Keuntungan Blockchain Diluar Spekulasi

Saung Maman - Keuntungan dari blockchain sering menjadi topik sekunder setiap kali harga berputar melalui gelembung baru. Mata publik beralih dari keuntungan blockchain dan ke arah keuntungan spekulasi. Kabar baiknya adalah bahwa semburan gelembung di pasar sering mengalihkan perhatian kembali ke topik yang lebih menarik.

Gelembung atau tidak, pertukaran kripto masih menjadi satu-satunya kasus penggunaan paling ampuh untuk teknologi buku besar yang didistribusikan. Namun dalam skema besar potensi blockchain, spekulasi dan perdagangan nilai tampaknya mengecewakan, benar-benar meleset dari sasaran.

Keunggulan Blockchain
Kedokteran dan Perawatan Kesehatan

Sistem medis berada di bawah tekanan kolosal untuk skala tuntutan dari populasi yang terus bertambah. Identitas medis masih tertinggal jauh dengan jaringan berbagi catatan kuno dan basis data yang tidak aman. Namun, gajah di dalam ruangan adalah rantai pasokan medis: raksasa masalah yang secara aktif sedang diperbaiki.

Rantai Pasokan

Rantai pasokan dalam industri perawatan kesehatan, dibandingkan dengan rantai pasokan lainnya, sangat sensitif untuk alasan yang harus jelas: kesehatan Anda dipertaruhkan. Namun, masalah yang dihadapi rantai pasokan medis jauh sama dengan banyak rantai pasokan berskala besar lainnya. Masalah yang semuanya berasal dari satu faktor dasar: kepercayaan.

Membangun kepercayaan dalam rantai pasokan medis
Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepercayaan dalam rantai pasokan dan meningkatkan semua komponen yang berkontribusi pada kekuatan ekonomi kepercayaan. Misalnya, komunikasi yang lebih kuat dan tingkat transparansi dan akuntabilitas yang lebih tinggi memberi dukungan untuk membangun kepercayaan.
Baca juga: Inilah Beberapa Alasan Mengapa Bitcoin, Bitcoin Cash dan Crypto Market Mengalami Penurunan
Keunggulan blockchain sangat sesuai untuk topik kepercayaan, karena ini adalah salah satu solusi baru yang didistribusikan buku besar teknologi. Secara tradisional, kepercayaan dalam sistem ekspansif dicapai melalui kontrol akses dan peserta yang dipilih dengan baik. Tetapi dalam kasus sistem yang berkembang secara dinamis seperti rantai pasokan medis, memanfaatkan titik kontrol yang dimatikan seperti ini dapat menjadi kikuk dan sangat tidak efisien.

Alih-alih titik kepercayaan dan kontrol terpusat ini di seluruh rantai pasokan, blockchain memungkinkan penggantian dan dispersi lengkap mereka. Kepercayaan pada manusia lainnya digantikan dengan model trust-by-computation yang terdesentralisasi.
 “Inilah efek yang paling penting dari model kepercayaan baru dari kepercayaan-oleh-perhitungan: tidak ada aktor yang dipercaya, dan tidak ada yang perlu dipercaya. Tidak ada otoritas pusat atau pihak ketiga yang dipercaya dalam jaringan konsensus terdistribusi. ”
- Andreas M. Antonopoulos | Model Keamanan Bitcoin: Dipercaya dengan perhitungan

Identitas Medis dan Catatan

Inti dari ekonomi data medis adalah ketidakseimbangan kepentingan tidak seperti yang terlihat di Facebook. Data pengguna medis terpusat, identitas dan catatan kami, sering tanpa disadari digunakan dalam studi penelitian yang lebih besar.

Meskipun menggunakan data medis kami tentu tidak berarti sakit, ketika memonetisasi masalah mulai termanifestasi. Seperti sistem pengumpulan data nirlaba Facebook, pengguna berhenti menjadi pelanggan dan malah menjadi produk. Data yang kami berikan pasokan salah dikelola dan dijual ke pengguna akhir yang baru.

Basis data yang disebarkan dengan blockchain dapat digunakan untuk mengalihkan dinamika daya dari pengumpul data dan kembali ke pemasok data. Namun, data massa masih berguna untuk penelitian, mencari untung atau tidak. Alih-alih data medis pribadi yang dialihkan tanpa persetujuan langsung atau bahkan pengetahuan kami, blockchain memiliki alat untuk memberikan kekuatan untuk memilih kembali ke pengguna dan menciptakan insentif ekonomi baru untuk berpartisipasi dalam penelitian.

