Tips Mudah Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

By SaungMaman

Mulut yang menimbulkan aroma tak sedap tentu membuat rasa tidak nyaman. Selain membuat lawan bicara merasa terganggu karena bau yang keluar dari mulut kita saat berbicara, bau mulut yang dibiarkan juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Pada kesempatan ini SaungMaman akan memberikan Tips Mudah Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab timbulnya bau mulut. Salah satunya karena adanya salah satu atau beberapa gigi yang berlubang. Gigi berlubang bisa menjadi sarang tumbuhnya bakteri yang mengurai sisa-sisa makanan dalam gigi sehingga menimbulkan aroma tak sedap. 

Tips Mudah Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang
Tips Mudah Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang (Image: Pixabay.com)

Rutin Menjaga Kesehatan Mulut Agar tidak Berbau

Mengingat mulut adalah tempat yang rawan akan tumbuhnya bakteri, maka sudah selayaknya menjaga kesehatan mulut menjadi suatu keharusan. Didalam rongga mulut terdapat banyak bakteri yang bila tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan bau yang cukup mengganggu. Selain bakteri, satu hal yang juga bisa menjadi penyebab mulut berbau adalah adanya kerusakan dalam mulut. Gigi yang berlubang atau gusi yang rusak bisa mengeluarkan darah kotor yang apabila tidak dibersihkan akan menimbulkan bau yang tidak enak.

Mengenal Penyebab Bau Mulut

Beberapa poin dibawah ini adalah hal-hal yang bisa menjadi penyebab mau mulut. Yuk, kita cek satu-persatu:

1. Sinusitis

Sinusitis adalah sejenis peradangan pada sinus yang bisa menjadi penyebab bau mulut karena seringkali menimbulkan lendir berbau yang mengalir dari rongga sinus kedalam tenggorokan. Penyebabnya adalah virus flu yang menjadi pemicu infeksi. Selain itu bisa juga disebabkan oleh jamur serta kebiasaan merokok yang masiv. 

2. Xerostomia

Xerostomia adalah keadaan mulut kering yang diakibatkan oleh kurangnya cairan air liur dalam mulut. Mulut kering bisa memicu tumbuhnya bakteri. Air liur dalam mulut mampu membunuh bakteri, kurangnya air liur menyebabkan bakteri tumbuh pesat dalam mulut yang menjadi penyebab bau mulut. 

3. Gangguan Pada Saluran Pencernaan

Jangan abaikan bila pencernaan Anda terganggu karena hal tersebut bisa juga menjadi penyebab timbulnya gangguan pada area sekitar mulut. Umumnya gangguan pencernaan yang terjadi berupa sakit maag dan gangguan asam lambung. Asam lambung bisa mengganggu kinerja otot esofagus, hal ini menyebabkan asam keluar dari lambung dan naik ke area mulut dan menimbulkan bau. Sebaiknya menghindari makanan berlemak dan pedas agar terhindar dari penyakit asam lambung.

Cara Mencegah Bau Mulut

Cara yang baik untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan mencegahnya sebelum hal itu terjadi. Bau mulut bisa dihindari dengan rutin merawat kesehatan mulut. Adapun langkah-langkah pencegahan bau mulut adalah sebagai berikut:

1. Rutin Menggosok Gigi dengan Baik dan Benar

Menggosok gigi harus rutin dilakukan minimal 2x sehari. Sebaiknya menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride agar kotoran yang terselip di sela-sela gigi bisa dibersihkan dengan tuntas. Jangan lupa juga untuk menggosok bagian lidah. Gunakan pasta gigi berkualitas seperti Pepsodent agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

2. Mengganti Sikat Gigi secara Rutin

Mengganti sikat gigi sebaiknya dilakukan 2 bulan sekali. Ini dimaksudkan agar kondisi sikat gigi selalu dalam keadaan baik. Selain itu juga untuk memastikan bahwa bakteri yang tertinggal di sikat gigi yang lama tidak menular saat dipakai kembali. 

3. Rutin Memeriksa Kesehatan Gigi dan Mulut

Sangat disarankan untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut minimal 6 bulan sekali. Hubungi dokter untuk memeriksa kesehatan organ bagian dalam gigi dan mulut untuk mengetahui apakah apakah keadaannya masih baik atau perlu penanganan lebih lanjut. 

4. Mengkonsumsiakanan yang Sehat

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang sehat dapat mengurangi resiko kerusakan pada mulut dan gigi yang menjadi penyebab bau mulut. Untuk itu mengkonsumsi makanan sehat sangat baik untuk menjaga agar kondisi kesehatan mulut tetap terjaga. 

5. Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok adalah sebuah kebiasaan yang banyak berdampak buruk bagi kesehatan. Begitu juga kesehatan mulut. Jadi bila Anda menginginkan mulut yang sehat segera berhenti kebiasaan merokok. 

Demikian artikel mengenai Tips Mudah Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang yang bisa SaungMaman bagikan kali ini, semoga bermanfaat. 




Tips Mudah Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

You Might Also Like:

Protected by Copyscape