Cara Menyikapi Perubahan dengan Bijak

Saungmaman.com - Cara Menyikapi Perubahan dengan Biak

Banyak orang bilang, zaman sudah berubah. Perubahan meliputi banyak hal yang mempengaruhi pola pikir serta gaya hidup seseorang. Ada orang yang siap menghadapi perubahan, namun banyak juga yang tidak mampu mengadopsinya dengan baik sehingga menimbulkan banyak ekses negatif dalam kehidupan.

Sebagai makhluk sosial yang sangat bergantung pada hubungan dengan orang-orang disekitar kita, maka perubahan sekecil apapun harus kita sikapi dengan baik. Sejatinya, setiap perubahan membuat kta lebih bijak dalam menyikapi setiap kejadian.

Kita tidak bisa hidup tanpa mengikuti perubahan yang ada disekitar kita. Karena bila hanya mengikuti cara yang kita sendiri yakini tanpa mau mendengar apa pendapat orang lain, maka kita akan ditinggalkan.

Perubahan terkadang membuat kita seperti dalam dilema, galau, diikuti salah, tidak diikuti lebih salah lagi. Kalau sudah begini, apa yang harus kita lakukan?

Mengikuti perubahan bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan belajar memahami lalu memutuskan. Pahami perubahan yang ada, pelajari sisi baik dan buruknya, tumbuhkan keyakinan dalam diri apakah perubahan tersebut memberi dampak baik bagi kehidupan kita atau malah sebaliknya.

Perubahan

Dengan memahami, kita bisa mengambil keputusan terbaik, mengikuti perubahan atau meninggalkannya.
Baca juga: Sinkronisasi Perkataan dan Tindakan
Baik dan buruk suatu perubahan bisa kita lihat dari dampak yang ditimbulkannya. Sebagai contoh, berinteraksi lewat media sosial itu baik atau buruk? Kita bisa menilainya dari rentetan kejadian yang bisa kita lihat di berbagai berita lini masa. Bila sekiranya lebih banyak sisi negatif yang ditimbulkannya, sebaiknya kita berpikir ulang untuk mengikuti perubahan lewat media sosial.

Apapun, keputusan tetap ada ditangan kita. Ada banyak orang yang bisa mengatasi dampak negatif suatu perubahan, maka kita bisa mencontoh hal hal apa saja yang dilakukannya supaya kita bisa meniru atau menduplikasikannya buat diri sendiri dan orang lain.

Notes: Artikel ini pernah saya tulis di Kompasiana beberapa waktu yang lalu, sewaktu masih aktif di sana.

Advertisement
Cara Menyikapi Perubahan dengan Bijak

You Might Also Like: