Kecanduan Gadget, Berbahayakah?

Saungmaman.com - Kecanduan Gadget, Berbahayakah? 

Di zaman sekarang dimana teknologi internet sudah sangat begitu menguasai semua kalangan, keberadaan perangkat komunikasi berbentuk smartphone atau gadget memang sudah sangat melekat dalam keseharian. Lihat saja buktinya, dimanapun orang berada pasti memegang handphone. Mau tidur mainin hp,  bangun tidur,  hp yang pertama kali dicari. Mau makan foto dulu makanannya pake hp trus di unggah ke medsos, dan seterusnya.

Ketahui manfaat gadget

Jaman memang sudah sangat jauh berubah. Kalau dulu orang menggunakan handphone hanya sebatas buat berkomunikasi, lain zaman sekarang sudah lebih banyak ragam manfaat perangkat yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan alat yang namanya gadget/smartphone.
Baca juga: Bijak Bersosial Media 
Kita semua tentu paham betul apa kegunaan atau fungsi  utama gadget yaitu sebagai sebuah alat komunikasi. Maka gunakanlah sebagaimana mestinya.

Hindari kecanduan gadget

Kalau penggunaannya masih dalam tahap yang wajar sih tidak apa-apa, tapi kalau sampai menyebabkan kecanduan, ini harus segera diwaspadai agar tidak menjadi lebih buruk.

Cobalah untuk sedikit saja mengurangi kebiasaan bermain gadget untuk waktu waktu tertentu, bila sobat mampu melakukannya, selamat, itu pertanda kalau sobat belum terkena penyakit kecanduan. Tapi bila tidak, sobat harus berhati-hati karena gejala awal ketergantungan gadget harus segera diatasi sebelum dampaknya semakin parah.


Berdasarkan pengalaman admin selama ini, ternyata mampu koq melakukan eksperimen ini. Cobalah tiru, setiap hari Sabtu atau Minggu jangan menggunakan hp. Berikan hp pada istri atau anak bagi yang sudah berkeluarga, atau cukup simpan dalam lemari bagi mereka yang masih jomblo.

Kuasai kemampuan menahan diri

Lupakan bersenang-senang dengan hp untuk sementara waktu, alihkan pada hal lain yang jauh lebih bermanfaat. Yakinlah dengan tekad yang kuat sobat pasti bisa melakukannya.

Terlalu bergantung pada alat yang satu ini bisa berakibat buruk bagi si pelaku terutama dalam hal hubungan sosial. Bayangkan, karena terlalu asyik bersosial media menggunakan hp, lalu melupakan orang-orang terdekat yang seharusnya mendapatkan perhatian.

Sudah banyak kisah bubarnya sebuah tatanan keluarga karena menjadi korban dari sisi negatif penggunaan perangkat selular ini. Ini perlu kita hindari agar perubahan-perubahan prilaku yang kurang baik akibat ketergantungan terhadap alat komunikasi bernama handphone ini bisa diminimalisir.

Lakukan uji coba

Untuk bisa melakukan hal tersebut, cobalah sobat melakukan sebuah percobaan: Sehari saja tanpa gadget, apakah sobat mampu? Hal ini perlu kita lakukan, agar kemampuan mengendalikan keinginan menggunakan hp bisa kita kuasai.

Memang tidak ada halangan bagi siapapun untuk bersenang-senang dengan menggunakan gadget atau smartphone, tapi kembali lagi kepada tujuan penggunaan alat itu sendiri sebagai alat komunikasi, maka sudah seharusnya kita membatasi diri agar tidak terlalu jauh melenceng dari maksud penggunaan alat komunikasi tersebut.

Pertanyaannya kemudian adalah, apakah kecanduan gadget atau smartphone itu berbahaya? Jawabannya ada pada diri kita masing-masing.
Advertisement
Kecanduan Gadget, Berbahayakah?

You Might Also Like: