Mudahnya Bertransaksi Menggunakan Mesin EDC Gopay

Saung Maman - Mudahnya Bertransaksi Menggunakan Mesin EDC Gopay

Pesatnya perkembangan teknologi digital mendorong para pengusaha untuk makin kreatif dalam menciptakan terobosan-terobosan baru di segala bidang termasuk dalam sistem pembayaran. Hal ini bertujuan agar dalam ketatnya persaingan dunia usaha bisa senantiasa eksis dan tetap mampu bersaing dan tampil di barisan terdepan tanpa takut kehilangan pelanggan.

Sebagai pengusaha, tentunya sudah menjadi suatu keharusan untuk mengikuti perkembangan teknologi agar tidak tertinggal oleh mereka yang lebih melek teknologi. Pemanfaatan teknologi tepat guna dan tepat sasaran akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas bila mampu diaplikasikan dengan benar.

Gojek Indonesia sebagai sebuah perusahaan Startup ternama kebanggaan nasional sangat konsens tentang hal ini. Oleh karena itu dalam perjalanan bisnisnya yang hingga saat ini sudah sangat banyak dirasakan manfaatnya oleh para pelanggan terus melakukan berbagai inovasi demi meningkatkan pelayanan terhadap konsumen yang tersebar di seluruh pelosok tanah air.

Terus Melakukan Berbagai Inovasi
Gojek merasa sangat perlu untuk mengembangkan sebuah inovasi berbasis tekhnologi digitalisasi yang pada intinya adalah bertujuan untuk menciptakan berbagai kemudahan bagi semua pihak baik itu pelaku usaha maupun konsumen sebagai bagian terpenting dalam rangkaian distribusi sebuah produk atau jasa.

Sistem pembayaran berbasis POS

Salah satu inovasi terbaru yang kini sedang dikembangkan oleh Gojek adalah dengan diluncurkannya sebuah sistem pembayaran dengan menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) berbasis POS (Point of Sale) yaitu: Mesin EDC Gopay.

Mesin EDC Gopay
Mesin EDC Gopay yang diberi nama SPOTS ini adalah sebuah mesin canggih yang memiliki berbagai fitur yang bertujuan untuk membantu memudahkan operasional segala jenis usaha di bidang apapun.

Dalam menjalankan bisnis ternyata ada begitu banyak kendala yang dihadapi oleh para pelaku usaha. Hal ini menuntut adanya upaya secara terus menerus untuk melakukan berbagai hal demi perkembangan usaha yang mereka jalani. Beberapa kendala yang biasanya dialami oleh para pelaku UMKM atau Franchise diantaranya adalah:

1. Kesulitan mengelola pesanan baik itu online maupun offline.
2. Sulitnya akses pembayaran non tunai.
3. Kewalahan dalam merekap transaksi, dan lain-lain.

Kendala-kendala tersebut seringkali membuat para wirausahawan sulit untuk mengembangkan usahanya, terlebih bagi mereka yang memiliki sumber daya sangat terbatas. Nah, Mesin EDC Gopay ini diciptakan untuk menjadi solusi atas berbagai permasalahan tersebut. Diharapkan dengan adanya kemudahan dalam bertransaksi semua pelanggan yang saat ini sudah sangat familiar dengan bisnis E-Commerce akan merasa makin nyaman dan mudah dalam bertransaksi.
Baca juga: Ini Dia 4 Langkah Mudah Memulai Bisnis E-Commerce Buat Pemula

Spots EDC

Fitur-fitur apa saja yang ada di dalamnya?

Berbagai fitur keren dan inovatif sudah disematkan dalam Mesin EDC Gopay, diantaranya:
  • Bisa menerima berbagai metode pembayaran seperti, Gopay dan Kartu Debit.
  • Bisa bertransaksi dengan melakukan scan kode QR dan dana langsung masuk ke akun Gopay.
  • Mencatat ragam jenis tipe pembayaran
  • Perangkat sudah dilengkapi printer untuk mencetak resi pembayaran
  • Mampu membuat laporan harian yang bisa dilakukan menggunakan aplikasi atau dikirim lewat email.
Untuk info lebih lengkap mengenai fitur EDC ini bisa cek di https://spots.co.id/fitur

Beragam Fitur Dalam Satu Perangkat Kasir
Berikut adalah beberapa pertanyaan umum lainnya yang sering diajukan:

Berapa besarnya biaya transaksi?

