Kejadian Langka: Lidah Wanita Ini Berbulu Setelah Diberi Antibiotik, Ini Penjelasannya

Saung Maman - Bulu-bulu halus bisa tumbuh hampir diseluruh tubuh manusia. Namun, dari beberapa bagian tubuh manusia, mungkin hanya mata, telapak tangan, kaki, gigi, kuku yang jadi pengecualian.

Tapi bagaimana dengan lidah? Apakah mungkin bulu halus bisa tumbuh di lidah?

Seorang wanita berusia 55 tahun asal Amerika Serikat dirawat di rumah sakit setelah mengalami cedera parah pada kedua kakinya.

Lidah Tumbuh Bulu Setelah diberi Antibiotik

Akibat kecelakaan itu wanita tersebut mengalami beberapa luka yang terinfeksi.

Oleh tim medis kemudian diberikan antibiotik meropenem dan antibiotik minocycline intravena, untuk melawan bakteri di tubuhnya.

Tapi pengobatan yang dilakukannya menimbulkan satu kejadian yang terbilang aneh dalam lidahnya.

Dalam seminggu, lidahnya menjadi hitam dan berbulu. Tentu saja ia merasa heran tentang keadaan tidak enak di mulutnya.

Dokter menduga, kondisi tersebut terjadi akibat dari perawatan minocycline yang dijalaninya belum lama ini.

"Lidah berbulu hitam bukanlah kondisi yang fatal. Gejala ini ditandai oleh adanya hipertrofi dan pemanjangan papila filiform pada permukaan lidah. Juga adanya perubahan warna menjadi hitam dan kecoklatan" demikian dikutip dari New England Journal of Medicine.

Menurut mereka, kondisi seperti ini hanya terjadi dalam waktu sementara di dalam mulut dan juga tidak berbahaya.

Yang juga cukup paling mengganggu dari semuanya, adalah perubahan warna di lidah menjadi kehitam atau kadang-kadang hijau, kuning atau putih, serta tumbuhnya bulu/rambut.

Timbulnya bulu-bulu di pemukaan lidah juga disertai beberapa gejala, diantaranya: mulut yang mendadak menimbulkan rasa logam, bau mulut yang cukup menggangu dan sensasi menggelitik di lidah.
Baca juga: Khasiat Pien Tze Huang sebagai Obat Ajaib untuk Berbagai Macam Penyakit
Pada kasus wanita ini, kondisi langka tersebut itu disebabkan oleh perubahan pada bakteri normal atau konten jamur di mulutnya setelah menjalani penyembuhan dengan antibiotik.

Namun, hal itu juga bisa disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk, mulut kering, konsumsi tembakau, sering minum alkohol berlebihan, makan makanan lunak yang kurang sehat. Atau bisa juga karena tidak membantu menggosok sel kulit mati di lidah atau jarang membiasakan diri menggunakan obat kumur secara teratur.

Karena merasa risih dengan kondisi lidahnya yang tidak normal, maka wanita itu pun menjalankan beberapa perawatan.

Beberapa langkah perawatan yang dilakukan dintaranya, berhenti menggunakan minocycline, diberikan antibiotik yang berbeda dan disarankan untuk memelihara kebersihan mulut dengan baik.

Dalam empat minggu, lidahnya pun kembali normal.

Nah, Andapun tentu tidak ingin mengalami kejadian serupa dengan wanita malang ini kan?

Oleh karena itu, disarankan agar Anda perlu menjaga kondisi mulut agar tetap sehat dan terhindar dari bakteri merugikan.

Sumber: ManadoTribunNews
Kejadian Langka: Lidah Wanita Ini Berbulu Setelah Diberi Antibiotik, Ini Penjelasannya

You Might Also Like: