Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Rutin Minum Susu Tinggi Kalsium

By SaungMaman

Semakin tinggi usia seseorang, semakin rentan akan terjadinya gangguan kesehatan. Saat usia memasuki angka 40, daya tahan tubuh seseorang kian menurun. Untuk mengurangi resiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan yang diakibatkan menurunnya ketahanan tubuh, salah satu cara yang efektif untuk mengatasinya adalah dengan rutin mengkonsumsi susu tinggi kalsium. Seperti kita ketahui, susu merupakan sumber terbesar penghasil kalsium dan vitamin D.

Susu Tinggi Kalsium
Susu Tinggi Kalsium
Manfaat terbesar kalsium sendiri yaitu dapat meningkatkan kesehatan tulang, sedangkan vitamin D membantu penyerapan kalsium ke dalam tubuh. Tulang yang kekurangan asupan vitamin D beresiko mudah patah. Bahkan yang lebih membahayakan, proses pembentukan tulang baru dapat terhenti akibat kurangnya vitamin D. Untuk itu sangat penting bagi para lansia untuk mengkonsumsi susu tinggi kalsium yang mengandung serat tinggi sebagai pelengkap nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh di usia yang tidak lagi muda.

Pentingnya Susu Tinggi Kalsium bagi Lansia

Karena berkurangnya aktivitas fisik pada lansia, otomatis terjadi pula penurunan kebutuhan energi yang disebabkan oleh berkurangnya proses metabolisme tubuh. Hal ini berdampak pula pada kurangnya penyerapan vitamin D sehingga mengurangi efektivitasnya. Pada sebagian lansia, butuh penanganan khusus untuk mengatasi kurangnya penyerapan nutrisi. Mengingat pentingnya manfaat susu kalsium, para lansia dianjurkan untuk mengetahui rekomendasi susu tinggi kalsium untuk menjaga daya tahan tubuhnya. 

Yang harus diperhatikan dalam pemenuhan kecukupan gizi guna menjaga daya tahan tubuh lansia adalah, pastikan bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsi harus terasa nikmat dan mudah saat dimakan. Jauh lebih baik lagi bila konsumsi suplemen dan susu tinggi kalsium turut disertakan dalam menu makan yang dikonsumsi setiap hari.

Meminimalisir terjadinya Osteoporosis

Banyak yang beranggapan bahwa osteoporosis adalah bagian dari proses penuaan. Yang sebenarnya terjadi adalah, saat waktu terus berjalan, kondisi tulang memang menjadi kian rapuh. Artinya resiko terjadinya osteoporosis akan makin besar manakala usia kian bertaambah.

Itulah sebabnya pada lansia memiliki resiko yang jauh lebih besar mengalamai gangguan kesehatan tulang dibandingkan dengan anak muda. Oleh karena itu mengkonsumsi susu tinggi kalsium dan pemenuhan vitamin D yang cukup sangat dianjurkan. Asupan kalsium yang tepat dapat memadatkan tulang dan mencegah tulang mudah rapuh.

Kalsium juga Baik untuk Kesehatan Jantung 

Manfaat lain dari kalsium dan vitamin D adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu tinggi kalsium juga mengandung kalium yang memiliki peranan yang cukup penting dalam menjaga tekanan darah. Perlu diketahui bahwa makanan dan minuman yang mengandung kalium dapat mengurangi efek negatif natrium dalam tubuh. Sederhananya adalah semakin banyak asupan kalium, maka akan makin banyak natrium yang dikeluarkan dari dalam tubuh melalui urine.
Kondisi ini sangat baik dalam menurunkan tekan darah dan mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung pada lansia. Namun perlu diperhatikan juga dalam hal takaran kalium, karena bila dosisnya tidak tepat akan berpengaruh terhadap kondisi pasien dengan terjadinya gangguan ginjal.

Menghindarai Radang Sendi

Mengkonsumsi kalsium, vitamin D dan protein yang cukup mampu membantu lansia terbebas dari resiko terjadinya peradangan sendi atau osteoarthritis.

Melindungi Otot

Protein bagi lansia merupan zat yang sangat vital yang berguna untuk memelihara kekuatan dan massa otot. Hal ini juga berpengaruh terhadap kelancaran metabolisme tubuh dan kondisi berat badan.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Para peneliti yang berfokus terhadap manfaat susu tinggi kalsium menyimpulkan bahwa susu mengandung antioksidan tinggi dan mampu meredam kerusakan otak atau biasa di sebut penyakit Alzheimer.

Mengurangi Depresi

Rutin minum susu juga mampu mengurangi depresi pada kaum lansia. Vitamin D memiliki kemampuan meningkatkan kandungan serotonin yang mengatur kondisi suasana hati.

Menjaga Kecukupan Cairan Tubuh

Susu tinggi kalsium merupakan minuman yang tepat untuk memulihkan kondisi tubuh setelah lelah beraktivitas. Kandungan air dan elektrolitnya dianggap mampu mencukupi kebutuhan akan cairan tubuh bahkan nutrisi-nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Yang juga tak kalah pentingnya adalah susu tinggi kalsium untuk lansia mampu menjadi minuman pembangkit kekuatan setelah mengalami perawatan. Kandungan nutrisi dalam susu memiliki peranan yang cukup penting dalam memulihkan kondisi tubuh yang lemah.

Demikian info kesehatan yang bisa SaungMaman bagikan kali ini, semoga bermanfaat.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Rutin Minum Susu Tinggi Kalsium

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru