Cara Menambah Atau Menghapus Akun Email di Android

Saung Maman - Cara Menambah Atau Menghapus Akun Email di Android

Pada sebagian pengguna android, menambahkan atau menghapus akun email di Android tentu bukanlah hal yang sulit. Na­mun bagi sebagian yang lain, hal ini tentu bukanlah perkara mudah, karena ini menyangkut banyak keterkaitan dimana akun tersebut terpasang.

Gmail
Pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi tips tentang bagaimana cara menambah atau menghapus akun email di android. Hal ini perlu dilakukan manakala kita memiliki android namun bukan sebagai tangan pertama, alias beli seken, sehingga pada perangkat masih terdapat akun email milik orang lain yang belum dihapus.

Lalu bagaimana cara menambah atau menghapus akun email pada perangkat android yang aman? Simak penjelasannya berikut ini:

Cara menambahkan akun ke tablet atau ponsel Android

Saat Anda menambahkan akun, informasi yang terkait dengan akun tersebut akan otomatis disinkronkan dengan perangkat. Untuk mendapatkan aplikasi dari Google Play Store, Anda memerlukan akun di perangkat Anda. Ini hanya salah satu contoh gunanya akun terpasang di Android.
Baca juga: 7 Tips Mudah Membuat Email Gmail Anda Lebih Aman
Jika Anda menggunakan perangkat dengan pengguna lebih dari satu, pastikan untuk login sebagai pengguna yang tepat sebelum mengubah informasi akun.

Catatan: Beberapa langkah ini hanya berfungsi di Android 9.0 dan yang lebih baru. Pelajari cara memeriksa versi Android.

Menambahkan akun ke perangkat

1. Buka aplikasi Setelan di perangkat.
2. Tap Akun. Jika "Akun" tidak terlihat, tap Pengguna & akun.


3. Di bagian bawah, tap Tambahkan akun.


4. Tap jenis akun yang ingin ditambahkan.


  • Untuk menambahkan Akun Google, tap Google. Saat Anda login menggunakan Akun Google, email, kontak, acara kalender, dan data lain yang terkait dengan akun tersebut akan otomatis disinkronkan dengan perangkat.
  • Untuk menambahkan akun pribadi yang lain, tap Pribadi (IMAP) atau Pribadi (POP3). Biasanya Anda akan memilih pilihan tersebut jika menggunakan program email seperti Microsoft Outlook atau Apple Mail. Pelajari cara menggunakan IMAP atau POP3 dengan Gmail.
5. Ikuti petunjuk di layar.
6. Jika menambahkan akun, Anda perlu memasukkan pola, PIN, atau sandi perangkat untuk tujuan keamanan.

Tips: Jika Anda ingin meminjamkan perangkat ke teman, Anda dapat mempelajari cara membuat pengguna terpisah atau pengguna sementara, sehingga tidak perlu menambahkan akun.

Catatan: Setelan dapat berbeda menurut perangkat. Untuk info lebih lanjut, Anda dapat menghubungi produsen perangkat.

Menghapus akun dari perangkat

Jika Anda ingin menghapus akun dari perangkat, semua yang terkait dengan akun tersebut juga akan dihapus dari perangkat, termasuk email, kontak, dan setelan.

1. Buka aplikasi Setelan di perangkat.
2. Tap Akun. Jika "Akun" tidak terlihat, tap Pengguna & akun.


3. Tap lagi akun yang ingin dihapus lalu Hapus akun, selesai.


4. Jika ini satu-satunya Akun Google yang ada di perangkat, maka Anda harus memasukkan pola, PIN, atau sandi perangkat demi keamanan.
Catatan: Setelan dapat berbeda-beda pada tiap perangkat.

Demikian artikel Saung Maman kali ini, semoga bermanfaat.
Cara Menambah Atau Menghapus Akun Email di Android

You Might Also Like: