Manfaat Menyimpan Tiket Kereta yang Tidak Banyak Orang Memikirkan

Saung Maman - Setelah selesai perjalanan atau sampai di tujuan, umumnya manfaat dari tiket kereta juga akan dirasa habis oleh penumpang. Tiket kereta yang sudah tidak dipakai biasanya akan dibuang begitu saja atau diberikan kepada orang lain yang menginginkannya. Padahal, bisa jadi ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh seseorang dengan menyimpan tiket setelah seseorang melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api. Berikut ini di antaranya:

Sebagai Bukti Perjalanan
Bagi yang sering melakukan perjalanan dinas atau perjalanan jauh dalam rangka urusan pekerjaan, menyimpan tiket kereta bisa jadi dibutuhkan sebagai bagian dari laporan. Baik itu untuk syarat mengganti biaya transportasi maupun untuk kebutuhan lain yang terkait. Tiket ini juga bisa disimpan sebagai bukti secara umum jika sewaktu-waktu diminta oleh orang lain bahwa kita telah melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api pada saat itu.

Kereta Api
Kereta Api/foto: flickr
Sebagai Kenang-kenangan
Mungkin terdengar remeh bagi sebagian orang, akan tetapi menyimpan tiket perjalanan kereta api bisa berguna sebagai barang kenang-kenangan. Terutama bagi mereka yang berasal dari daerah yang di tempat asalnya tidak terdapat kereta api atau mereka yang berasal dari luar negeri yang mungkin tidak akan kembali untuk merasakan sensasi dan pengalaman melakukan perjalanan dengan kereta api di tempat itu lagi. Menyimpan tiket kereta sebagai kenang-kenangan adalah hal sederhana yang bisa jadi memiliki makna tersendiri bagi orang-orang tertentu atau sebagai pengingat akan suatu momen yang ingin terus dikenang dan diceritakan kepada orang lain.

Sebagai Koleksi
Sebagian orang menyimpan tiket kereta sebagai koleksi pribadi walaupun naik kereta bisa jadi adalah hal yang tidak sulit untuk dilakukan. Hal ini biasanya dilakukan oleh orang yang memiliki hobi terkait dengan kereta api. Menyimpan tiket sebagai bukti perjalanan adalah kepuasan tersendiri, apalagi jika suatu saat ternyata kereta yang sudah pernah dinaiki tidak beroperasi lagi atau bentuk tiket yang dicetak telah mengalami perubahan.
Baca juga: Mudikku Nostalgiaku
Mengoleksi tiket juga dilakukan oleh sebagian penghobi kereta api karena beberapa tiket di masa lalu memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Seperti misalnya, ada tiket khusus untuk kereta api lokal atau tiket khusus untuk kereta komuter dan masih banyak lagi yang lainnya. Menyimpan tiket sebagai koleksi ada kalanya juga dapat ditampilkan sebagai salah satu barang pameran untuk dibagikan cerita dan pengalamannya kepada para pengunjung pameran.

Sebagai Alat Tukar
Sebagian orang yang memanfaatkan kereta api sebagai transportasi utama untuk menunjang aktivitas, bisa jadi akan sangat sering membeli tiket kereta. Frekuensi pembelian yang cukup tinggi ini menyebabkan orang tersebut secara tidak langsung juga akan memiliki tiket yang cukup banyak jika semuanya dikumpulkan.
Terkadang, operator kereta api memberikan diskon khusus atau hadiah eksklusif bagi para pelanggan setia pengguna jasa angkutan kereta api. Di antara syarat yang biasa diminta, mereka harus mengumpulkan sejumlah tiket yang pernah digunakan pada rentang waktu perjalanan tertentu (misal, selama enam bulan terakhir) untuk ditukarkan dengan hadiah khusus atau bahkan ditukarkan dengan voucher tiket yang lain.

Sebenarnya masih ada banyak lagi alasan-alasan unik yang menjadikan sebab seseorang memilih untuk menyimpan tiket kereta yang mereka miliki daripada membuangnya begitu saja. Satu hal yang pasti, mereka semua memilih untuk menyimpan tiket tersebut karena memiliki alasan yang kuat walaupun dianggap remeh oleh sebagian orang atau tidak terpikirkan sebelumnya kenapa sampai mereka melakukan hal seperti itu.

Dan yang pasti lagi, untuk bisa menyimpan tiket kereta, tentunya kita harus membeli terlebih dahulu tiket tersebut. Di Bukalapak, kita bisa membeli tiket kereta api secara mudah, ke berbagai kota-kota tujuan dengan berbagai fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan oleh Bukalapak. Sehingga ketika sampai di tujuan nanti, kita bisa ikut memutuskan juga, apakah kita nantinya akan memiliki alasan untuk menyimpan tiket juga ataukah tidak.
Advertisement
Manfaat Menyimpan Tiket Kereta yang Tidak Banyak Orang Memikirkan

You Might Also Like:

Buka Komentar