Kampung Berseri Astra yang Kian Berseri

Saung Maman - Kampung Berseri Astra yang Kian Berseri

PT. Astra Internasional Tbk (ASII) adalah salah satu perusahaan nasional yang begitu peduli akan kesejahteraan warga sekitarnya. Ini terbukti dengan kian digalakannya program Kampung Berseri Astra (KBA) yang di mulai sejak 2013.

Program KBA

Program KBA adalah sebuah program milik Astra yang bertujuan untuk memberdayakan segenap potensi terpendam yang ada di wilayah-wilayah tertentu di tanah air dengan cara memaksimalkan ragam kekayaan yang belum tergali melalui berbagai langkah kongkrit.

KBA merupakan wilayah suatu daerah dengan lingkungan yang bersih, hijau dan dihuni oleh masyarakat yang sehat, memiliki kecerdasan dan produktifitas tinggi yang mencerminkan empat pilar CSR Astra, yakni Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Penentuan dan Pemilihan KBA

Dalam menentukan dan memilih calon KBA, terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati, antara lain:
  1. Koordinasi perusahaan Grup Astra
  2. Pembentukan tim KBA
  3. Koordinasi dengan pemerintah daerah
  4. Social mapping
  5. Penentuan lokasi KBA
  6. Penyusunan rencana program
  7. Komitmen bersama dan kick-off program KBA

Kampung Berseri ASTRA
Kampung Berseri Astra

Adapun program KBA terdiri dari berbagai kriteria disesuaikan dengan kondisi dan kearifan lokal. Berikut ini beberapa diantaranya:

Kampung Wisata

Kampung Berseri Astra Wisata seyogyanya berupa Kampung yang mengedepankan keindahan dan suasana asri yang mencerminkan keaslian perkampungan. Bukan hanya dilihat dari sisi pemandangan alamnya, namun dilihat juga dari kehidupan sosial ekonomi, sosial budaya, adat istiadat dan harmonisasi warganya dalam keseharian.
Baca juga: 60 Tahun Astra Mengabdi, Berkarya dan Menginspirasi
Kampung Hijau

Kampung Berseri Astra Hijau adalah merupakan suatu perkampungan dimana didalamnya memiliki karakteristik lingkungan hijau yang asri dan sehat, serta berupaya menerapkan program pelestarian fungsi lingkungan, yaitu pada komponen lingkungan (biotik dan abiotic) maupun pada komponen sosial ekonomi, pendidikan dan budaya serta kesehatan seluruh warga masyarakat.

Kampung Produktif

Kampung Berseri Astra Produktif adalah salah satu konsep kampung mandiri yang memiliki visi untuk menjadi pusat pembelajaran dan memenuhi kebutuhan sendiri melalui kegiatan yang produktif dan meningkatkan kualitas hidup baik di bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi.

Kampung Cyber

Kampung Berseri Astra Cyber ialah suatu konsep Kampung modern dengan cara memanfaatkan perkembangan Teknologi dan Informasi dalam setiap komponen kehidupan Kampung, mulai dari yang berkaitan dengan administrasi Kampung, interaksi sosial antar warga, kehidupan ekonomi berkelanjutan serta pendidikan dan sosial budaya.

Kampung Budaya

Kampung Berseri Astra Budaya adalah Kampung yang mengedepankan segala potensi adat, tradisi, kesenian, kerajinan, arsitektur, dan tata ruang yang masih setia ditampilkan dalam kehidupan sehari-hari dan masyarakat kampung berupaya nyata untuk melestarikan dan mengembangkannya.

Berbagai upaya dilakukan agar setiap "kampung" yang bergabung dalam program KBA bisa memiliki kemampuan memenej setiap jengkal demi jengkal "lahan" yang ada di wilayahnya menjadi jauh lebih baik ari waktu ke waktu secara berkesinambungan.

Yang dilakukan Astra dalam program ini adalah memberikan berbagai pelatihan dan menyediakan segala bentuk kelengkapan lainnya, dalam mengembangkan berbagai keunggulan yang dimiliki setiap wilayah yang memang tidak sama antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Astra senantiasa berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai tokoh masyarakat yang berkeinginan untuk maju dan siap membantu melayani berbagai kebutuhan yang memang tidak bisa dipenuhi oleh warga itu sendiri.

Hingga saat ini setidaknya sudah ada lebih dari 70 KBA yang tersebar di 34 provinsi yang telah dibina dan berfokus pada bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kewirausahaan. Bahkan sepanjang tahun ini sedang dikembangkan sekitar 300 Desa Sejahtera di 100 Kabupaten.

Salah satu KBA yang kini sedang giat mengembangkan segala potensi wilayahnya adalah KBA Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu. Sudah sejak 2015 Pulau Pramuka ini menjadi bagian dari program Kampung Berseri Astra (KBA). Di sini kita bisa melihat langsung bagaimana pelaksanaan program tersebut di pulau yang dikenal sebagai lokasi eko wisata di Jakarta ini, sekaligus mengikuti workshop lingkungan hidup.


Bio Gas/Foto Swa

Di lokasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas di dalam ruangan berupa ruang serbaguna, ruang pengelola, ruang laktasi dan KB, PKK Mart dan Perpustakaan. RPTRA yang dibangun sejak akhir 2015, dengan bentuk menarik yang menjorok ke laut. RPTRA Tanjung Elang Berseri merupakan satu-satunya RPTRA Astra yang dibangun di wilayah kepulauan.

Ini hanya salah satu dari sekian banyak Kampung Berseri Astra dengan segala keunikannya, masih banyak lagi dan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu dan menunggu peran aktif seluruh lapisan masyarakat untuk membantu suksesnya program ini.

Demikian artikel Kampung Berseri Astra yang Kian Berseri yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat.


Referensi:
Satu Indonesia
SWA.co.id

Advertisement
Kampung Berseri Astra yang Kian Berseri

You Might Also Like:

Buka Komentar