Jangan Takut Jadi Pemula, Ini Cara Menabung Saham!

Saung Maman - Jangan Takut Jadi Pemula, Ini Cara Menabung Saham!

Investasi bagi para pemula di bidang ini seakan menjadi hal yang dilematis. Jika tidak mengetahui betul tentang aturan dalam bermain saham, tentu bisa rugi, sedangkan jika terlalu percaya diri melangkah tanpa ilmu, bisa mengorbankan dana yang telah di investasikan. Lalu, bagaimana sebenarnya langkah yang tepat yang bisa diambil para pemula untuk menabung saham?


Ada beberapa hal yang sebaiknya dipelajari sebagai ilmu dasar untuk memulai terjun ke dunia investasi bagi pemula. Bukan hanya cara menabung saham, namun pengetahuan singkat tentang dunia investasi. Hal-hal ini penting untuk dipelajari agar Anda dalam melakukan investasi tidak asal.  
Beberapa Hal yang Perlu Diketahui dalam Investasi

1. Indikator memilih saham yang bagus

Banyak sekali saham yang bisa Anda beli, namun tidak banyak yang tahu bahwa ada beberapa indicator yang bisa digunakan untuk menilai saham tersebut bagus digunakan untuk investasi atau tidak. Apa saja indicator tersebut? Perhatikan citra perusahaan, prospek dan potensi saham berkembang ke depannya, bisnis yang bergulir menjanjikan atau tidak.

2. Jumlah ideal untuk saham
Jika Anda bertanya-tanya sebenarnya berapa jumlah ideal yang bisa Anda investasikan dalam permainan saham? Meskipun tidak ada patokan pastinya, namun jika Anda ingin menekuni dunia investasi ada baiknya Anda melakukan perencanaan finansial dari pendapatan Anda per bulan yang akan dialokasikan untuk saham. Berapa besarannya? Sekitar 10% dari penghasilan per bulan.

3. Rekomendasi daftar perusahaan

Ada beberapa perusahaan yang banyak direkomendasikan bagi pemula. Beberapa nama perusahaan ini bukan berarti menjadi batasan Anda dalam melakukan investasi, hanya saja beberapa perusahaan ini dinilai masih aman untuk digelut oleh para investor pemula. Apa saja perusahaannya? Perusahaan di bidang perbankan, consumer dan konstruksi.

Beberapa hal tersebut harus Anda dalami lagi jika ingin terjun secara serius dan konsisten dalam bidang investasi. Setelah Anda paham betul dengan hal-hal yang mendasar terkait investasi, semakin lama Anda akan semakin menikmati berada di dunia investasi. Dan tentunya Anda bisa melebarkan sayap dengan cara melakukan investasi lain seperti investasi sbn dan sebagainya.

Advertisement
Jangan Takut Jadi Pemula, Ini Cara Menabung Saham!

You Might Also Like:

Buka Komentar