Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Rumah Kost

Saung Maman - Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Rumah Kost

Kebutuhan akan tempat tinggal di berbagai kota maupun pedesaan terus meningkat. Ini sebanding dengan makin meningkatnya jumlah penduduk yang mau tidak mau harus dibarengi dengan peningkatan jumlah hunian untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat. 

Peran penting pemerintah dalam menyediakan hunian yang menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat tentu sangat diharapkan. Berbagai proyek pengembangan perumahan yang ada saat ini masih belum mampu mencukupi kebutuhan akan tempat tinggal yang memang jumlahnya sangat banyak.

Mahalnya harga jual sebuah rumah menyebabkan kalangan masyarakat kurang mampu menunda dulu untuk membeli rumah. Sebagai jalan keluarnya mencari rumah kost atau rumah kontrakan adalah pilihan yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini.


Dalam memilih rumah kost untuk hunian baik untuk jangka pendek ataupun jangka panjang, perlu memperhatikan berbagai aspek. Hunian yang kita pilih hendaknya mampu memberikan rasa nyaman saat disinggahi. Rumah adalah tempat yang sebisa mungkin harus memberikan kenyamanan bagi seluruh anggota keluarga. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memahami apa-apa saja yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk membeli atau menyewa sebuah rumah kost.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih rumah kost. 

1. Mengatur biaya/budget

Biasanya sistem pembayaran sewa rumah di Indonesia ada 2 macam. Pertama sistem bulanan, kedua sistem tahunan. Maka tentukan terlebih dahulu sistem pembayaran biaya kost rumah Anda mau membayar secara bulanan atau tahunan sesuai kebutuhan. 

2. Memilih lokasi yang tepat

Pemilihan lokasi rumah kost merupakan salah satu hal yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Pilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh alat transportasi agar mobilitas bisa berjalan lancar. Di  wilayah Jakarta sendiri tak perlu khawatir, karena kosan jakarta saat ini tersedia cukup banyak dengan ragam pilihan model rumah, harga yang bervariatif serta lokasi yang  strategis dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

3. Periksa kondisi rumah

Sebelum memutuskan untuk memilih rumah kost, periksa terlebih dahulu kondisi rumah yang akan ditempati. Jangan sungkan untuk bertanya kepada si empunya rumah mengenai kondisi rumah yang sebenarnya,. Hal ini penting sekali agar nanti tidak kecewa bila menemukan kerusakan di sana-sini karena kurangnya kontrol terhadap isi rumah. 

4. Perhatikan surat perjanjian sewa rumah

Hal yang tak kalah pentingnya adalah memeriksa dengan teliti poin-poin yang tertera dalam surat perjanjian sewa rumah kost. Baca dan pahami isinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Pelajari dengan seksama hak-hak dan kewajiban apa saja yang diatur dalam perjanjian, baik bagi pemilik rumah ataupun kita sebagai pihak penyewa. 

5. Mempersiapkan kelengkapan rumah

Setelah ke 4 poin diatas terpenuhi, hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah perlengkapan atau perabot rumah tangga. Siapkan segala sesuatunya dengan perencanaan yang matang, tentukan barang-barang penting apa saja yang harus di sediakan terlebih dahulu, sisanya bisa menyusul belakangan supaya tidak terlalu repot saat proses pindah rumah. 

Oh ya, sebagai tambahan, bagi teman-teman yang mencari tempat kost jakarta timur, ada cukup banyak lokasi yang bisa dipilih. Seperti kita ketahui bahwa wilayah ini cukup pesat pertumbuhan ekonominya. Maka memilih tempat kost di wilayah ini adalah pilihan yang tepat.

Sebagai rekomendasi buat teman-teman yang mencari informasi tentang kost-kostsan di jakarta silakan untuk mengunjungi tautan berikut ini: https://www.kostjakarta.com/

Kiranya itu saja Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Rumah Kost yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat. 


Advertisement
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Rumah Kost

You Might Also Like: