Facebook Sekarang Memungkinkan Anda Mengirim Foto 3D yang Akan Muncul di Umpan Berita Anda

Saung Maman - Facebook sekarang memungkinkan Anda mengirim foto 3D yang muncul di Umpan Berita Anda

Beberapa hari lalu Facebook meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna memposting foto dengan efek 3D ke feed mereka. Pada dasarnya dengan fitur baru ini subjek foto yang di unggah akan tampil dalam detail yang lebih kaya.

Terlepas dari namanya, sebenarnya foto-foto itu tidak akan benar-benar tampil 3D. Misalnya, Anda tidak akan dapat memutar foto anjing di sekitar untuk melihatnya dari setiap sudut yang menggemaskan. Tetapi foto-foto akan memiliki kedalaman yang memungkinkan Anda melihat hal-hal dari berbagai sudut dan kemiringan dalam foto.


Menurut Wikipedia, Posting 3D Facebook ini pertama kali diaktifkan pada 11 Oktober 2017 dengan memperkenalkan jenis media 3D asli baru di Facebook News Feed. Awalnya pengguna hanya bisa memposting objek 3D dari Oculus Medium dan gambar marker dari Spaces langsung ke Facebook sebagai objek 3D interaktif sepenuhnya. Fitur ini telah tersedia untuk desktop dan ponsel yang mendukung API WebGL yang mendasarinya.
Baca juga: Horeee… WhatsApp di Android Mulai Bisa Chat Sambil Nonton Youtube
Sebagai permulaan, Anda perlu ponsel dengan kamera ganda. Facebook memberi sebuah contoh, semua iPhone yang memiliki mode “Potret”. Setelah Anda mengambil foto, Facebook menggunakan AI untuk membuat sisa gambar berdasarkan apa yang telah diambil oleh kamera - pada dasarnya lukisan di bagian-bagian gambar yang kamera tidak perlihatkan, akan digabungkan.

Facebook memberikan tutorial singkat yang menjelaskan cara mengambil bidikan foto 3D terbaik, yang pada intinya menjelaskan:  “jangan berdiri terlalu dekat dan gunakan subjek dengan warna dan tekstur yang menarik”.

Foto-foto itu juga dapat dilihat di dalam browser headset Oculus, tetapi itu terlalu bagus, Anda tidak memerlukannya untuk efek 3D.

Foto 3D diluncurkan untuk semua orang dan dapat dilihat mulai beberapa hari yang lalu, dan kemampuan untuk mengunggahnya akan diluncurkan ke semua orang dalam beberapa minggu mendatang.
Advertisement
Facebook Sekarang Memungkinkan Anda Mengirim Foto 3D yang Akan Muncul di Umpan Berita Anda

You Might Also Like:

Buka Komentar