Waspadai Terjadinya Penebalan Dinding Rahim

Saung Maman - Waspadai Terjadinya Penebalan Dinding Rahim

Penebalan dinding rahim atau yang disebut dengan hiperplasia endometrium merupakan suatu kondisi yang banyak ditakutkan oleh para wanita. Bagaimana tidak, kondisi ini bahkan bisa membuat Anda tidak bisa hamil dan memiliki keturunan. Banyak pengalaman penderita penebalan dinding rahim yang menceritakan kisah perjalanan hidupnya yang berjuang melawan kelainan pada dinding rahim ini.

Waspadai Terjadinya Penebalan Dinding Rahim
Waspadai Terjadinya Penebalan Dinding Rahim | Image: Pixabay

Memiliki keturunan adalah suatu hal yang sangat dinantikan oleh para kaum wanita. Akan menjadi hal yang tidak lumrah dan membuat kaum wanita merasa tidak sempurna ketika harus merelakan diri bahwa tidak bisa memberikan keturunan akibat dari kondisi penebalan dinding rahim ini. walaupun tidak semua wanita yang mengalami penebalan dinding rahim in tidak bisa hamil, namun kemungkinan terburuknya adalah hal tersebut.

Faktor Risiko Penebalan Dinding Rahim
Dari berbagai cerita yang di dapat dari penderita hiperplasia endometrium, rata-rata mereka tidak mengetahui bahwa sedang mengalami gejala penebalan dinding rahim. Seperti misalnya adanya siklus menstruasi yang tidak normal, banyak dari mereka yang mengartikan karena kelelahan, stress, dan lain sebagainya. Sedikit dari penderita yang langsung memeriksakan diri ke dokter. Berapa faktor risiko berdasarkan pengalaman penderita adalah:
  • Penderita penebalan dinding rahim biasanya adalah wanita dengan usia di atas 35 tahun. Pada usia ini kadar hormon dalam tubuh sudah mulai agak berkurang keseimbangannya, sehingga bisa mengakibatkan dinding rahim menebal lebih dari normal.  
  • Memiliki riwayat penyakit keluarga seperti kanker rahim, kanker ovarium, atau kanker usus besar. Penyakit kanker biasanya akan menjadi penyakit turunan dengan jenis yang sama. 
  • Mengalami obesitas atau kegemukan. Berat badan yang tidak ideal membuat kadar hormon dalam tubuh juga menjadi tidak seimbang. Obesitas akan meningkatkan produksi hormon estrogen yang dapat menyebabkan penebalan dinding rahim.
  • Memiliki riwayat penyakit gula atau diabetes, penyakit kandung empedu, tiroid, dan sindrom ovarium polikistik (PCOS). Penyakit ini bisa mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh yang bisa berakibat pada dinding rahim. 
Dari berbagai pengalaman para penderita hiperplasia endometrium juga memberikan saran untuk selalu menggunakan merk pembalut terbaik ketika Anda menstruasi. Tujuannya adalah agar tingkat higienis area kewanitaan Anda terjamin dari kuman dan bakteri yang bisa berpengaruh pada dinding rahim. Anda bisa menggunakan Laurier yang memiliki produk pembalut terbaik yang terjamin aman dan bebas bahan berbahaya. 

Advertisement
Waspadai Terjadinya Penebalan Dinding Rahim

You Might Also Like:

Buka Komentar