Cara Menggunakan QR Code di Aplikasi Mitra PeduliLindungi

By SaungMaman

QR Code PeduliLindungi kini sudah terintegrasi dengan banyak aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi JAKI atau Jakarta Kini milik Pemprov DKI. Pemerintah menjamin keamanan data pengguna yang ada di dalam aplikasi mitra. 

Integrasi QR Code PeduliLindungi yang dilakukan pemerintah dengan aplikasi mitra bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses beragam manfaat yang ada dalam aplikasi PeduliLindungi. 

Adanya integrasi aplikasi PeduliLindungi dengan berbagai aplikasi diyakini akan mempermudah proses pelacakan penularan Covid-19 dan memantau penerapan protokol kesehatan. 

Selain aplikasi JAKI, beberapa aplikasi mitra yang sudah terintegrasi dengan PeduliLindungi diantaranya: Tokopedia, Grab, Gojek, Traveloka, Tiket.com, Dana, Cinema XXI, living Mandiri, LinkAja, Goers, Bank Mandiri,, BNI, Shopee, Loket.com, Mcash, dan lain-lain. 

Kolaborasi yang dilakukan antara PeduliLindungi dengan berbagai mitra menjadi bukti bahwa kita mampu bekerja sama dalam melakukan upaya terbaik untuk memerangi Covid-19. 

Cara Menggunakan QR Code di Aplikasi Mitra PeduliLindungi


Pada kesempatan ini admin ingin berbagi pengalaman tentang cara menggunakan QR Code di aplikasi JAKI sebagai salah satu mitra PeduliLindungi. 
Berikut ini adalah cara menggunakan QR Code PeduliLindungi di aplikasi mitra, dalam hal ini saya menggunakan aplikasi JAKI. 

1. Langkah pertama kali yang harus dilakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi JAKI di PlayStore.

2. Setelah terinstal, silahkan login bagi yang sudah punya akun, atau mendaftar untuk pengguna baru yang belum memiliki akun di aplikasi JAKI. 

3. Dihalaman awal, silahkan tap menu "pindai" untuk masuk atau keluar lokasi. Bila kamu belum memasukkan data vaksinasi di akun PeduliLindungi, maka secara otomatis aplikasi meminta kamu untuk melengkapi data terlebih dahulu. 

Cara Menggunakan QR Code di Aplikasi Mitra PeduliLindungi

4. Arahkan kamera handphone ke arah barcode yang tersedia di lokasi yang ingin kamu kunjungi. Tekan tombol masuk untuk memasuki area lokasi. 

5. Setelah scan QR Code berhasil dilakukan, maka kamu bisa masuk ke lokasi dengan aman. 

6. Bila hendak keluar dari lokasi, maka tekan tombol keluar, sebelum menutup aplikasinya. 

QR Code PeduliLindungi

Bila kamu sudah melakukan vaksinasi, baik dosis 1 atau dosis 2, maka aplikasi mitra yang terhubung ke aplikasi PeduliLindungi akan menunjukkan informasi bahwa kamu sudah divaksin. Namun sebaliknya, bila kamu belum melakukan vaksinasi maka aplikasi akan menginformasikan bahwa kamu belum divaksin dan tidak diperkenankan memasuki lokasi yang dituju. 

Demikian informasi yang bisa saya bagikan mengenai Cara Menggunakan QR Code di Aplikasi Mitra PeduliLindungi kali ini, semoga bermanfaat. 

Cara Menggunakan QR Code di Aplikasi Mitra PeduliLindungi

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru