Kelebihan Meminjam Modal di Koperasi Simpan Pinjam

Saung Maman - Kelebihan Meminjam Modal di Koperasi Simpan Pinjam

Salah satu jenis koperasi yang keberadaannya mudah dijumpai sekaligus memiliki peran besar dalam meningkatkan perekonomian rakyat kecil menengah adalah koperasi simpan pinjam. Bagi Anda anggota koperasi tentunya akan mendapat banyak keuntungan ketika bergabung. Bukan hanya ditujukan kepada anggotanya saja, ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan bagi masyarakat umum ketika meminjam dana di koperasi.

Keuntungan Bergabung dan Meminjam Dana di Koperasi Simpan Pinjam

1. Bunga relatif rendah
Dibandingkan perbankan atau multifinance lain, koperasi memiliki suku bunga paling rendah mengingat tujuan utama didirikannya koperasi adalah mensejahterakan semua anggotanya. Oleh karena itu, suku bunga yang diberikan relatif lebih rendah dari perbankan. Nilai bunga flat atau menurun merupakan suku bunga yang diterapkan di sebagian besar koperasi. Bunga menurun efektif dan bunga anuitas merupakan model pinjaman yang dikembangkan oleh koperasi yang bertujuan untuk meringankan masyarakat yang sedang mencari modal usaha atau pinjaman uang.

2. Proses pengajuan dan pencairan lebih cepat
Persyaratan sampai dengan pencairan dana relatif lebih mudah mekanismenya ketika Anda meminjam lewat koperasi. Bahkan ada beberapa koperasi simpan pinjam yang bisa mencairkan dana pinjaman saat itu juga dengan persyaratan tertentu. Inilah salah satu kelebihan meminjam modal di koperasi dibanding perbankan.

3. Mempunyai nilai
Anda akan mendapatkan Nilai ketika bergabung dan mengajukan pinjaman modal yakni Setiap anggota mendapat kentungan yang dikenal dengan sisa hasil usaha yang dibagikan setiap tahunnya. Dengan bergabung pada koperasi simpan pinjam, secara tidak langsung Anda menginvestasikan dana yang Anda miliki.

Team Work
Team Work/Image: Pixabay

4. Mendapatkan modal usaha dengan mudah
Dengan bergabung pada koperasi, anggota bisa mendapatkan modal usaha dengan mudah. Karena fungsi koperasi yakni memudahkan anggotanya memperoleh modal usaha. Hal ini tentu berbeda ketika anggota mengajukan pinjaman kepada bank sementara dia bukan anggota. Anggota koperasi mendapatkan persyaratan yang relatif lebih mudah untuk memperoleh pinjaman. Modal usaha ini diperoleh dari simpanan wajib yang setiap bulan dibayarkan oleh anggota koperasi.
Baca juga: Berani Berinvestasi, Bersiap Kelimpahan Rezeki
5. Mengembangkan usaha
Koperasi juga bertugas membantu usaha yang dijalankan anggotanya agar semakin maju dan berkembang yakni dengan cara memberikan pelatihan bisnis. Dengan adanya pelatihan tersebut, anggota bisa mendapatkan wawasan mengenai usaha lebih luas dan tentunya gratis.

6. Mengurangi peminjaman ke rentenir
Dengan adanya koperasi simpan pinjam, Anda dan pelaku usaha kecil menengah lainya tidak perlu meminjam uang ke rentenir yang bunganya sangat tinggi dan memberatkan. Koperasi sangat memiliki peran penting dalam menyokong perekonomian rakyat dan membantu mereka meningkatkan kesejahteraan ekonominya.

7. Transaksi lebih mudah
Pinjaman di koperasi dibedakan menjadi 2 yakni jangka pendek dan panjang. Pinjaman jangka pendek berjangka dua bulan dan memiliki jangka pengembalian satu bulan serta dapat dicicil pengembalinya dari mulai harian dan mingguan. Sedangkan pinjaman jangka panjang yang cicilanya dilakukan sebulan sekali dengan jangka waktu pinjam 3 bulan sampai satu tahun. Anda bisa menyesuaikan kondisi finansial Anda dengan memilih untuk mencicil dengan model pinjaman jangka pendek atau panjang.

8. Tidak memakai jaminan
Ketika meminjam uang di koperasi simpan pinjam dengan nominal tertentu, Anda tidak perlu membawa jaminan. Ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang tidak mempunyai barang berharga sebagai jaminan.

Itulah beberapa kelebihan meminjam modal di koperasi simpan pinjam, transaksinya yang mudah serta suku bunga yang relatif rendah dibanding perbankan dan miltifinance lain menjadikan koperasi lebih diminati bagi banyak orang terutama pelaku usaha UKM
Advertisement
Kelebihan Meminjam Modal di Koperasi Simpan Pinjam

You Might Also Like:

Buka Komentar