Mau Kredit HP untuk Lebaran? Simak 5 Tips Anti Ruginya!

Saungmaman.com - Mau Kredit HP untuk Lebaran? Simak 5 Tips Anti Ruginya!

Meningkatnya kebiasaan belanja masyarakat Indonesia ketika Ramadan memang kerap terjadi setiap tahunnya. Hal ini disebabkan karena faktor tradisi dan kebiasaan yang muncul di bulan suci ini. Selain itu, banyak orang yang mempunyai kecenderungan untuk membeli barang baru menjelang Lebaran. Semua serba baru, tak terkecuali untuk smartphone. Hal ini terbukti dari hasil riset Google yang mengatakan bahwa gadget dan telekomunikasi merupakan salah satu kategori yang paling banyak ditelusuri masyarakat saat Ramadan dan jelang Lebaran.

Penelusuran kata kunci tersebut biasanya memuncak dalam periode pembagian Tunjangan Hari Raya (THR). Pada saat itu, buying power masyarakat Indonesia relatif tinggi. Membeli smartphone menjelang Lebaran memang cenderung lebih menguntungkan, karena banyak produsen smartphone yang memberikan promo khusus berupa potongan harga atau cashback dalam jumlah yang besar

Smartphones
Smartphones

Apabila kamu salah satu orang yang mau memiliki smartphone baru untuk menyambut Lebaran, ternyata ada cara lain tanpa harus menyentuh gaji bulanan dan THR-mu, yaitu dengan kredit hp online melalui perusahaan pemberi kredit, baik bank dengan kartu kreditnya, atau perusahaan multi finansial dengan kredit tanpa kartu kredit. Salah satu perusahaan yang memungkinkanmu untuk kredit hp online tanpa kartu kredit adalah https://www.kredivo.com/. Namun sebelum kredit hp online, sebaiknya kamu ketahui dulu tips berikut ini supaya jauh dari kata rugi.

Pilih fasilitas kredit yang sesuai

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih fasilitas kredit yang akan kamu gunakan. Kamu bisa memilih untuk mencicil dengan kartu kredit konvensional atau kredit online. Apabila kamu belum memiliki keduanya, tentu kamu harus mengajukan kreditmu terlebih dahulu.

Umumnya dalam pengajuan kartu kredit, kamu akan diminta untuk mengisi banyak form, dan pihak bank akan melakukan proses survei dengan menelepon atau mendatangi tempat tinggalmu. Prosesnya pun memakan waktu berbulan-bulan.

Sedangkan kredit online seperti Kredivo, semua proses pengajuan dilakukan secara online. Kamu cukup mengunduh aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, mengikuti instruksinya, dan pihak Kredivo akan memproses persetujuan pengajuanmu dalam watu maksimal 1 x 24 jam. Bagi kamu yang membutuhkan kredit hp online dalam waktu cepat, maka Kredivo bisa jadi pilihan yang lebih tepat.

Pastikan membeli dengan penawaran terbaik

Membandingkan harga barang di sejumlah toko penting dilakukan untuk mendapat harga terbaik. Malas membandingkan harga bisa membuat kamu terjerumus dan menyesal karena membeli barang yang terlampau mahal. Alhasil, uangmu pun habis untuk barang yang seharusnya bisa didapatkan dengan lebih murah. Begitu juga untuk sebuah smartphone. Setelah memilih smartphone dengan spesifikasi dan harga yang sesuai bujetmu, jangan lupa untuk membandingkan harga produk tersebut di berbagai tempat.
Baca juga: Gadget Terbaik Pilihan Keluarga
Apalagi di zaman serba canggih ini, kamu bisa mengecek segala hal melalui internet, salah satunya melalui situs pembanding harga e-commerce seperti Priceza, Telunjuk, atau Pricebook. Kamu gak usah repot-repot membuka berbagai situs sekaligus saat mau kredit hp online, tinggal ketik merek smartphone yang mau dibeli, dan situs tersebut akan menunjukkan perbandingan harga dari berbagai situs e-commerce, kemudian kamu tinggal memilih barang dengan harga dan penawaran terbaik.

Sesuaikan tenor cicilan dengan kemampuan

Tenor adalah jangka waktu kredit yang diberikan atau lamanya angsuran kredit. Sebelum memutuskan kredit hp online, sebaiknya kamu memilih dengan bijak tenor yang paling sesuai dengan kemampuanmu. Kamu bisa mendapat gambaran dengan mengecek simulasi cicilan terlebih dahulu. Perlu diingat bahwa semakin singkat tenor yang dipilih maka semakin besar jumlah tagihan yang harus dibayarkan per bulannya. Pilihan tenor Kredivo tersedia mulai 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan dengan bunga paling rendah dibanding perusahaan sejenis yaitu 2,95%.

Cermat dalam membeli sesuai limit

Limit kredit yang kamu punya bisa jadi berbeda dengan pengguna yang lain. Di Kredivo sendiri, limit kredit yang diberikan mencapai Rp 20 juta, sehingga kamu lebih fleksibel dalam mencari smartphone yang harganya tinggi sekalipun. Namun, pastikan untuk mengecek limit kreditmu terlebih dahulu. Jangan sampai kamu sudah memilih HP yang akan dibeli namun limit kredit kamu tidak mencukupi. Kalau sudah begitu, pengajuan kreditmu otomatis akan langsung ditolak.

Melakukan pembayaran tepat waktu

Setelah memutuskan untuk kredit HP, jangan lupa untuk selalu bayar tagihan tepat waktu. Dalam pembayaran kredit, akan ada denda yang dibebankan jika kamu telat melakukan pembayaran bulanan. Nominal dendanya bisa berbeda-beda tergantung ketentuan dari pihak yang memberi pinjaman.

Dengan kredit hp online, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa mencicil smartphone impianmu tanpa mengeluarkan dana besar dalam satu waktu, sehingga kamu bisa merasa lebih ringan. Dana yang dimiliki saat ini juga bisa digunakan untuk hal lain yang lebih penting atau ditabung dan diinvestasikan. Tak hanya itu, kamu juga bisa lebih mudah dalam memantau pengeluaran dan mengevaluasi kondisi finansialmu dengan memanfaatkan fasilitas kredit karena seluruh rincian transaksi terekam dalam tagihan.

Advertisement
Mau Kredit HP untuk Lebaran? Simak 5 Tips Anti Ruginya!

You Might Also Like:

Buka Komentar