Menurut Penelitian, Smartphone Lawas Memiliki Ketahanan Baterai yang Lebih Baik Dibandingkan yang Baru

Saung Maman - Menurut Penelitian, Smartphone Lawas Memiliki Ketahanan Baterai yang Lebih Baik Dibandingkan yang Baru

Dari tahun ke tahun, smartphone semakin canggih dengan ditambahkan banyak sekali fitur menarik dan hebat di dalamnya. Mulai dari layar yang sangat menawan, disematkannya teknologi pendeteksi wajah sampai dengan lensa kamera yang hampir setara dengan kamera pro lainnya menjadikan smartphone sekarang ini sangat jauh berbeda dengan produk perangkat mobile keluaran beberapa tahun lalu.

Hanya saja, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Washington Post, jika dari segi fitur sampai dengan modelnya sangat unggul, ketika dibandingkan dari sisi baterainya, perangkat mobile lawas justru yang lebih baik dibandingkan dengan smartphone keluaran anyar sekarang.

Untuk membuktikannya, pihak The Washington Post melakukan uji coba kecil dengan menggunakan 13 smartphone dari yang terlama sampai yang terbaru, termasuk Apple iPhone XS dan Google Pixel 3. Semuanya diatur dalam kondisi yang sama, bahkan kecerahan layarnya pun diatur setara dan juga mulai dipakai dengan baterai dalam kondisi penuh.

iPhone XS
iPhone XS/Image: Photozou
Dan ketika digunakan untuk mengakses banyak website dan aktivitas lainnya sampai benar-benar baterainya habis, justru banyak perangkat-perangkat mobile lawas yang lebih tangguh dan memiliki baterai tahan lama dibandingkan yang baru. Contohnya saja, dengan pemakaian yang sama, iPhone XS justru tidak dapat bertahan lama dibandingkan dengan iPhone X. Keduanya memiliki selisih waktu 21 menit dalam hal ketahanan baterainya.
Baca juga: Ini Dia Penampakan Smartphone Lipat Teranyar Besutan Samsung
Selain iPhone XS yang tidak mampu bertahan selama iPhone X, baterai yang terdapat di dalam Google Pixel 3 juga hanya mampu bertahan ketika dipakai secara nonstop itu. Justru Google Pixel 2 masih mampu bertahan dengan selisih waktu 1,5 jam dibandingkan dengan Pixel 3.

Dari penelitian tersebut, pihak The Washington Post memperkirakan masalah utama akan ketahanan baterai tersebut terletak pada jenis layar yang digunakan. Perangkat-perangkat yang menggunakan panel layar LCD memerlukan sedikit cahaya dibandingkan dengan yang berjenis OLED. Dikarenakan OLED banyak membutuhkan cahaya, maka tenaga yang dikonsumsi juga lebih besar.Terlepas dari uji coba tersebut, memang sampai sekarang hampir semua vendor smartphone di dunia masih memiliki pekerjaan rumah berupa masalah pada ketahanan baterainya. Belum ada perangkat yang baterainya benar-benar mampu bertahan lama seperti yang diklaimkan sampai saat ini.
Advertisement
Menurut Penelitian, Smartphone Lawas Memiliki Ketahanan Baterai yang Lebih Baik Dibandingkan yang Baru

You Might Also Like:

Buka Komentar