Tips Mengurus SIM Hilang Hanya dalam Sehari

Saung Maman - Tips Mengurus SIM Hilang Hanya dalam Sehari

Cara mengurus SIM yang hilang dapat dikatakan susah-susah gampang. Karena mengingat bahwa untuk proses mengurusnya pun membutuhkan banyak waktu untuk mengurus berkas-berkas yang harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Meskipun banyak orang yang beranggapan bahwa mengurus SIM yang hilang ribet, namun jika Anda mengikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini, maka Anda dapat mengurus sim hanya cukup dalam sehari.

Sim - Commons.Wikimedia

Berikut ini langkah yang dapat untuk Anda lakukan:

1. Laporkan pada polsek terdekat
Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan melaporkan kepada pihak polsek terdekat mengenai kejadian yang sebenarnya. Sedangkan pada biasanya, pihak dari polsek akan meminta surat pengantar dari kelurahan perihal surat keterangan kehilangan, fotokopi KTP dan fotokopi SIM jika Anda memilikinya.
2. Jika berkas yang diminta sudah lengkap, maka Anda dapat mengajukan ke polsek dan polsek akan mengeluarkan bukti kehilangan.
3. Langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan tes kesehatan melalui klinik terdekat maupun di lingkungan polres. Anda pun juga harus mengurus Asuransi kecelakaan diri Anda bagian loket asuransi yang sudah tersedia di polres.
4. Jika berkas sudah terkumpul semua, barulah Anda melakukan pendaftarannya pada bagian loket pendaftaran serta serahkan semua persyaratan yang telah ditetapkan kemudian Anda akan menerima surat bukti pengambilan SIM.
5. Setelah itu, Anda dapat membayar biaya formulir melalui bank yang telah tersedia di polres.
6. Kemudian Anda akan diarahkan untuk mengantre pada bagian pengambilan foto, tanda tangan dan sidik jari.
7. Dengan menggunakan surat bukti pengambilan SIM, maka Anda sudah bisa mengambil SIM baru Anda.

Itulah cara yang dapat untuk Anda lakukan untuk mengurus SIM yang hilang. Jika Anda sudah mengantongi SIM, tentunya hal ini akan membuat Anda merasa lebih tenang ketika berada di jalanan, karena Anda akan terhindarkan dari yang namanya tilang. Sedangkan untuk jenis mobil yang paling populer di untuk saat ini yaitu Toyota kijang.
Advertisement
Tips Mengurus SIM Hilang Hanya dalam Sehari

You Might Also Like:

Buka Komentar