Untuk transaksi menggunakan Gopay biayanya sebesar hingga 2% untuk setiap transaksi yang berhasil. Biaya sebesar ini terbilang cukup murah bila di bandingkan dengan mesin EDC lainnya. Mesin EDC ini adalah satu-satunya mesin pembayaran di Indonesia yang memiliki 3 fitur pembayaran yaitu: Gopay, Kartu Debit dan Kartu Kredit.

Spots adalah Mesin EDC dengan Kartu Debit, yang akan menjadi salah satu sistem pembayaran yang paling banyak digunakan oleh pelaku UMKM. Hingga saat ini sudah lebih dari 15.000 outlet di seluruh Indonesia menggunakan Mesin EDC Spots.

Mesin EDC Spots banyak digunakan UMKM

Biaya yang dikenakan saat transaksi dengan kartu debet relatif murah yaitu hanya 1,2% untuk setiap transaksi yang berhasil.

Berapa nilai minimum transaksi? 

Tidak ada nilai minimum.

Berapa biaya perangkat kasir Spots? 

Biaya perangkat kasir spots relatif terjangkau yaitu hanya Rp 4900/hari. Sedangkan biaya pendaftaran sebesar Rp 490.000.

Kartu debit apa saja yang bisa diproses?

Semua kartu debit yang dikeluarkan di Indonesia.

Berapa lama proses pencairan dana?

Untuk bank BCA maksimal 1 hari kerja. Sedangkan untuk bank lainnya memakan waktu maksimal 3 hari.

Cara Menggunakan Mesin EDC

Untuk menggunakan mesin EDC yaitu dengan cara digesek atau dengan cara menempel kartu pada mesin. Berikut langkah-langkahnya:

1. Setelah Anda mencatat daftar pesanan pada menu pembayaran, pilih menu lainnya, lalu pilih kartu debit.
2. Jika kartu memiliki chip masukan kartu ke slot yang berada di bagian bawah mesin (chip reader).
3. Jika kartu memiliki magnetik stripe, masukan kartu melalui slot yang ada di bagian kanan mesin.

Cara Menggunakan Mesin EDC
4. Akan muncul nilai transaksi dan nomor kartu, pilih konfirmasi.
5. Minta customer untuk memasukan pin, harap perhatikan bahwa angka pada tombol dalam posisi teracak.
6. Akan muncul halaman Pembayaran Berhasil dan struk akan tercetak secara otomatis.

Penulis sendiri telah mencoba menjajal performa mesin EDC Gopay ini di sebuah gerai makanan di kawasan Kuningan Jakarta Selatan. Dan kesan pertama yang saya dapat adalah cukup mudah, simpel dan gak ribet.


Keamanan Bertransaksi

Saat ini teknologi sudah semakin modern. Pada sebagian besar kartu juga sudah menggunakan chip sehingga kartu Anda tidak lagi digesek melainkan dimasukkan dalam slot mesin EDC supaya lebih aman dari praktik pencurian data atau skimming. Berbagai kemudahan yang ditawarkan, mampu memberi jawaban atas permasalahan sistem pembayaran yang selama ini terkesan ribet, susah dan berbiaya mahal.

Oh ya, buat teman-teman pembaca Saung Maman, jangan lupa untuk mendapatkan update terbaru mengenai Mesin EDC Gopay ini, dengan memfollow akun Instagram Spots disini

Demikian ulasan singkat mengenai Mudahnya Bertransaksi Menggunakan Mesin EDC Gopay kali ini, semoga bermanfaat.


Advertisement
Mudahnya Bertransaksi Menggunakan Mesin EDC Gopay

You Might Also Like: