Tips Merawat Luka Bekas Operasi Caesar

Saung Maman - Tips Merawat Luka Bekas Operasi Caesar

Bagi ibu hamil yang memilih operasi caesar untuk melahirkan sang buah hati, tentu akan memilik luka bekas operasi yang terlihat. Biasanya luka bekas operasi tersebut memiliki waktu yang lama untuk dipulihkan hingga tidak terlihat lagi. Berikut ini adalah tips yang bisa diterapkan untuk merawat luka bekas operasi caesar pasca-melahirkan.

- Menjaga Postur Badan

Ibu yang telah melahirkan dengan menggunakan caesar wajib menggunakan postur badan yang baik saat melakukan kegiatan. Dimulai dengan aktivitas dasar pasca-melahirkan, seperti berdiri dan duduk. Hal ini dapat mendukung percepatan penyembuhan luka bekas operasi caesar. Saat melakukan gerakan tiba-tiba, juga tahan perut untuk mencegah luka operasi tambah parah.

- Konsumsi makanan bergizi

Anda tidak bisa hanya memenuhi nutrisi dan multivitamin yang dibutuhkan ibu hamil saja, namun pasca-melahirkan juga demikian. Makan makanan bergizi serta sehat dapat memengaruhi percepatan penyembuhan luka pasca-operasi. Jaringan baru akan terbentuk dan diproses oleh tubuh sendiri seiring dengan pemenuhan nutrisi yang anda lakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Tips Merawat Luka Bekas Operasi Caesar


- Jangan Sampai Kelelahan

Ibu yang melahirkan dengan operasi caesar sebaiknya membatasi aktivitas agar tak merasa kelelahan. Aktivitas berat dapat menimbulkan peregangan pada sekitar kulit daerah bekas luka operasi, sehingga berpotensi memperlambat penyembuhan. Sebaiknya hindari aktivitas-aktivitas seperti mengangkat barang atau melakuan pekerjaan rumah tangga.

- Luka Jangan Ditutup Terlalu Rapat

Salah satu tips keempat yang dilakukan untuk mempercepat penyembuhan luka adalah dengan menjaga sirkulasi udara di sekitar daerah luka. Luka bekas operasi baiknya jangan ditutup terlalu rapat karena udara bisa juga mendorong penyembuhan secara alami. Ibu yang telah melahirkan disarankan menggunakan baju longgar sehingga udara tetap bisa masuk melewati luka operasi.

- Menggunakan Obat Luka

Cara terakhir adalah menggunakan obat luka yang biasa dijual di pasaran. Anda bisa mengunjungi link https://www.goapotik.com/promo/obat-luka-bakar-paling-ampuh-dan-obat-luka-bakar-parah untuk info lebih lengkapnya. Anda bisa menggunakan obat luka tersebut disertai dengan pembersihan daerah di sekitar luka menggunakan air hangat. Basuhlah daerah sekitar luka menggunakan lap atau kain halus secara perlahan, lalu teteskan obat tersebut pada luka.

Advertisement
Tips Merawat Luka Bekas Operasi Caesar

You Might Also Like:

Buka Komentar