Stop, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Memberikan MPASI Pada Buah Hati!

Saung Maman - Stop, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Memberikan MPASI Pada Buah Hati!

Momen MPASI memang jadi sesuatu yang sangat istimewa. Bagi ibu dan anak, momen ini jadi salah satu bonding time terbaik. Selain itu, para ibu juga biasanya penasaran melihat reaksi si kecil saat disuapi berbagai jenis makanan. Meski demikian, MPASI ini tak selalu berjalan semulus perkiraan.

Pada kenyataannya kadang ada banyak hal yang menjadikan MPASI jadi penuh dengan rasa stres. Bukan hanya Anda saja yang akan merasa stres, tapi si kecil pun juga bisa merasakan hal yang sama.

MPASI Pada Buah Hati

Maka dari itu, coba hindari hal-hal berikut ini saat memberikan MPASI pada buah hati tersayang:

1. Menggunakan gula dan garam

Orang dewasa mungkin akan tidak doyan dengan makanan yang tidak dibumbui dengan gula dan garam. Tapi untuk bayi yang belum pernah mengenal rasa sebelumnya, menambahkan gula dan garam hanya akan memperberat kinerja ginjal mereka. Bahkan saat mengonsumsi makanan tanpa rasa pun, bayi tidak akan menolak atau menganggapnya tidak enak. Kalau Anda memang ingin memberikan rasa lebih pada menu MPASI, lebih baik gunakan bahan alami seperti kaldu ayam buatan sendiri, bawang putih dan bawang merah, serta juga tomat. Kalau untuk menambahkan rasa manis, gunakan buah-buahan seperti apel atau pir yang memang memiliki rasa manis alami.

2. Memaksa anak makan sampai habis

Bayi memang terlihat sangat penasaran dengan berbagai jenis makanan. Tapi kenyataannya mereka sering kali makan hanya sedikit dan membuat orang tua frustasi. Akhirnya banyak orang tua yang
berusaha memaksa anaknya untuk menghabiskan makanan. Yang perlu Anda tahu, di awal MPASI kebutuhan nutrisi anak masih ditopang oleh susu sehingga tak berbahaya jika ia makan hanya sedikit. Selain itu, kapasitas perut bayi juga sangat kecil sehingga wajar saja kalau ia mudah merasa kenyang. Sebaiknya batasi waktu makan si kecil selama 15 menit saja. Jika sudah lebih dari itu hentikan menyuapinya atau memaksanya makan supaya tidak menimbulkan trauma.
Baca juga: Memahami Pentingnya Mineral Bagi Kesehatan Tubuh
3. Tergiur produk-produk makanan bayi mahal

Memang tak salah kalau orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Tapi jangan sampai juga Anda jadi memaksakan diri untuk membeli produk mahal yang katanya baik untuk bayi. Selama MPASI, bahan makanan segar yang bisa dijumpai di pasar tradisional sebenarnya sudah sangat cukup, kok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Kuncinya, selalu pilih bahan yang masih segar dan berkualitas serta jangan menyimpannya terlalu lama di kulkas tapi segeralah diolah. Untuk buah, pastikan juga Anda membeli yang sudah matang dan empuk.

4. Menyuapi sambil nonton televisi

Banyak orang tua yang menyogok anaknya dengan televisi supaya mau makan dengan lahap. Sepintas hal ini memang akan menjadi jalan keluar yang baik. Tapi tahukah Anda, kalau si kecil dibiasakan makan sambil nonton televisi, saat besar nanti bisa jadi ia jadi susah makan. Hal ini karena sejak kecil dia tidak dibiasakan untuk menyukai makanannya, melainkan hanya menyantapnya supaya bisa menonton acara yang digemarinya. Cara terbaik untuk memberikan MPASI pada si kecil adalah dengan mengajaknya duduk bersama di meja makan bersama seluruh anggota keluarga dan menunjukkan kalau waktu makan adalah saat yang sangat menyenangkan.

Bagaimana? Sudah siapkah memberikan MPASI dengan cara yang tepat kepada buah hati tersayang?  Semoga si kecil suka dengan menu-menu yang Anda buat, ya!
Advertisement
Stop, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Memberikan MPASI Pada Buah Hati!

You Might Also Like:

Buka Komentar