Embleema adalah contoh aktif dari proyek yang menangani masalah data catatan kesehatan pribadi. The blockchain Embleema, dibangun di atas Ethereum, menyediakan pengguna dengan solusi tanpa kepercayaan untuk secara selektif menyediakan data kesehatan untuk proyek-proyek penelitian yang mereka dukung.

Saat ini, proyek, yang disebut PatientTruth, dapat digunakan untuk mengumpulkan semua jenis titik data medis, dari kondisi kronis yang lebih serius dan tanda-tanda vital ke data yang lebih aktif seperti langkah harian dan pembacaan detak jantung.

Keuntungan blockchain, seperti penggunaan kontrak pintar Embleema, bisa menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi pasien, praktisi, dan peneliti. Pasien mendapatkan lebih banyak transparansi dan kontrol atas catatan medis mereka, praktisi kurang dibebani dengan persetujuan dan kompatibilitas internet, dan peneliti mendapatkan akses ke data yang lebih baik diperiksa dan lebih aman.

Proyek Kemanusiaan

Teknologi Blockchain sedang diperluas ke upaya kemanusiaan di seluruh dunia dan telah mulai melihat penggunaan garis depan. Pengungsi didukung dengan biometrik dan manajemen data blockchain untuk memberdayakan keputusan keuangan mereka. Demikian juga, blockchain memungkinkan metode penggalangan dana baru dengan memanfaatkan kekuatan pemrosesan yang tidak aktif dari komputer donator.

Blockchain dalam Komunitas Pengungsi

Baru-baru ini, Building Blocks, sebuah proyek percobaan Program Pangan Dunia (WFP), telah melihat keberhasilan dalam membantu memfasilitasi dan mengamankan transfer uang menggunakan teknologi blockchain. Program ini merupakan bagian dari tujuan untuk meningkatkan jumlah pengiriman uang langsung dan pengungsi yang dapat diterima secara aman dan terpercaya.

Jenis-jenis transfer uang ini telah meningkat sebagai pilihan yang menguntungkan daripada mendistribusikan barang seperti makanan dan air secara langsung. Sebaliknya, penerima dapat menggunakan transfer uang mereka sesuai kebutuhan individu mereka dan keluarga mereka. Seringkali penggunaan uang tunai lebih memberdayakan daripada mendelegasikan jatah produk atau jasa tertentu. Transfer uang sebagai bentuk bantuan krisis dapat menjadi sarana yang kuat untuk memulihkan kepercayaan individu dan menghasilkan kembali kegiatan ekonomi lokal kembali ke masyarakat.

Building Blocks, setelah menemukan keberhasilan di dua program percontohan lainnya di Pakistan dan Yordania, sedang mencari untuk memperluas layanan mereka ke komunitas lain lebih dari 500.000 pengungsi Suriah di Yordania. Selain menggunakan blockchain untuk transfer uang, program WFP berharap untuk memperluas teknologi ke area lain seperti manajemen pasokan dan identitas digital.

Pergeseran Model Penggalangan Dana

Keuntungan blockchain dalam proyek-proyek kemanusiaan dapat lebih disadari ketika penggalang dana menemukan potensi baru. UNICEF Australia saat ini menjalankan program penggalangan dana unik yang memanfaatkan sepenuhnya kekuatan pemrosesan komputer donator.

Keunggulan blockchain dalam penggalangan dana
Menyumbang secara pasif dengan kekuatan pemrosesan komputer Anda di UNICEF Australia's Hopepage

Pengunjung ke Situs Web UNICEF Australia dapat memilih untuk menyumbangkan sebagian dari kekuatan pemrosesan komputer mereka sendiri. Kekuatan pemrosesan kemudian digunakan untuk menambang cryptocurrency dengan hasil secara otomatis disumbangkan kembali ke UNICEF Australia untuk mendanai berbagai program mereka.

Sebagai kendaraan baru penggalangan dana, menyumbangkan kekuatan pemrosesan Anda masih cukup awal. Melakukan hal itu belum memangkas manfaat yang sama untuk donor yang biasanya diterima oleh metode konvensional. Terutama, menyumbangkan kekuatan pemrosesan Anda tidak memberi Anda manfaat pajak, jadi UNICEF Australia tetap meminta Anda memberikan kontribusi yang lebih besar secara langsung kepada mereka.

Namun, menyumbangkan kekuatan pemrosesan komputer Anda sangat mudah diakses dan memiliki hambatan rendah untuk masuk bagi mereka yang sudah menggunakan komputer.

