oleh ribuan developer di seluruh Indonesia, sudah menjadi syarat mutlak bagi web hosting yang ingin dipercaya oleh para pelanggannya.

Penting dimiliki Penyedia Web Hosting

Hal-hal penting yang harus dimiliki oleh penyedia layanan web hosting diantaranya:

  1. Kemudahan saat instalasi. Pastikan Anda mempercayakan urusan instalasi hosting website kepada mereka yang benar-benar ahli dibidangnya. Kalaupun harus menginstal sendiri, pilih layanan yang bisa menginstal hanya dalam satu klik. 
  2. Pratinjau dan pengujian. Sebelum masuk proses produksi, apakah layanan bisa melakukan pratinjau dan pengujian di sanbox? 
  3. Saat Anda mengelola website, tentu menginginkan kemudahan bukan? Maka dari itu pilih layanan yang mampu melakukan proses clone, sinkronisasi, auto dan manual update, migrasi dan mengatur segala masalah yang begitu kompleks hanya dengan satu klik. 
  4. Gunakan web server tercepat di dunia. Demi kelancaran aktivitas blogging, jangan anggap sepele urusan kecepatan, karena ini merupakan "nadinya" sebuah website. Pilih web hosting yang memiliki LiteSpeed serta dilengkapi dengan plug-in WordPress Accelerator.

Dimana Memilih Web Hosting Terbaik?

Lalu, dimana semua kelebihan itu bisa didapatkan? Jawabannya adalah di Niagahoster.

Niagahoster adalah pilihan paling tepat untuk mengelola website Anda sendiri, yang selalu berusaha menghadirkan paket web hosting terbaik yang diperuntukkan bagi siapa saja. Tidak hanya sebatas kaum profesional, tapi pengguna awam pun dapat menggunakan layanan ini dengan mudah.

Ada beberapa pilihan paket yang bisa Anda pilih sesuai budget yang ada, diantaranya: 
  • Paket Bayi - Cocok untuk pemula atau buat yang baru belajar membuat blog/website
  • Paket pelajar - Sangat sesuai bagi para pelajar, blog landing page atau bagi blogger yang memiliki budget minim
  • Paket personal - Cocok untuk Web bisnis, UKM, organisasi, komunitas dan toko online
  • Paket bisnis - Sangat sesuai untuk Web bisnis, portal berita, toko online, dll. 
Datacenter Terbaik untuk Layanan Hosting IIX Terbaik

Untuk data center, Niagahoster menggunakan DCI Indonesia yang sudah terbukti handal dan mumpuni dalam menangani masalah hosting di tanah air. Untuk hal ini merupakan kebanggaan yang menjadi motivasi perusahaan untuk memberikan layanan hosting terbaik bagi seluruh pelanggan.



Niagahoster bangga memilih DCI Indonesia sebagai data center layanan hosting Indonesia, sebuah Green Data Center Tier-4 yang canggih dan modern di pusat Industri utama Jakarta - Indonesia. DCI merupakan data center bersertifikasi Tier-4 yang berstandar Internasional & merupakan bagian dari Equinix penyedia data center terbaik di Dunia yang berkualitas tinggi dan handal dengan jaminan uptime 99.999%. DCI Indonesia adalah pilihan infrastruktur data center web hosting iix terbaik untuk mendukung kelangsungan bisnis dan website Anda 24/7.

Semua merupakan layanan hosting terbaik Indonesia yang didedikasikan khusus untuk Anda.

Referensi: Niagahoster, Wikipedia
Feature Image: Canva
Advertisement
Tips Memilih Web Hosting Terbaik

You Might Also Like:

Buka Komentar