Hiburan dan Seni

Keunggulan blockchain dalam hiburan dan seni sebagian besar datang dalam bentuk token ERC-721 pada blockchain Ethereum. Token ERC-721 tidak dapat diartikan setiap token adalah unik untuk dirinya sendiri dan tidak pernah diulang.

Di dalam dunia digital, aplikasi token yang tidak dapat ditukar nampak agak tak ada habisnya. Hampir semua aset digital yang dimaksudkan untuk dibatasi dalam kuantitas dapat dibangun sebagai ERC-721 dan dipantau pada blockchain yang mendukungnya. Beberapa yang muncul dalam pikiran: Ebook, seni digital, item dalam game, aset desain kreatif, audiobook, film, dan pada dasarnya apa pun yang dimaksudkan untuk memiliki beberapa bentuk perlindungan hak cipta.

Hak Cipta dan Kepemilikan Digital

Tanpa ragu, daftar potensi-potensi token yang tidak dapat ditukar seperti ERC-721 jauh lebih mudah daripada tugas nyata untuk menghidupkannya. Namun, ada sejumlah proyek yang sudah menggunakan keunggulan token blockchain dan non-fungible.

Decentralized Asset Registry

Dengan peluncuran mainnet mereka baru saja terjadi pada Juli lalu, Protokol theCodex masih muda. Platform ini diposisikan sebagai blockchain untuk pendaftaran aset dunia nyata seperti mobil atau anggur berkualitas. Bersama dengan menciptakan ekosistem validator dan penghargaan, Codex bertujuan untuk mengatasi masalah asalnya dalam koleksi. "Provenance (sejarah kepemilikan barang dan dokumentasi terkait) menyumbang hampir seluruh nilai moneter suatu barang karena itu adalah indikator keaslian paling penting ” demikian menurut buku putih Codex.

Binded adalah layanan hak cipta yang didukung blockchain untuk gambar Anda

Copyrighting pada Blockchain

Binded, perusahaan di balik copyrighting gambar pada blockchain saat ini tidak menggunakan token non-sepadan untuk mencapai bukti kepemilikan mereka, tetapi dengan menggunakan blockchain Bitcoin, Binded mampu mengamankan hak cipta dari setiap foto. Layanan gratisnya bahkan terintegrasi dengan akun Twitter dan Instagram dan dapat digunakan untuk secara instan hak cipta gambar baru menggunakan #binded.
Baca juga: Bagaimanakah Blockchain dan Hukum Bisa Bekerja Bersama?
Selain itu, Binded menyebutkan di FAQ mereka bahwa mereka terbuka untuk pindah ke Ethereum ketika mereka mulai mengembangkan kontrak pintar. Untuk saat ini, hash dari setiap gambar berhak cipta dikumpulkan dan dicatat pada blockchain Bitcoin. Setiap rekaman berisi file hash dan gambar bersama dengan nama pemilik dan email.

Zombie Battleground adalah permainan kartu perdagangan pada blockchain Loom.

Game di Rantai

Ada sejumlah permainan yang melakukan kepemilikan aset dalam game ke blockchain. Yang paling terkenal saat ini adalah Cryptokitties yang terkenal, namun, ada sejumlah proyek yang mengelompokkan kelangkaan pada blockchain. Zombie Battleground baru-baru ini mengumpulkan lebih dari $ 320.000 pada Kickstarter untuk membangun visi mereka tentang permainan gaya Hearthstone. Proyek ini dibangun di atas dan oleh Jaringan Loom dan saat ini dalam akses tertutup untuk pengguna awal.

Ke mana Selanjutnya?

Spekulasi sebagai kasus penggunaan dominan cenderung berlanjut sementara aplikasi alternatif tumbuh dan mengejar popularitas. Idealnya, spekulasi dan tindakan harga akan meningkatkan adopsi secara keseluruhan. Jika adopsi dapat tumbuh di seluruh dewan daripada kemungkinan pengembangan dan inovasi lebih banyak akan mengikuti.

Blockchain jauh lebih cocok untuk meningkatkan kehidupan kita di luar spekulasi dan perdagangan. Sama seperti email dan browsing web adalah aplikasi pertama dari internet; cryptocurrency adalah penggunaan blockchain pertama. Hal yang sangat menarik adalah apa yang akan terjadi selanjutnya.

This article by Marshall Taylor was originally published at CoinCentral. 
Advertisement
Keuntungan Blockchain Diluar Spekulasi

You Might Also Like:

Buka Komentar